9 Tips Diet Sehat Dan Cepat Menurunkan Berat Badan

Tips diet sehat - Terkadang banyak orang yang tidak puas dengan apa yang sudah dimiliki sekarang ini. Seseorang yang memiliki tubuh yang kurus ingin menjadi gemuk, begitu juga sebaliknya seseorang yang memiliki tubuh gemuk ingin sekali menjadi kurus. Hal tersebut memang wajar saja dan baik saja asal semua itu dengan tujuan yang baik yaitu untuk memperoleh berat badan yang ideal.

Tips diet sehat

Diet sehat tidak hanya diperuntukkan bagi mereka yang gemuk atau obesitas, tetapi diet juga diperuntukkan untuk mereka yang memiliki berat badan ideal supaya terjaga kecukupan gizinya. Untuk itu bagi anda yang ingin sehat dengan berat badan yang ideal penting bagi anda menyimak informasi tentang tips diet sehat berikut.

Pentingnya memiliki berat tubuh ideal dengan tips diet sehat


Dengan mempunyai bentuk tubuh yang kurus ideal maka akan terhidar dari berbagai penyakit seperti hipertensi, obesitas dan penyakit lainnya. Sedangkan yang ingin memiliki bentuk tubuh yang berisi supaya bisa lebih percaya diri dengan bentuk dan berat badan yang ideal. Bagi anda yang ingin sekali menutunkan berat badan berikut ada beberapa tips diet sehat yang pastinya tidak akan membikin Anda tersiksa karena seharian harus menahan lapar.

Justru jika Anda hanya makan sekali atau malah tidak mau makan sama sekali dalam sehari maka metabolisme dalam tubuh dapat melambat. Sehingga akan berakibat pada proses pembakaran lemak juga akan melambat sehingga akan beresiko tumpukan lemak dalam tubuh akan lebih besar.

Tips Diet Sehat yang Efektif, Tepat dan Mudah


Hampir semua orang masih keliru dengan mengartikan program diet sehat. Sehingga akibatnya bukan badan yang ideal yang didapatkan, akan tetapi malah penyakit yang datang. Berikut ada beberapa tips diet sehat yang baik dan benar dalam membantu menurunkan berat badan dengan cepat dan mudah.

1. Jangan lupa untuk sarapan


Sarapan pagi memang sangat penting untuk sumber energi yang utama. Jika Anda tidak sarapan pagi, maka akan berakibat untuk makan lebih banyak serta ngemil sembarangan. Jadi karena anda sedang proses diet sehat, anda harus menghindari makanan yang mempunyai kandungan lemak yang tinggi.

Anda dapat mulai tips diet sehat dengan sarapan menggunakan roti gandum panggang bersi satu telur dengan tambahan 1 mangkuk salad. Anda juga dapat menggunakan menu alternatif yang lainnya seperti 100 gram nasi dengan lauk 1 potong ikan dan ditambah sayur satu mangkok.

2. Lebih percepat lagi waktu sarapan pagi


Biasanya, jika Anda sarapan pagi sekitar jam 09.00, akan lebih baik jika mulai sekarang untuk dipercepat menjadi setiap pukul 07.00. Hal ini supaya proses pembakaran energi dapat dimulai lebih cepat lagi.

3. Perbanyak untuk makan


Saat anda sedang melangsingkan program diet, bukan berarti anda tidak makan sama sekali. Akan tetapi anda harus lebih sering makan sekitar 5-6 kali dalam sehari dalam porsi yang kecil. Selain itu untuk makanan yang anda konsumsi tetap harus menu diet sehat dengan lemak yang rendah serta dengan makanan yang mengandung protein tinggi.

4. Mencukupi kebutuhan nutrisi dalam tubuh


Walaupun anda sekarang ini sedang melangsungkan program diet sehat, tapi Anda harus tetap membutuhkan kandungan lemak dan karbohidrat. Akan tetapi, lemak disini yang dipilih yaitu lemak yang baik seperti yang dapat Anda peroleh dari buah alpukat, ikan salmon, minyak zaitun dan lain sebagainya untuk membantu proses transportasi nutrisi untuk disebarkan ke seluruh jaringan dalam tubuh.

Sedangkan untuk makanan yang mengandung karbohidrat, Anda dapat memperolehnya dari makanan yang ber-GI (Glikemik Indeks) rendah yaitu seperti oatmeal, gandum, ubi, dan lainnya yang dapat dijadikan sebagai sumber energi pada saat anda sedang beraktifitas.

5. Konsumsi salad sayuran untuk menu makan siang


Pada saat anda makan siang, Anda dapat mencoba untuk makan salad yang tetap akan membuat Anda terhidrasi. Dengan mengkonsumsi sayuran yang banyak mengandung serat dapat memperlancar pada sistem pencernaan serta dapat membuang racun-racun dalam tubuh lewat kotoran.

6. Tetap makan malam


Pada saat tidur , tubuh tetap membutuhkan protein agar tetap dapat memaksimalkan pertumbuhan. Hal yang paling penting dan wajib Anda kurangi yaitu menu makanan yang berkarbohidrat tinggi. Anda dapat memasak menu makan malam sendiri seperti dari bahan dada ayam yang dipanggang tanpa kulit, masak nasi merah, tumis sayuran dan merebus kentang.

7. Perbanyak untuk minum air putih setiap hari


Perbanyaklah untuk minum air putih minimal 8 sampai 10 gelas setiap hari agar dapat melancarkan proses metabolisme dalam tubuh dan dapat membuat Anda lebih lama merasa kenyang.

8. Konsumsi buah dan sayur


Jika anda saat ini melangsungkan program diet sehat, akan lebih baik jika anda perbanyak untuk mengkonsumsi buah dan sayur yang banyak mengandung serat yang tinggi agar dapat mengurangi resiko penyakit jantung koroner. Dalam sehari, anda harus mengkonsumsi minimal 5 porsi sayur dan buah yang divariasikan setiap hari.

9. Berolahraga


Agar program diet sehat anda dapat memberikan hasil yang maksimal, Anda bisa mengkombinasikan program diet dengan olahraga selama 60 sampai 90 menit dan 3 sampai 4 kali dalam seminggu. Anda dapat melakukan jogging, bersepeda dan jalan kaki agar dapat membakar lemak tubuh.

Beberapa tips diet sehat diatas dapat dicoba untuk anda yang mempunyai berat badan berlebih. Cukup mudah bukan dan sebaiknya segera untuk mencoba program diet mulai sekarang.