Resep Bolu Pisang Panggang Lembut Dan Enak

Resep bolu pisang - Pisang merupakan buah yang nikmat untuk langsung dimakan ataupun diolah menjadi makanan dalam bentuk yang berbeda seperti pisang goreng, pisang bakar dan kolak pisang, bahkan pisang sendiri dapat digunakan untuk bahan dasar dari kue bolu.

Seiring perkembangan kreatifitas para pecinta kue, maka muncul resep bolu pisang. Cita rasa kue bolu pisang ini tidak perlu diragukan lagi dan teksturnya yang lembut tentunya akan membuat Anda ketagihan menyantap kue yang kaya serat ini. Pisang merupakan buah yang kaya akan manfaat karena mengandung sejumlah vitamin dan mineral, yaitu vitamin B kompleks, vitamin C, kalium, kalsium, magnesium, fosfor dan zat besi.

Dengan adanya komposisi buah pisang dalam resep bolu ini maka kandungan dan manfaat pisang juga terdapat dalam kue yang satu ini. Pisang memiliki kemampuan menekan produksi asam lambung yang berlebih sehingga pisang dapat menjadi pencegah atau solusi ketika maag menyerang. Pisang yang kaya akan karbohidrat menjadi sumber energi yang baik bagi tubuh.

Resep Bolu Pisang

Bagi Anda yang mengalami susah buang air besar, pisang akan membantu melancarkan proses metabolisme Anda dan membuat Anda lancar dalam buang air besar. Pisang yang mengandung potasium juga akan sangat baik bagi kelancara aliran oksigen ke otak. Selain itu, pisang yang kaya akan kalium berfungsi mengatur keseimbangan cairan dan elektrolit sehingga membuat tekanan darah akan stabil yang membuat Anda terhindar dari tekanan darah tinggi.

Vitamin A, B6 dan C dalam pisang juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh dalam melawan penyakit. Terlebih lagi, buah pisang yang mengandung zat besi akan sangat baik bila dikonsumsi oleh penderita anemia atau kurang darah karena akan membantu proses pembentukan sel darah merah dalam tubuhnya sehingga anemia dapat teratasi.

Lihat juga resep:
Resep Kastengel Spesial Renyah Dan Harum
Resep Muffin Kismis Enak Dan Sederhana
Resep Bolu Pandan Kukus Dang Panggang Enak
Resep Bolu Panggang Lembut Sederhana

Resep bolu pisang memang merupakan resep kue yang sehat karena kandungan vitamin dan mineral yang baik bagi kesehatan tubuh orang yang menyantapnya. Kue lembut yang satu ini mudah sekali untuk dibuat. Bahan tambahan pisang dipilih karena dapat membuat aroma dari kue bolu ini semakin harum dan menggoda selera.

Selain alasan aroma, adanya bahan pisang dalam resep bolu ini juga menambah kelembutan dari kue nikmat ini sendiri. Kue yang nikmat dan lembut serta kaya akan serat ini dapat menjadi salah satu camilan yang sehat. Berikut resep bolu pisang dan cara membuat bolu pisang.

Resep Bolu Pisang


Bahan-bahan yang diperlukan:
  • 500 gram pisang ambon atau pisang raja
  • 200 gram tepung terigu
  • 10 butir telur yang diambil semua kuning telurnya dan 8 buah bagian putih telurnya
  • 50 gram margarin
  • 200 gram gula.
  • 50 gram keju yang diparut
  • 6 sendok makan susu kental manis
  • ½ sendok teh baking powder atau bubuk pengembang
  • Coklat secukupnya

Cara membuat bolu pisang:
  • Kupas pisang dan haluskan dalam sebuah wadah lalu campurkan dengan susu kental manis dan aduk hingga
  • Gunakan wadah lain dan masukkan telur, gula dan baking powder lalu aduk hingga halus dan mengembang dan warnanya berubah menjadi putih.
  • Campurkan kedua adonan tadi pada satu wadah dan aduk kembali hingga rata dengan sempurna.
  • Tambahkan margarin yang sudah dilelehkan pada adonan tadi dan sedikit demi sedikit masukkan semua tepung terigu hingga habis sambil diaduk.
  • Lapisi loyang dengan margarin dan sedikit tepung terigu agar adonan tidak lengket di loyang kemudian masukkan adonan tadi kedalam l
  • Beri coklat pada bagian atas adonan untuk topingnya lalu panggang adonan kedalam oven dengan suhu sekitar 180° Celcius selama kurang lebih 45 menit.
  • Angkat kue bolu pisang dari oven dan dinginkan lalu potong kue sesuai selera.

Demikian ulasan mengenai resep bolu pisang dan cara membuat bolu pisang yang nikmat beraroma khas dan tekstur yang sangat lembut. Bagi Anda yang gemar membuat kue, resep ini dapat menjadi salah satu resep yang dapat Anda coba.

Semoga artikel resep bolu pisang ini dapat menambah pengetahuan Anda mengenai resep kue bolu dan kiranya dapat menginspirasi Anda dalam menyajikan camilan sehat sekaligus mengenyangkan. Selamat mempraktekkan resep bolu pisang ini dan semoga berhasil.

Resep lainnya:
Resep Bolu Kukus Mekar Enak Dan Lembut
Resep Tiramisu Panggang Sederhana Enak Dan Lembut
Resep Cookies Dan Cara Membuat Cookies Yang Renyah
Resep Klepon Tepung Kentan Enak Dan Empuk