Resep Sup Ayam Bening Yang Enak Dan Nikmat

Resep sup ayam - Sup merupakan hidangan sederhana yang nikmat untuk dijadikan salah satu menu kuliner sehat bagi Anda dan keluarga. Sup yang memiliki varian komposisi daging ini sangat lezat bila disantap saat hangat. Biasanya pilihan daging untuk komposisi sup adalah daging sapi, namun bila Anda kurang suka dengan daging sapi dapat menggantinya dengan daging ayam.

Sup ayam selain bergizi dan lezat tentu lebih terjangkau harganya karena bila menggunakan daging lain seperti daging sapi biaya belanja akan cukup mahal. Resep sup ayam tidak sulit untuk dibuat dan bahan-bahannya juga mudah dijumpai di pasar-pasar terdekat. Sup ayam kini menjadi salah satu hidangan andalan bagi masyarakat yang sangat peduli dengan kesehatan karena sup ayam mengandung banyak gizi baik dari daging ayam maupun sayur-sayuran yang dipakai dalam resep.

Resep Sup Ayam

Resep sup ayam merupakan masakan yang dibuat dengan cara direbus. Merebus merupakan teknik memasak yang lebih menguntungkan dibandingkan dengan cara menggoreng, membakar atau memanggang. Penyebabnya ialah energi panas dalam proses merebus dapat lebih meresap ke bahan makanan sehingga dapat melepas racun atau zat yang kurang menguntungkan lainnya agar makanan aman dikonsumsi.

Sehingga dengan teknik ini, manusia menyadari bahwa beragam bahan dari hewan maupun tanaman lebih banyak dapat dikonsumsi. Merebus makanan ternyata juga dapat menciptakan sensasi rasa baru karena memanaskan beberapa jenis makanan secara bersamaan akan menyebabkan masing-masing bahan kehilangan kandungannya dan pada saat itu sarinya akan bercampur sehingga menciptakan rasa baru.

Lihat juga resep:
Resep Ayam Bakar Kecap Pedas Dan Enak
Resep Rica Rica Ayam Khas Manado Enak Dan Sedap
Resep Kari Ayam Spesial Enak Dan Mudah
Resep Rendang Ayam Enak Dan Lezat

Menurut sejarah, setelah kekaisaran Romawi hancur, sup bertahan di kekaisaran Bizantium yang berpusat di Konstantinopel. Kebiasaan menyantap sup yang ada di Eropa merupakan akibat dari runtuhnya kekaisaran Ottoman di Turki pada tahun 1454. Berbeda dengan negara-negara di Eropa Barat, orang Turki tidak membatasi konsumsi mereka pada sup hanya pada acara khusus atau pada waktu-waktu tertentu saja.

Pada mulanya air rebusan sup hanya berasal dari kombinasi air dan sayur-sayuran lalu berkembang menjadi air kaldu yang berasal dari campuran daging dan air. Perkembangan tersebut terjadi karena masyarakat pada zaman tersebut mulai terbiasa merebus daging yang disajikan di mangkuk besar untuk disantap beramai-ramai dengan menghirup kuah secara langsung.

Dalam mengolah sup ayam Anda tidak perlu meluangkan waktu seharian demi menyediakan menu yang nikmat ini untuk keluarga. Anda hanya perlu menghabiskan waktu sekitar 30 menit untuk mengolah bahan-bahan sup ayam hingga matang dan siap disajikan. Untuk komposisi sup ayam Anda membutuhkan daging ayam tentunya, sayur-sayuran seperti kentang, wortel, seledri dan daun bawang.

Selain itu, komposisi bumbu sup ayam sangat sederhana karena hanya menggunakan garam, bawang putih dan merica. Bagi Anda yang ingin mengetahui apa saja resep sup ayam yang dapat menggoyang lidah, berikut adalah ulasan mengenai bahan-bahan dan cara membuat sup ayam.

Resep Sup Ayam


Bahan-bahan yang diperlukan:
  • 1 ekor daging ayam
  • 2 buah wortel yang dipotong sesuai selera
  • 2 batang seledri yang dipotong sesuai selera
  • 2 batang daun bawang yang dipotong sesuai selera
  • 1 buah kentang yang dipotong bentuk dadu sesuai selera
  • 3 siung bawang putih yang digeprek
  • Garam dapur secukupnya
  • Merica secukupnya

Bahan pelengkap:
  • Bawang goreng secukupnya

Cara membuat sup ayam:
  • Bersihkan ayam kemudian potong jadi 2 bagian besar kemudian rebus hingga mendidih dan matikan apinya.
  • Angkat ayam lalu pisahkan dengan tulangnya kemudian dagingnya disuwir dengan garpu dan masukan kembali ke dalam air kaldu.
  • Rebus kembali hingga mendidih dan tambahkan kentang, wortel dan bawang putih lalu kecilkan api dan didihkan kembali hingga sayuran menjadi empuk.
  • Aduk sup dan beri bumbu dengan garam dan merica.
  • Tambahkan seledri dan daun bawang lalu matikan.
  • Hidangkan dalam keadaan hangat di mangkuk dan taburkan bawang goreng sesuai selera.

Sup ayam hangat sangat nikmat bila disantap dengan nasi dan sambal kecap serta kerupuk atau ayam goreng. Demikian ulasan dalam artikel mengenai resep sup ayam dan cara membuat sup ayam yang nikmat. Semoga resep sup ayam ini dapat menginspirasi Anda dalam membuat sup ayam yang lezat. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Lihat juga resep:
Resep Bakpao Ayam Enak Dan Lembut
Aneka Resep Sup Jagung Spesial Enak Dan Mudah
Resep Garang Asem Ayam Enak Dan Lezat
Resep Capcay Kuah Sederhana Dan Enak