3 Cara Menghilangkan Bau Ketiak Secara Alami Cepat Permanen

Cara menghilangkan bau ketiak - Tidak percaya diri saat tampil di muka umum karena bau badanmu mengganggu penampilan? Mungkin sekejap akan terlintas di benak kamu tentang bagaimana cara menghilangkan bau ketiak seutuhnya.

Ketiak yang berbau karena keringat yang dihasilkan tubah memang bisa menimbulkan masalah tersendiri terutama saat melakukan aktifitas berat di luar ruangan. Bahkan terkadang saat kita berkeringat sedikit saja, maka bau ketiak yang menyengat akan muncul dengan sendirinya. Lalu mengapa dengan ketiak kita? Apa karena kita kurang mandi?

Hal yang Memicu Keluarnya Bau Ketiak


Dalam tubuh manusia, keringat dipicu karena adanya dua kelenjar yaitu Accrine dan Apoccrine. Kelenjar Accrine menghasilkan keringat biasa yang tak berbau seperti keringat yang keluar di tangan, punggung, atau area sekitar dahi.
Cara menghilangkan bau ketiak

Berbeda dengan Accrine, kelenjar Apoccrine biasanya muncul di bagian tubuh yang sering ditumbuhi bulu salah satunya adalah ketiak. Kelenjar Apoccrine inilah yang sering menjadi problem mengenai bau badan yang tidak sedap sehingga mengganggu penampilan.

Selain kelenjar Apoccrine, pemicu bau ketiak lainnya disebabkan oleh hormon dalam tubuh yang tak seimbang atau makanan yang kita makan. Makan yang banyak mengandung lemak dan kurang berserat dapat mengganggu metabolisme kelenjar keringat sehingga menghasilkan kelenjar keringat yang berbau.

Konsumsi banyak air putih akan membantu menghilangkan bau ketiak yang mengganggu tersebut. Dan yang lebih ekstrim memicu timbulnya bau ketiak dan badan adalah kurangnya perhatian kita terhadap kebersihan diri.

Berbagai Cara Menghilangkan Bau Ketiak yang Ampuh


Kita sadari atau tidak, untuk menyiasati bau badan yang mengganggu, terkadang hal sederhana yang sering kita lakukan yaitu memberikan deodorant atau menggunakan body spary ke seluruh tubuh. Hal ini bisa menghilangkan bau badan secara singkat namun hasilnya tidak permanen. Memakai body spary atau deodorant secara berlebihan justru akan memicu banyak bakteri yang akhirnya semakin membuat bau badan menjadi lebih tidak enak.

Sudah bosan dengan bau badan, sebagian orang ingin cara instan menghilangkan bau ketiak dengan mudah dan sederhana. Bau ketiak akan menimbulkan masalah cukup kompleks bagi seseorang yang selalu ingin tampil fresh dan menambah rasa percaya diri saat bergaul. Ada langkah mudah melakukan beberapa cara menghilangkan bau ketiak hanya dengan perawatan harian ini.

1. Jaga kebersihan badan


Ingin tampil lebih fresh, cara mudahnya adalah menjaga kebersihan badan. Mandi adalah rutinitas yang memerlukan perhatian khusus. Cara ini adalah hal utama yang harus dilakukan agar badan dan ketiak kita tidak berbau. Menjaga kebersihan badan dengan mandi secara rutin 2 atau 3 kali sehari akan membantu membersihkan kuman dan bakteri akibat keringat yang dihasilkan selama beraktifitas.

Gunakan sabun mandi yang mengandung bahan aktif anti bakteri untuk menghilangkan bau ketiak sekaligus mengurangi pertumbuhan bakteri.

2. Konsumsi air putih


Air putih sangat baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan tubuh dan metabolisme. Perbanyak minum air putih dapat membantu menghilangkan bau ketiak sekaligus membuat badan dan wajah terlihat segar dan awet muda. Air putih akan membantu metabolisme tubuh dan kelenjar yang menghasilkan keringat sehingga mudah untuk dikeluarkan.

3. Ramuan alami


Ada beberapa ramuan alami yang cocok digunakan untuk membantu mengurangi bau badan dan ketiak bahkan secara permanen. Beberapa ramua ini terdapat pada bahan-bahan alami yang mudah didapat. Apa saja ramuan tersebut? Dan bagaimana cara menghilangkan bau ketiak dengan ramuan tersebut? Ini dia ramuan tersebut:

a. Daun sirih


Untuk hasil optimal menghilangkan bau ketiak dapat meminum air rebusan daun sirih. Caranya dengan menyiapkan beberapa lembar daun, lalu rebus dengan segelas air. Setelah beberapa menit, saring air dan tunggu hingga dingin, kemudian minum air rebusan dengan menambahkan madu/gula agar lebih nikmat.

b. Cengkih


Air rebusan cengkih dapat pula dinikmati untuk mengusir bau ketiak yang membandel. Caranya dengan mengambil beberapa kuntum cengkih lalu rendam dengan air hingga cengkih terlihat mekar dan minum. Air cengkih cuga dapat dioleskan secara langsung ke bagian ketiak.

c. Kemangi


Daun kemangi dapat dikonsumsi rutin tiap pagi dan sore untuk membantu menghilangkan bau ketiak.

d. Jahe


Jahe yang bersifat panas ternyata ampuh membantu menghilangkan bau ketiak dengan cara meminun air jahe yang hangat secara teratur. Selain dapat diminum, jahe juga bisa digosokkan ke bagian ketiak untuk mengurangi bau badan.

4. Ramuan untuk oles


Untuk obat oles dalam mengusir bau keringat bisa anda manfaatkan ramuan berikut:


a. Baking Soda


Untuk menghilangkan bau ketiak dengan baking soda dapat dilakukan dengan mengoleskan ke ketiak sebelum beraktifitas. Campurkan juga dengan minyak essensial sebagai pengganti deodorant alami.

b. Cuka


Cara menghilangkan bau ketiak dengan Cuka sebagai pengganti deodorant alami, ternyata secara efektif membunuh kuman atau bakteri penyebab bau. Caranya dengan meneteskan cuka pada kapas dan oleskan pada bagian ketik. Untuk hasil maksimal gnakan cuka sehabis mandi secara rutin untuk hasil maksimal

Ketiak dan bau badan umumnya dipicu oleh keringat, sel kulit mati dan bakteri yang berasal dari kelenjar manusia. Untuk cara menghilangkan bau ketiak bisa anda manfaatkan satu atau beberapa tips diatas untuk membuat tubuh anda senantiasa fresh tanpa bau ketak.