Resep Dadar Gulung Isi Kelapa Gula Merah Enak

Resep dadar gulung - Kue dadar gulung tergolong kue basah yang sangat digemari di masyarakat. Resep dadar gulung sendiri juga sudah tersebar di Nusantara dan bahkan resep ini dijadikan peluang untuk bisnis. Dadar gulung banyak dijajakan melalui pedagang kue keliling, pedagang di pasar dan di toko-toko kue.

Kue yang satu ini merupakan jajaran tradisional yang terkenal dengan aroma wangi pandan dengan parutan isi kelapa yang dimasak dengan campuran gula merah. Kue dadar gulung lazimnya disajikan di beberapa acara seperti arisan, pertemuan keluarga, dan aqiqah. Seiring berjalannya waktu, resep dadar gulung mengalami perkembangan menjadi berbagai variasi macam rasa.

Resep Dadar Gulung

Menurut kabar yang beredar, kue dadar gulung merupakan kue khas yang diolah menggunakan gula jawa cair. Kue manis ini masih satu kelompok dengan Pancake. Namun, perbedaan mencolok pada kue dadar gulung ini ialah cara membuatnya digulung dan diberi isi parutan kelapa yang telah dicampur dengan gula cair.

Untuk kulit dadar gulung sendiri, sering dibubuhkan pewarna makanan hijau, meskipun begitu sebenarnya tidak ada kewajiban untuk memberikan warna hijau pada kulit dadar gulung. Jika Anda menghendaki warna lain, maka tidak perlu ragu untuk membubuhkan warna tersebut.

Lihat juga resep:
Resep Kastengel Spesial Renyah Dan Harum
Resep Martabak Manis Bangka Mini Spesial Enak
Resep Bika Ambon Medan Asli Enak Dan Empuk
Resep Brownies Kukus Amanda Original Bandung

Resep dadar gulung yang memiliki komposisi parutan kelapa nampaknya memiliki sejumlah manfaat bagi tubuh. Buah kelapa sendiri mengandung manfaat yang dapat membuat Anda awet muda. Hal ini mungkin terjadi karena minyak yang terkandung dalam kelapa sendiri mempunyai antioksidan yang membantu memperlambat proses penuaan dan melindungi tubuh kita dari radikal bebas yang tersebar di udara.

Sehingga, dengan mengonsumsi buah kelapa melalui dadar gulung Anda mendapat kudapan yang nikmat sekaligus membuat Anda tampak awet muda. Kemudian, buah kelapa jugaa berkhasiat untuk membantu menyehatkan sistem pencernaan karena buah kelapa mengandung serat yang cukup tinggi. Hal ini sangat baik untuk menjaga sistem pencernaan dan menjadikan organ pencernaan menjadi lebih sehat.

Selain itu, dengan konsumsi yang teratur buah kelapa dapat meningkatkan sistem imun pada tubuh karena buah kelapa mempunyai sifat anti jamur, anti bakteri, dan anti virus serta dapat membantu agar gigi menjadi lebih kuat. Kandungan kalsium dan magnesium pada buah kelapa merupakan nutrisi yang penting yang dibutuhkan tulang dan gigi agar lebih kuat dan tentunya lebih sehat.

Komposisi yang terdapat pada resep dadar gulung membawa sejumlah manfaat bagi tubuh orang yang mengonsumsinya. Dengan begitu akan sangat baik bila Anda juga dapat memperoleh manfaat tersebut dengan menyantap dadar gulung yang nikmat dan berkhasiat.

Bagi Anda yang belum paham apa saja bahan dan cara dalam membuat resep dadar gulung, berikut ulasan mengenai resep kue dadar gulung dan cara membuat dadar gulung yang istimewa dan mudah dibuat.

Resep Dadar Gulung


Bahan-bahan yang diperlukan:
  • 50 gram tepung ketan hitam
  • 125 gram tepung terigu
  • 1 butir telur
  • ½ sendok teh garam
  • 3 sendok makan minyak goreng
  • Pewarna makanan hijau secukupnya

Bahan isi dadar gulung:
  • 150 gram gula pasir
  • ½ butir kelapa setengah tua yang dikupas dan diparut memanjang
  • ½ sendok teh garam
  • ¼ sendok teh vanili bubuk
  • 1 lembar daun pandan

Cara membuat dadar gulung:
  • Campur tepung terigu dan tepung ketan hitam dengan air, telur, dan garam lalu aduk rata.
  • Tambahkan minyak goreng dan aduk kembali hingga merata.
  • Panaskan wajan datar ukuran sesuai selera dan olesi dengan sedikit minyak lalu buatlah dadar tipis dan
  • Campur parutan kelapa dengan gula pasir, vanili bubuk, garam dan daun pandan lalu aduk rata dan kukus selama 15 menit.
  • Ambil selembar dadar tipis yang sudah dibuat lalu isi dengan 2 sendok makan bagian isi kemudian gulung.

Demikian ulasan mengenai resep dadar gulung dan cara membuat dadar gulung yang nikmat dan sederhana. Sedikit tips bagi Anda untuk pemilihan gula sebagai salah satu komposisi dalam isian dadar gulung dapat juga menggunakan gula merah. Selamat mencoba resep dadar gulung ini dan semoga berhasil dalam membuat jajanan manis untuk keluarga.

Resep lainnya:
Resep Nagasari Pisang Tepung Beras Enak
Resep Lidah Kucing Renyah Dan Enak
Resep Kue Lapis Tepung Beras Kukus Enak
Resep Brownies Kukus Sederhana Dan Murah