Resep Donat Kentang Empuk Dan Lezat

Resep donat kentang - Doughnut atau dengan lidah Indonesia, kita menyebutnya donat merupakan kue yang banyak digemari anak-anak hingga orang tua. Asal mula nama doughnut berasal dari dough yang berarti adonan tepung yang kemudian digoreng dan dibubuhi taburan sejenis kacang walnut diatasnya. Hal tersebutlah yang melatarbelakangi penamaan kue bundar dengan lubang di tengahnya ini.

Hingga hari ini banyak terdapat berbagai resep untuk membuat donat, namun kali ini fokus pembahasannya adalah resep donat kentang yang istimewa. Donat ini menjadi istimewa karena menggunakan tambahan bahan yaitu kentang. Ya! Kentang yang biasanya diolah menjadi makanan ringan seperti french fries kini menjadi salah satu elemen penting dalam kue yang nikmat bila disantap dengan secangkir teh hangat di sore hari.

Resep Donat Kentang

Donat yang begitu popular di negara-negara barat juga memiliki penggemar setianya sendiri di Indonesia kita tercinta ini. Fakta ini didukung dengan eksistensi beberapa toko waralaba terkenal yang menjamur di mall-mall di negeri ini, sebut saja JCo, Dunkin’ Donuts, Q-Big dan sejumlah toko lain. Penggemar donat memiliki beberapa alternatif rasa dan harga dari toko-toko penjual donat tersebut.

Dari kelas menengah hingga kelas bawah banyak yang menyukai donat, tentu donat yang dijual dengan kualitas dan harga yang berbeda. Jika pada donat kalangan menengah per buah berbandrol belasan ribu, maka donat kelas bawah hanya seharga seribu hingga tiga ribu saja.

Lihat juga resep:
Resep Kue Lumpur Kentang Lembut Dan Wangi
3 Resep Kue Cubit Enak Sederhana Dan Mudah
Resep Kue Nastar Enak Dan Lembut
Resep Putu Ayu Kukus Spesial Enak Dan Lembut

Tidak kalah dengan toko-toko ternama dan pengrajin donat rumahan yang getol memproduksi donat, masyarakat yang suka dengan kue satu ini juga banyak yang sengaja meluangkan waktunya untuk membuat donatnya sendiri. Cara membuat donat tidaklah sulit, namun hanya memerlukan ketelatenan dari si pembuat. Mengingat banyak sekali jenis donat dan bahan saat ini fokusnya ada pada donat berbahan dasar kentang.

Seperti di lansir dari berbagai sumber terpercaya, berikut resep donat kentang dan cara membuat donat kentang yang mudah untuk Anda coba sendiri dirumah.

Resep Donat Kentang


Bahan yang diperlukan:
  • 500 gram tepung terigu dengan kandungan protein tingg
  • 50 gram susu bubuk
  • 11 gram ragi instant atau satu bungkus
  • 200 gram kentang yang telah dikukus dan dihaluskan serta dinginkan
  • 100 gram gula pasir
  • 4 butir kuning telur ayam
  • 100 ml air dingin
  • 75 gram mentega
  • Dan 1/2 sendok teh garam

Cara membuat donat kentang:
  • Setelah bahan-bahan di atas tersedia, maka proses pengadonan donat dapat segera dimulai. Tahap pertama yaitu mencampurkan tepung terigu,gula pasir,susu bubuk,ragi instant dan aduklah hingga rata di dalam wadah yang bersih.
  • Lalu, masukkan kentang yang telah dihaluskan tadi bersama dengan kuning telur dan juga air dinginnya, kemudian aduk-aduk sampai bercampur.
  • Selanjutnya tambahkan mentega dan garam, lalu aduk-aduk menggunakan tangan hingga adonan menjadi elastis dan istirahatkan adonan selama 15 menit. Setelah diistirahatkan, bagi adonan donat ini menjadi masing-masing 50 gram dan bulatkan.
  • Diamkan adonan donat setelah dibulatkan selama 20 menit hingga mengembang sambil membulatkan adonan yang lain.
  • Tahap berikutnya adalah melubangi adonan-adonan donat ini dibagian tengahnya, menjadi bentuk donat, setelah itu segera goreng donat hingga kuning keemasan.
  • Tahap paling akhir yaitu angkat dan tiriskan donat yang sudah matang dan beri gula halus atau beri hiasan di permukaan donat dengan coklat berwarna-warni dan permen-permen kecil.
  • Donat siap memanjakan lidah para penggemarnya. Done! selesai sudah resep donat kentang ini.

Itulah resep donat kentang dan cara membuat donat kentang yang bisa Anda coba dirumah. Kue yang berbahan dasar kentang dan bertekstur lembut empuk berbentuk cincin ini memiliki rasa yang jauh lebih baik dan enak dibandingkan donat biasa yang berbahan dasar tepung saja.

Untuk mendapatkan tekstur doughnut yang lebih halus lagi, dalam proses pengolahan donat kentang ini diharuskan menggunakan bantuan blender atau bagi yang tidak menggunakannya bias juga dengan menumbuk kentang tersebut untuk mendapatkan kehalusan yang lebih optimal. Hal ini dapat membuat kentang yang telah direbus menjadi lebih lembut karena diproses dengan benar sehingga hasil akhir donat pun menjadi lebih halus dan lembut di lidah penikmatnya.

Demikian resep donat kentang yang dapat menjadi sumber inspirasi Anda dalam mengolah donat, khususnya donat yang berbahan dasar kentang. Selamat mencoba dan menghargai hasil karya Anda sendiri di dapur.

Resep lainnya:
Resep Lapis Legit Spesial Lembut Dan Enak
Resep Kue Putri Salju Keju Dan Pandan Spesial Enak
Aneka Resep Kue Coklat Enak Dan Empuk
Resep Lidah Kucing Renyah Dan Enak