Manfaat Daun Singkong Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Singkong merupakan jenis ketela pohon yang biasa diambil umbinya untuk di makan. Umbi singkong bisa di olah menjadi berbagai jenis makanan, baik di goring, di rebus maupun di parut dan dijadikan bahan pembuatan kue. Selain umbinya, pada bagian daunnya juga bisa dimanfaatkan menjadi sayur dan tumis. Daun singkong mengandung beberapa vitamin yang baik untuk tubuh dan dipercaya dapat mengatasi berbagai macam penyakit.


Menambahkan daun singkong menjadi makanan sehari-hari bisa mengambil manfaat yang terkandung di dalamnya. Selain kandungan manfaatnya yang cukup banyak, daun singkong juga memiliki rasa yang lezat dan bisa di oleh menjadi beberapa jenis sayuran, seperti urab, tumis dan sayur daun singkong. Untuk lebih jelasnya mengenai manfaat daun singkong, berikut penjelasan yang dapat Anda simak.

1. Anti Oksidan


Radikal bebas yang menyerang tubuh sangat membahayakan karena bisa mennyebabkan kanker. Selain dapat berakibat menyebabkan kanker, radikal bebas juga bisa mempercepat penuaan dini. Radikal bebas dapat diatasi dengan makanan yang mengandung anti oksidan, dan anti okseidan tersebut dapat Anda temui pada daun singkong, maka dari itu jika ingin terhindar dari radikal bebas, silahkan mengkonsumsi daun singkong.

2. Mengatasi Anemia

Kekurangan sel darah merah membuat kita lemas karena darah yang terdapat dalam tubuh tidak bekerja secara optimal. Untuk menyembuhkan Anemia Anda harus rutin mengkonsumsi makanan penambah darah seperti daun daunan hijau. Daun singkong menjadi salah satu daun yang bisa bermanfaat untuk menambah darah dan dalam jangka waktu panjang dapatmengatasi Anemia.

3. Obat Diare
Pencernaan yang lancar dapat membuat tubuh menjadi sehat. Pencernaan yang lancer bukan berarti terus menerus melakukan Buang Air Besar secara tidak wajar, seperti yang kita kenal dengan penyakit diare. Karena diare merupakan jenis penyakit yang harus di obati. Obat diare bisa dengan mengkonsumsi daun singkong.

4. Sumber Energi
Asupan makanan yang sehat dan segar mampu menjadi asupan energi yang baik untuk tubuh. Sumber energy bisa di dapat dari berbagai macam makanan dan minuman. Kandungan asam amino essensial dan protein dalam daun singkong mampu diandalkan sebagai sumber energy tubuh. Maka dari itu, jika Anda merasa kekurangan energy bisa dengan makan daun singkong pagi dan sore hari.

5. Pembentukan Sel Tubuh
Dalam tubuh manusia tersusun atas sel-sel yang sangat banyak dan bervariasi. Sel sel tubuh tersebut membentuk tubuh yang kita lihat secara nyata. Kerusakan dan matinya sel-sel tubuh akibat termakan usia akan menyebabkan berbagai macam penyakit yang tentu kita inginkan. Daun singkong dipercaya mampu membentuk sel tubuh dan regenerasi sel dalam tubuh.

6. Mengandung Beragam Gizi
Kebaikan yang terkandung dalam daun singkong tak lepas dari kandungan gizi yang ada di dalamnya. Berbagai macam gizi tersebut diantaranya Vitamin A, karbohidrat, vitamin B1, asam amino essensial dan protein. Daun seperti kita ketahui beraneka ragam gizi tersebut cukup baik untuk kesehatan tubuh dan dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit dalam tubuh.

Itulah beberapa kebaikan yang terkandung di dalam daun singkong yang bisa kita dapatkan manfaatnya apabila kita konsumsi. Maka tak perlu ragu lagi jika ingin menambahkan daun singkong yang sudah di olah, baik jadi sayur, tumis maupun urap ke dalam menu makanan Anda setiap hari.