6 Cara Membentuk Otot Perut Dengan Cepat Tanpa Alat

Cara membentuk otot perut - Bentuk otot perut seringkali djadikan pertanda bahwa pria tersebut adalah pria yang kuat dan gagah. Akan tetapi tak setiap pria mampu mamiliki perut sixpack meski menginginkannya. Kegagalan mewujudkan perut berotot sering kali dikarekan kesalahan dalam memilih cara membentuk otot perut.

Cara membentuk otot perut
Seringkali para pria berfikir bahwa sit-up adalah satu-satunya cara membentuk otot perut. Padahal sit-up hanya melatih otot perut bagian atas saja. Perlu serangkaian cara membentuk otot perut yang dilakukan secara rutin agar pertut benar-benar sixpack. Cara-cara tersebut antara lain:
Cara membentuk otot perut dengan makanan

Makanan juga sangat mempenggauhi bentuk perut. Konsumsi makanan yang tepat akan membantu tubuh menghilangkan kelebihan lemak yang mentupi otot perut. Alhsil, otot perut akan telihat lebih berbentuk alias sixpack.

Beberapa jenis makanan yang dapat membantu melunturkan lemak perut antara lain tahu kukus, putih telur, kayu manis, jeruk nipis, brokoli, teh dan kopi. Konsumsilah makanan ini secara rutin dalam porsi sewajarnya.

Selain itu, jangan mengkonsumsi maknan berlemak, terutama junk food. Perhatikan pula asupan protein dan karbohidrat kompleks yang dikonsumsi.

Cara membentuk otot perut dengan latihan fisik ringan


Latihan untuk membentuk otot perut tak harus latihan yang berat dan menguras tenaga. Latihan yang dilakukan cukup latihan fisik ringan akan tetapi mampu membuat otot-otot berkontraksi. Beberapa latihan ringan yang dapat dilakukan sendiri di rumah antara lain:

1. Plank


Ambil posisi tengkurap layaknya push up. Tumpukan seluruh berat badan pada area siku hinga ujung jari. Dengan posisi siku hingga ujung jari masing menempel pada lantai, katupkan kedua telapak tangan alu angkat tubuh hingga tinggal ujung jari kaki dan siku hingga ujung jari tangan yang menyentuh tanah. Tahan posisi ini selama 30 detik.

2. Mountain climber


Ambil posisi layaknya start jongkok. Posisikan di lantai lebih lebar dari bahau. Biarkan kaki kiri lurus ke belakang dan kaki tangan ditekuk ke depan. Lakukan pertukaran kaki tangan dan kaki kiri dengan cepat sehingga ganti kaki kanan yang lurus ke belakang dan kaki kiri yang ditekuk ke depan. Lakukan gerakan ini selama 30 detik.

3. Jackknife sit-up


Cara membentuk otot perut yang satu ini hampir sama dengan cara sit-up pada umunya, hanya saja kaki tak disesajarkan dengan lantai melainkan harus turut diangkat lurus sehingga gerakan akan menghasilkan bentuk menyerupai huruf u. Caranya dengan berbaring diatas matras dengan tangan lurus ke atas. Lalu secara bersamaan mengangkat bagian tubuh atas dan bawah seakan ingin mempertemukan ujung jari tangan dengan ujung kaki. Setiap kali melakukan gerakan, hembuskan nafas dalam-dalam sebelum mengambil poisis terlentang kembali.

Lakukan latihan fisik ini selama 30 detik secara rutin. Cara membentuk otot perut satu ini akan membentuk gumpalan otot pada bagian perut atas.

4. Bycicle crunch


Bycicle cruch adalah salah satu cara membentuk otot perut yang sangat mudah dilakukan. Sama seperti latihan fisik lainnya hanya memerlukan waktu 30 detik untuk melakukan rangkaian latihan kekuatan otot perut ini. Caranya adalah dengan berbaring terlentang lalu meletakkan tangan di delakang telinga. Secara perlahan, angkat kedua kaki hingga lebi tinggi dari perut. Lakukan gerakan seperti mengayuh sepeda dibarengi dengan mengarahkan siku pada kaki yang tengah ditekuk. Lakukan bergantian selama 30 detik.

5. Spiderman push-up


Gerakan spiderman push-up merupakan kombinasi antara push-up dengan gerakan memanjat. Cara melakukannya adalah dengan mengambil posisi seperti push-up lalu menarik lutut kanan mendekati siku kanan. Setelah itu, kembali ke posisi kaki lurus dan lanjutkan dengan gerakan yang sama pada bagian tubuh kiri. Lakukan terus secara bergantian selama 30 detik.

6. Reverse crunch


Latihan fisik reverse crunch adalah cara membentuk otot perut bagian bawah. Caranya mengambil sikap awal berbaring lalu tekuk kedua lutut dan angkat tubuh ke atas. Doromg lutut mendekati dada dan tahan selama 5 detik. Kembali ke posisi awal dan ambil nafas, ulangi 9 hingga 12 kali.

Istirahat


Siapa bilang cara membentuk otot perut hanya bisa dilakukan dengan latihan fisik dan diet saja. Nyatanya istirahat juga memegang peranan penting dalam membentuk otot perut. Tidur yang berkualitas akan membantu tubuh mempercepat pertumbuha otot.

Tidur neyeyak di malam hari juga mampu melawan perkembanagn hormon kortisol yaitu hormon yang menghalangi perkembangan otot. Jadi, pertimbangkan kembali niat anda begadang jika ingin memiliki bentuk perut yang sixpack.

Agar hasil lebih cepat terlihat, lakukan serangkaian cara membentuk otot perut diatas secara rutin. Jika merasa tak dapat menjadwalkan latihan sendiri, anda bisa mendatangi gym atau pusat kebugaran untuk latihan. Kelebihan lainya jika anda melakukan latihan fisik di pusat kebugaran adalah adanya alat penunjang yang bisa digunakan untuk membentuk otot perut, baik otot perut atas, bawah, tengah maupun samping.