Resep Udang Saus Tiram Pedas Enak Dan Gurih

Resep udang - Udang merupakan satu jenis makanan laut yang banyak digemari masyarakat di nusantara. Resep udang yang paling populer biasanya dimasak dengan cara digoreng karena cara ini merupakan cara paling singkat dan praktis.

Bahan makanan ini tidak sulit didapatkan mengingat wilayah geografis Indonesia sendiri terdiri dari sebagian besar perairan sehingga banyak nelayan yang tiap hari menangkap udang dan kemudian dijual di pasar. Selain lezat, udang juga kaya akan nutrisi yang akan sangat bermanfaat bagi tubuh. Diantaranya udang mengandung beberapa jenis vitamin, mineral, protein dan asam amino, dan kalori dalam jumlah yang sedikit.

Berbagai vitamin baik yang terdapat dalam daging udang ialah sebagai berikut. Kandungannya vitamin yang tertinggi berturut-turut sesuai dengan persentase kebutuhan harian manusia yaitu vitamin D (38%), vitamin B12 (19%), Niacin (13%),vitamin E (5%), vitamin B6 (5%), vitamin A (4%), vitamin C (3%), dan lain-lain. Untuk mineral yang terkandung dalam makanan laut ini, diantaranya ialah selenium, fosfor (20%), zat besi (13%), tembaga (13%), magnesium (9%), zinc (7%), sodium (6%), potassium (5%) dan kalsium (5%), serta sejumlah mineral penting lain yang dibutuhkan tubuh.

Resep Udang

Mineral-mineral dari bahan makanan laut cenderung lehih mudah diserap tubuh dibandingkan dengan mineral yang berasal dari kacang-kacangan dan serealia, sehingga baik dikonsumsi sesering mungkin. Selain itu udang juga merupakan sumber protein yang komplit yang dapat dengan mudah dicerna dalam tubuh.

Lihat juga resep:
Resep Tongseng Sapi Sederhana Dan Enak
Resep Tekwan Palembang Asli Dan Enak
Resep Beef Teriyaki Simple Enak Dan Lezat
Resep Sop Iga Sapi Spesial Enak Dan Sederhana

Tidak hanya itu, udang kaya akan asam amino dan merupakan bahan makanan dengan kalori yang relative rendah. Kandungan asam amino dalam 100 gram udang berturut-turut yakni asam gulamat (3465 mg), asam aspartat (2100 mg), arginine (1775 mg), lysine (1768 mg), leucine (1612 mg), glycine (1225 mg), isoleucine (985 mg), dan valine (956 mg). Sehingga, udang sangat cocok dikonsumsi oleh Anda yang sedang membentuk otot tubuh.

Dengan kandungan 106 kalori dalam 100 gram udang, bahan makanan ini sangat ampuh untuk membantu proses diet seseorang. Udang juga hanya mengandung sedikit asam lemak jenuh dan bahkan asam lemak sehat pada udang sangat tinggi seperti Omega-3 sebesar 540mg dan Omega-6 sebanyak 28mg pada tiap 100 gram udang segar.

Berbagai resep udang bermunculan dan masing-masing memiliki karakternya sendiri. Artikel kali ini akan membahas mengenai resep olahan berbahan dasar udang dengan menggunakan campuran saus tiram yang tentunya akan menggoda selera Anda sekeluarga.

Berikut ini adalah penjelasan mengenai resep udang saus tiram dan cara mengolah bahan makanan laut satu ini hingga menjadi hidangan yang nikmat bagi keluarga.

Resep Udang Saus Tiram


Bahan-bahan resep udang saus tiram:
  • ½ kg udang basah yang segar dan bagus
  • 3 siung bawang merah yang diiris
  • 2 siung bawang putih yang diiris
  • ½ sendok teh merica bubuk
  • ½ siung bawang bombay yang diiris-iris tipis
  • 1 sendok makan saus tiram
  • 2 sendok makan mentega
  • 3 sendok makan kecap manis
  • Bumbu penyedap secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya

Cara memasak udang saus tiram:
  • Bersihkan udang dengan cara dipotong sedikit ujung kepalanya, cuci bersih dan sisihkan.
  • Haluskan bawang merah dan bawang putih.
  • Masukkan minyak goreng secukupnya ke dalam wajan dan tambahkan mentega lalu tumis bawang bombay dan juga bumbu yang sudah dihaluskan hingga harum.
  • Masukkan udang.
  • Tambahkan kecap manis, saus tiram, sedikit garam dan penyedap lalu aduk rata dan masak hingga matang.

Udang selain memiliki rasa yang lezat ternyata juga banyak berkhasiat bagi tubuh. Manfaat-manfaat yang bisa Anda dapatkan dari mengonsumsi udang, yaitu menjaga kesehatan jantung sebab asam lemak esensial dalam udang akan menurunkan kolesterol jahat dan mencegah penggumpalan kepingan darah atau ateroskeloris, memaksimalkan sejumlah fungsi organ-organ vital pada tubuh karena udang memiliki kandungan vitamin-vitamin yang baik bagi kesehatan, antioksidan yang baik karena dapat menjaga fungsi imunitas tubuh dan anti radikal bebas yang menyebabkan 50 jenis penyakit degeneratif.

Selain itu, juga membantu produksi antibodi, membantu meningkatkan kecerdasan dan pertumbuhan anak, mencegah penyakit anemia dan berperan dalam pembentukan sel darah merah, menjaga kesehatan mata, menjaga kesehatan kulit dan mencegah penyakit pellagra atau kulit burik dan bersisik dan yang terakhir menjaga kesehatan tulang, kesehatan gigi hingga kesehatan sendi.

Demikian ulasan yang lengkap mengenai udang baik dari resep udang saus tiram sendiri hingga kandungan dan manfaat udang bagi kesehatan tubuh. Semoga artikel resep udang saus tiram ini dapat membuka wawasan Anda mengenai bahan makanan dari laut yaitu udang. Selamat mencoba resep udang saus tiram dalam artikel ini dan semoga berhasil.

Resep lainnya:
Resep Ikan Asam Manis Sederhana Dan Enak
Resep Udang Saus Tiram Sederhana Dan Praktis
Resep Ayam Bakar Kecap Pedas Dan Enak
Resep Rendang Ayam Enak Dan Lezat