Resep Lapis Legit Spesial Lembut Dan Enak

Resep lapis legit - Kue lapis legit merupakan kue yang biasanya disajikan pada saat hari raya seperti hari raya Idul Fitri, tetapi seiring berjalannya waktu kue ini dapat disajikan kapan saja. Kue yang satu ini cukup banyak penjualnya, Anda dapat menemukan kue ini di toko oleh-oleh atau di toko kue terdekat. Resep lapis legit memang terkenal dapat menyajikan cita rasa yang nikmat dan legit yang dapat membuat pemakannya ketagihan.

Kue berlapis-lapis ini dulunya di sebut dengan nama Spekkoek. Kue ini merupakan kue yang berasal dari negeri kincir angin, Belanda. Singkat cerita kue ini dibawa oleh orang-orang Belanda ke tanah air pada saat zaman penjajahan. Meskipun kue lapis legit bukan kue asli Indonesia, kue ini telah menyatu dan menjadi ciri khas makanan Indonesia.

Resep Lapis Legit

Dari segi harga, kue lapis legit ini dibandrol dengan harga yang lumayan atau tidak terlalu murah. Hal ini dapat disebabkan karena proses pembuatan yang tidak mudah serta membutuh kesabaran dan waktu lama dalam membuat kue legit ini. Resep kue lapis legit menuntut pembuatan kue dilakukan dengan pemanggangan lapis per lapis hingga akhirnya menjadi kesatuan utuh kue lapis legit yang nikmat.

Lihat juga resep:
Resep Kue Lumpur Kentang Lembut Dan Wangi
Resep Kue Kacang Kering Bulan Sabit
3 Resep Kue Cubit Enak Sederhana Dan Mudah
Resep Kue Nastar Enak Dan Lembut

Kue lapis legit yang enak dan spesial serta memiliki aroma yang harum dari hasil karya sendiri pastinya akan lebih istimewa dari pada hasil membeli. Mengingat harga lapis legit yang berkisar dari puluhan ribu hingga ratusan ribu, maka ada baiknya untuk membuat kue ini sendiri di rumah. Selain akan lebih hemat, kue yang dihasilkan akan sangat terjamin kualitas dan kebersihannya karena Anda sendiri yang mengontrol.

Pembuatan kue lapis yang memiliki cita rasa legit atau manis ini cukup kompleks dan memerlukan waktu yang tidak sedikit. Namun, ketika Anda berhasil membuat kue ini tentunya Anda akan merasakan kepuasan batin tersendiri karena berhasil membuat kue lezat yang tidak mudah proses pengolahannya.

Secara kasat mata kue lapis legit memiliki warna yang sama dengan lapis Surabaya yaitu kuning dan coklat, naum perbedaan mencolok terdapat pada lapisan kue lapis legit yang begitu tipis dan jauh lebih banyak disbanding lapis Surabaya. Bagi Anda yang masih penasaran mengenai bahan apa saja dan bagaimana cara membuat kue lapis legit, berikut adalah ulasan mengenai resep kue lapis legit dan cara membuat lapis legit yang nikmat.

Resep Lapis Legit


Bahan-bahan yang diperlukan:
  • 30 butir telur mentar yang diambil kuningnya
  • 500 gram mentega butter
  • 300 gram gula pasir
  • 70 gram tepung terigu
  • ¼ susu kental kaleng
  • ½ sendok makan vanili
  • 25 gram susu bubuk

Cara membuat lapis legit:
  • Pecahkan 30 butir telur dan pisahkan kuning telur dengan putih telur lalu ambil kuning telurnya dan sisihkan.
  • Kocok mentega butter hingga mengembang kemudian tambahkan susu kental manis dan kocok lalu sisihkan.
  • Kocok 30 kuning telur tadi dan tambahkan gula pasir hingga mengembang menggunakan wadah yang berbeda.
  • Tambahkan vanili dan kocok kembali hingga mengental dengan mixer selama kurang lebih 15 menit.
  • Campur adonan telur dengan adonan mentega dan aduk kembali kemudian tambahkan campuran tepung terigu dengan susu bubuk lalu aduk hingga semua bahan bercampur.
  • Siapkan cetakan dengan melapisi dengan kertas roti dan olesan mentega serta beri sedikit taburan terigu di atasnya.
  • Hidupkan oven dan panaskan lalu buat lapisan pertama dengan ambil sekitar 5 sendok makan adonan.
  • Ratakan adonan dan masukkan ke dalam oven untuk lapisan pertama gunakan api bawah.
  • Buat lapis kedua dan seterusnya hingga adonan habis untuk lapis ini menggunakan api atas oven.
  • Panggang adonan yang berlapis hingga matang kemudian angkat lalu sisihkan dan potong setelah kue dingin.

Demikian ulasan mengenai resep lapis legit dan cara membuat lapis legit yang manis dan nikmat bila disajikan sebagai kudapan menemani secangkir teh atau kopi. Semoga artikel resep lapis legit ini dapat menambah wawasan Anda dan sekaligus dapat mengispirasi dalam membuat kudapan yang mengenyangkan. Selamat mencoba resep ini dan semoga Anda berhasil membuat kue lapis legit yang nikmat untuk keluarga.

Resep lainnya:
Resep Putu Ayu Kukus Spesial Enak Dan Lembut
Resep Kue Putri Salju Keju Dan Pandan Spesial Enak
Aneka Resep Kue Coklat Enak Dan Empuk
Resep Lapis Surabaya Lembut Enak Dan Irit Telur