Cara Membersihkan Telinga Yang Benar Dan Aman

Cara membersihkan telinga - Salah satu organ penting dalam tubuh manusia adalah telinga. Telinga adalah bagian tubuh yang memiliki fungsi vital sebagai pendengaran. Sehingga bagian tubuh ini membutuhkan cara membersihkan telinga yang benar. Sebab cara pembersihan yang salah dapat berakibat fatal terhadap fungsi pendengaran manusia.

Cara membersihkan telinga
Telinga juga harus dibersihkan secara rutin. Bagian telinga dalam ataupun luar semuanya harus selalu dibersihkan dari kotoran yang menempel. Namun, cara membersihkan telinga bagian luar akan lebih mudah ketimbang bagian dalam telinga. Pada bagian dalam tentunya harus menggunakan cara yang tepat.

Menghindari Cara Membersihkan Telinga dengan Cotton Bud dan Cara Lain yang Tidak Dianjurkan


Pada bagian dalam telinga juga terdapat kotoran telinga dimana kotoran tersebut berwujud gumpalan lunak. Sebenarnya gumpalan tersebut adalah hasil alami dari kelenjar minyak di bagian dalam telinga yang sebenarnya memiliki fungsi sebagai pelindung bagian dalam telinga. Gumpalan tersebut akan mengikat debu serta menghalangi air masuk ke dalam telinga.

Namun kotoran telinga tersebut juga dapat timbulkan masalah jika sudah alam keadaan berlebih dalam telinga. Telinga akan mengalami gangguan pendengaran bahkan akibat penyumbatan yang berakibat sakit hingga hilangnya pendengaran. Sehingga perlu cara membersihkan telinga yang tepat.

Cara yang paling sering digunakan oleh orang awam adalah menggunakan cotton bud. Namun cara membersihkan telinga dengan cotton bud atau sejenisnya seperti jepit rambut, lidi yang diberi kapas hanya akan membuat resiko mengendapnya kotoran telinga pada saluran dalam telinga. Jadi cara tersebut tidak dianjurkan karena akan membawa dampak kemungkinan beresiko merusak saluran serta bagian gendang telinga.

Ada cara membersihkan telinga yang benar tanpa cotton bud yaitu dengan menggunakan obat tetes telinga yang dijual pada toko obat atau apotek secara bebas. Obat tetes tersebut akan melunakkan gumpalan dalam telinga mudah untuk dikeluarkan.

Setelah dua hingga tiga hari, miringkan kepala dan meneteskan air hangat pada bagian telinga yang kotor dan kemudian ganti posisi kepala miring ke sisi lain untuk keluarkan kotoran. Setelah cara membersihkan telinga tersebut selesai maka segera lakukan pengeringan pada saluran telinga memakai handuk lembut.

Kegiatan tersebut perlu dilakukan secara berulang sampai semua kotoran telinga keluar. Namun, cara membersihkan telinga tersebut sebaiknya tidak dilakukan bila anda mempunyai masalah seperti rasa nyeri di telinga, keluar cairan dari telinga, pernah melakukan operasi telinga serta memiliki masalah gendang telinga.

Namun, cara membersihkan telinga tersebut juga tidak luput dari resiko lain seperti masuknya kotoran yang sudah melunak masuk ke saluran telinga lebih dalam. Sehingga perlu kehati-hatian saat membersihkan. Lakukan pemeriksaan ke dokter ahli THT untuk mendapatkan pertolongan mengeluarkan kotoran telinga dengan bantuan alat kuret atau alat sedot kotoran telinga. Langkah-langkah lain juga dapat dilakukan asal dengan rekomendasi dan dilakukan oleh dokter ahli.

Obat yang Aman Dipakai untuk Menghilangkan Kotoran Telinga


Kotoran telinga memang kadang susah untuk dibersihkan jika telah berlebihan. Sehingga perlu cara membersihkan telinga yang benar dengan menggunakan cairan atau benda-benda lain yang justru membahayakan keadaan telinga anda. Berikut ini ada beberapa obat yang dapat digunakan untuk membantu saat cara membersihkan telinga dilakukan secara mandiri:

1. Minyak zaitun
Minyak zaitun dapat digunakan untuk membantu membersihkan kotoran telinga. Celupkan kapas dalam minyak zaitun kemudian peras. Letakkan kapas yang telah basah dengan minyak zaitun tersebut alam telinga. Diamkan selama 15 menit kemudian keluarkan dan ulangi kembali hingga kotoran keluar semua.

2. Baby oil
Cara yang sama dengan saat menggunakan minyak zaitun, baby oil juga bisa jadi alternatif cara membersihkan telinga dengan aman. Karena baby oil tidak mempunyai efek samping dan lembut untuk semua jenis kulit.

3. Air garam
Anda dapat membuat larutan garam dengan air hangat atau suam-suam kuku. Teteskan air garam tersebut perlahan ke dalam telinga dalam keadaan kepala miring ke samping. Kemudian kembalikan kepala pada posisi normal dan gunakan kapas bola ke telinga. Lakukan hal sama pada telinga yang lain.

4. Cuka dan alkohol
Campuran antara cuka dan alkohol dapat diteteskan pada telinga sebanyak dua tetes. Kemudian gunakan kapas lembut serta bersih pada bagian telinga dan lakukan pijatan lembut pada bagian telinga untuk keluarkan kotoran telinga.

5. Gliserin
Cara membersihkan telinga dapat manfaatkan larutan gliserin sebanyak dua atau tiga tetes ke dalam telinga. Kemudian anda dapat gunakan kapas bola untuk membersihkan telinga dan lakukan hal tersebut hingga telinga kembali bersih.

6. Hydrogen peroksida
Anda dapat membuat larutan hydrogen peroksida dengan mencampurkan peroksida pada air bersih dengan takaran imbang. Kemudian basahi kapas bersih dengan larutan tersebut, peras agar tak terlalu basah kemudian masukkan ke bagian dalam telinga.

Ketika telinga anda kotor sebaiknya gunakan cara membersihkan telinga yang sederhana namun tak membahayakan. Jika anda termasuk orang yang khawatir akan hal-hal negatif yang mungkin muncul saat membersihkan telinga sebaiknya konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan penanganan tepat membersihkan telinga.