5 Tips Menghilangkan Komedo Secara Alami Dan Cepat

Tips Menghilangkan Komedo - Tahukah Anda, apa itu komedo? Komedo adalah penyumbatan pori-pori pada kulit wajah, hidung atau sekitar mata, yang ditandai dengan munculnya benjolan kecil. Komedo terbagi menjadi beberapa jenis berdasarkan warna dari komedo itu sendiri, yaitu whitehead atau komedo yang berwarna putih, blackhead atau komedo yang berwarna hitam. Komedo bisa berubah menjadi jerawat atau yang sering disebut sebagai papul (postule).

Tips Menghilangkan Komedo
Komedo ini biasanya muncul saat masa pubertas atau menginjak remaja atau saat menstruasi, karena di masa-masa ini kadar hormon menghasilkan sebum yang berlebihan. Komedo bisa menjadi masalah bagi sebagian orang, karena munculnya komedo ini bisa mengurangi rasa percaya diri seseorang. Oleh karena itu ada beberapa tips menghilangkan komedo yang bisa Anda lakukan. Namun, sebelumnya Anda harus mengetahui terlebih dahulu penyebab dari munculnya komedo.

Penyebab Komedo


1. Sel-sel kulit mati


Ternyata komedo yang sering muncul di area wajah, hidung atau di sekitar mata disebabkan oleh adanya sel-sel kulit yang mati serta kelenjar minyak yang berlebihan pada kulit. Sel-sel kulit yang tidak terangkat, akhirnya mengendap dan menjadi sarang bakteri yang akhirnya menimbulkan komedo.

2. Make up


Selain itu, munculnya komedo juga bisa disebabkan oleh make up atau peralatan kosmetik yang kita gunakan secara berlebihan atau mungkin tidak cocok. Karena penggunaan make up secara berlebihan atau penggunaan peralatan kosmetik yang tidak sesuai, akan menimbulkan kulit mengalami iritasi, sehingga menyebabkan munculnya benjolan yang disebut komedo.


3. Gaya hidup tidak sehat


Penyebab lain yang sering dihiraukan adalah lifestyle atau gaya hidup. Gaya hidup yang tidak sehat seperti merokok, minum minuman yang mengandung alkohol atau mengandung kafein juga bisa menjadi salah satu penyebab munculnya komedo. Selain itu, stress atau depresi juga bisa menyebabkan munculnya komedo. Penyebab terakhir, adalah makanan. Hal ini susah dihindari dan banyak menjadi faktor penyebab munculnya komedo,. Makanan-makanan tersebut adalah makanan yang manis, gorengan serta makanan yang mengandung karbohidrat

Cara Menghilangkan Komedo


Setelah mengetahui penyebab munculnya komedo, maka langkah selanjutnya adalah cara atau tips menghilangkan komedo itu sendiri. Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk menghilangkan komedo yang mengganggu dengan bahan alami yang mudah didapatkan.

1. Uap


Siapa sangka ternyata uap air panas bisa digunakan untuk menghilangkan komedo. Caranya sangat mudah, yaitu rebus air hingga mendidih lalu, gunakan uap yang keluar untuk menguapi area wajah Anda. Selain itu, Anda bisa menambahkan satu sendok teh garam pada air mendidih, tunggu hingga garam tersebut larut, kemudian tuangkan air garam yang telah mendidih ke dalam wadah. Arahkan wajah Anda pada uap yang keluar dari air tersebut selama 5 sampai 10 menit, jangan lupa gunakan handuk untuk menutupi kepala Anda. Selain menghilangkan komedo, cara ini juga bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah pada wajah Anda.

2. Lidah buaya


Tanaman yang bergeriki serta memiliki jelly di dalamnya ini juga bisa digunakan sebagai salah satu bahan alami untuk menghilangkan komedo. Caranya pun sangat mudah, yaitu cukup mengoleskan komedo dengan lendir atau jelly dari lidah buaya. Dengan menggunakan secara teratur, yaitu 1 sampai 2 kali sehari, maka komedo Anda bisa hilang secara alami.

3. Telur


Telur selain sebagai makanan juga bisa digunakan untuk menghilangkan komedo yang mengganggu. Bagian telur yang digunakan adalah putih telur. Caranya adalah oleskan bagian yang berkomedo dengan putih telur atau bisa juga ditambahkan dengan madu. Diamkan selama 25 sampai 30 menit hingga kering. Kemudian bilas dengan menggunakan air hangat.

4. Lemon


Cara lain untuk menghilangkan komedo adalah dengan jus lemon. Bahan yang digunakan adalah lemon atau jeruk nipis, minyak almond dan gliserin. Campur bahan-bahan tersebut dengan cara diblender. Kemudian oleskan campuran tersebut pada area yang terdapat komedo. Tunggu kira-kira 10 menit, bilas dengan air bersih.

5. Pepaya


Pepaya yang kita kenal sebagai buah juga bisa digunakan untuk menghilangkan komedo. Caranya adalah dengan menghaluskan pepaya, bisa diblender atau dihaluskan secara manual dengan sendok hingga berbentuk sepeti pasta. Kemudian gunakan pepaya tersebut sebagai masker. Tunggu kira-kira 10 menit, kemudian bilas dengan air bersih. Tips menghilangkan komedo ini sangat mudah dan bisa Anda coba dirumah.