Resep Tahu Gejrot Khas Cirebon Enak Dan Pedas

Resep tahu gejrot - Jajanan tradisional dari Cirebon ini sangat khas nikmat dan menggugah selera. Jajanan ini bernama tahu gejrot, makanan ini berbahan dasar tahu yang diberi bumbu kuah sangat yang segar dengan ulekan cabai rawit dan bawang yang dapat menggoyang lidah Anda. Nama jajanan tahu ini cukup unuk dan bahkan sebagian besar orang tidak mengetahui alasan dari pemberian nama tahu gejrot. Resep tahu gejrot sungguh sederhana, sehingga bagi Anda yang kesusahan menemukan pedagang tahu gejrot ini Anda dapat membuatnya sendiri di dapur.

Menurut beberapa sumber, tahu gejrot sudah ada sebelum Indonesia merdeka, tetapi ketepatan tahun dan tanggal dicetuskannya resep tahu gejrot khas dari Cirebon ini belum bisa dipastikan secara jelas. Berdasarkan penuturan seorang pedagang tahu gejrot asal Cirebon yang lahir pada tahun 1941 dan sudah berjualan tahu gejrot di kota kembang, Bandung sejak tahun 1995 karena sebelum itu ia berdagang tahu gejrot di kota asalnya sejak masih belia.

Resep Tahu Gejrot

Bagi Anda yang penasaran dengan resep tahu gejrot dan cara membuat tahu genjrot, berikut adalah ulasan yang dapat membantu untuk memenuhi rasa penasaran Anda terhadapt tahu gejrot. Makanan tradisiona ini bercitarasa pedas, asam, manis sehingga membuat banyak orang menggemari dan bahkan sampai ketagihan.

Lihat juga resep:
Resep Tom Yam Seafood Enak Asi Thailand
Aneka Resep Sushi Sederhana Enak Dan Lengkap
Aneka Resep Tempe Mendoan Asli Enak
Aneka Resep Sup Jagung Spesial Enak Dan Mudah

Resep Tahu Gejrot


Bahan-bahan resep tahun gejrot:
  • 15 buah tahu Sumedang atau tahu pong
  • 50 ml kecap manis
  • 25 gram gula merah
  • 250 ml air
  • 4 sendok makan air asam
  • 1 sendok teh garam

Bahan yang Dihaluskan:
  • 3 siung bawang putih ditumbuk halus
  • 5 buah cabai rawit hijau ditumbuk halus
  • 4 buah cabai keriting hijau ditumbuk kasar
  • 4 butir bawang merah ditumbuk kasar

Cara membuat tahu gejrot:
  • Rendam tahu selama 15 menit dalam air yang dibubuhi 1 sendok teh
  • Goreng tahu lalu
  • Campur kecap manis, air, gula merah dan air asam dan aduk hingga merata.
  • Masak campuran bumbu di atas dengan api kecil hingga mendidih lalu angkat.
  • Letakkan tahu yang sudah dipotong - potong di atas piring atau mangkuk kecil.
  • Tambahkan bumbu yang ditumbuk dan tuang campuran bumbu tadi.

Di dalam jajanan sederhana ini terdapat berbagai macam nutrisi yang baik bagi tubuh. Kandungan-kandungan nutrisi tersebut diataranya adalah protein, kalsium, vitamin C, vitamin B1, kalsium, kalori, zat besi, hidrat arang, air, lemak dan fosfor. Tahu gejrot sendiri memiliki sejumlah manfaat seperti dapat mencegah penyakit jantung karena protein kedelai dapat membantu menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh sehingga dengan mengkonsumsi tahu gejrot Anda dapat mengurangi resiko sakit jantung.

Manfaat kedua, jajanan murah meriah ini juga dapat meningkatkan energy orang yang menyantapnya sebab tahu adalah sumber makanan yang kaya akan zat besi yang berperan penting dalam transportasi dan pelepasan oksigen ke seluruh tubuh sehingga dapat memacu produksi energi.

Makanan khas Cirebon ini juga memiliki manfaat khusus bagi para wanita yaitu dapat menjaga keseimbangan hormon esterogen pada wanita yang mengalami menopause jadi dapat juga mengurangi intensitas gejala panas di perut pada wanita yang sudah memasuki menopause. Karena jajan ini berbahan dasar tahu, maka kandungan kalsium didalamnya dapat memcegah osteoporosis, serta adanya isoplavon dalam kedelai dapat memperpadat tulang.

Selain itu, konsumsi makanan berbahan dasar tahu ini dapat meringankan para penderita diabetes dengan gangguan ginjal karena dapat menurunkan tingkat serapan pada protein dalam tubuh hingga mencapai angka 10%. Terlebih lagi, jajanan tradisional ini dapat membantu Anda dalam menurunkan berat badan karena tingginya kandunga protein cenderung membuat Anda tidak lekas merasa lapar.

Jajanan ini juga sangat rendah kalorinya yaitu sekitar 80-100 gram saja. Tetap bisa menikmati makanan yang nikmat dan menggugah selera tanpa merasa berdosa karena banyak mengandung lemak tentunya tidak akan Anda alami dengan mengkonsumsi tahu gejrot ini.

Demikian ulasan dalam artikel tentang resep tahu gejrot dan cara membuat tahu gejrot ini, semoga dapat memberi inspirasi dan menambah pengetahuan Anda dalam hal kuliner tradisional di Indonesia yang berasal dari Cirebon, Jawa Barat. Selamat mencoba resep tahun gejrot ini dan semoga berhasil.

Resep lainnya:
Resep Soto Bandung Paling Enak Dan Mudah
Resep Soto Lamongan Ayam Asli Enak Dan Sedap
Resep Sate Padang Asli Enak Dan Lezat
Resep Sapi Lada Hitam Enak Dan Menggugah Selera