0
Tipscaraalami.com - Manfaat sayur kangkung bagi kesehatan - Bagi masyarakat yang tinggal di perdesaan, mungkin jenis sayur ini tidak asing lagi di telinga mereka, yaitu kangkung. Kangkung merupakan jenis tumbuhan sayur yang hidup di sawah, di saluran irigasi, atau dimana saja yang terdapat air. Selain itu, ada juga jenis kangkung darat yang bisa hidup di darat. Bila Anda tinggal di kota dan sulit mencari sayur ini, Anda bisa pergi ke pasar tradisional untuk mendapatkan sayur sehat ini.

Manfaat Sayur Kangkung Bagi Kesehatan Tubuh
Manfaat Sayur Kangkung (c) Wikipedia.org
Anda bisa membudidaya kangkung sendiri di rumah, asalkan dirumah Anda ada kolam air dan lahan yang lembab. Selain itu, sayur yang banyak terdapat di daerah tropis ini bisa di masak dengan berbagai resep kangkung yang enak dan lezat. Bagi Anda yang merupakan penggemar kangkung, Anda wajib tau manfaat sayur kangkung bagi kesehatan seperti dijelaskan di bawah.

Nah, bagi Anda yang belum pernah mengkonsumsi sayur kangkung ini, mulai sekarang Anda patut mencobanya. Karena kandungan kangkung yang kaya akan nutrisi dan vitamin ternyata bermanfaat bagi kesehatan tubuh Anda. Seperti dilansir dari Magforwomen.com, ini 7 manfaat sayur kangkung bagi kesehatan tubuh.

Manfaat Sayur Kangkung

1. Meningkatkan kesehatan tubuh
Dengan rajin mengkonsumsi kangkung akan banyak manfaat sayur kangkung bagi kesehatan yang bisa Anda peroleh, salah satunya adalah meningkatkan kesehatan tubuh. Zat antioksidan yang bernama phyuto yang kaya pada kangkung ternyata dapat menangkal radikal bebas di dalam tubuh Anda. Tak hanya itu, kangkung juga mengandung sejumlah besar vitamin A, C, B kompleks, asam folat, piridoksin, niasin, riboflavin dan pastinya sangat berguna bagi kesehatan tubuh.

2. Kaya akan mineral

Jenis mineral yang banyak terdapat pada kangkung adalah kalsium, mangan, besi, magnesium, tembaga, kalium, dan seng. Kabar baiknya, kesemua mineral tersebut sangat bermanfaat untuk respirasi sel dan meningkatkan produksi sel dalam darah.

3. Menyingkirkan bau mulut
Bagi Anda yang bermasalah dengan bau mulut, Anda bisa mencoba mengkonsumsi kangkung. Kangkung mengandung minyak esensial seperti estragole, cineol, icomene, dan phellandrene. Minyak tersebut mampu membantu Anda untuk mengurangi bau mulut yang diakibatkan karena mikroba di dalam mulut.

4. Mengontrol jumlah trombosit
Selain itu, manfaat sayur kangkung lainnya adalah dapat mengontrol jumlah trombosit. Sebuah penelitian membuktikan bahwa kangkung mengandung zat kimia tertentu yang baik untuk mengontrol jumlah trombosit di dalam darah. Zat ini juga berfungsi untuk mencegah pembekuan darah di pembuluh darah jantung dan otak.

5. Mengurangi stres dan gula darah
Selain untuk mengontrol jumlah trombosit di dalam darah, kangkung juga bermanfaat meredakan stres dan menurunkan kadar glukosa di dalam darah. Selain itu, bagi Anda yang menderita penyakit diabetes, kangkung adalah obat alami mengatasi diabetes.

6. Mengobati sakit gigi
Sakit gigi adalah suatu hal yang sangat menyiksa di dunia ini. Bila sakit gigi menyerang Anda, pasti akan sangat mengganggu aktivitas Anda, dan Anda akan menghindar dari kebisingan. Nah, cara alami mengobati sakit gigi bisa dilakukan dengan mengunyah daun kangkung. Penyebab daun kangkung bisa meredakan sakit gigi adalah minyak esensial di dalamnya yaitu eugenol bermanfaat sebagai zat antiseptik dan anestesi gigi.

7. Meningkatkan nafsu makan
Bagi Anda yang tidak doyan makan dan menghilang nafsu makan, coba konsumsi sayur kangkung. Kangkung mampu meningkatkan nafsu makan seseorang. Oleh karena itu sayuran ini baik dikonsumsi mereka yang tidak doyan makan. Kangkung juga dikenal sebagai obat dispepsia (mengobati gangguan pencernaan), perut kembung, dan insomnia.

Itulah manfaat sayur kangkung dan khasiat sayur kangkung bagi kesehatan. Jangan lupa masukkan daun kangkung ke dalam daftar belanjaan Anda. Semoga bermanfaat!
loading...
loading...
 
Top