0
Tipscaraalami.com - Pengertian tato adalah gambar atau lukisan yang digambar di kulit atau di tubuh manusia. Cara membuat tato adalah dengan cara memasukkan suatu tinta atau pigmen khusus ke dalam kulit dengan menggunakan jarum khusus. Tato ada yang dibuat permanen dan ada yang hanya sementara saja bertahan di kulit. Sejarah tato ternyata sudah digunakan sejak 3000 tahun sebelum masehi, dan pertama sekali di temukan pada sebuah mumi di Mesir. Dari situ, tato kemudian tersebar ke seluruh penjuru dunia, bahkan sampai ke suku Dayak di Kalimantan Indonesia.


bahaya tato
Bahaya Tato (c) Flickr.com
Di era sekarang ini, di berbagai negara maju, tato tidak lagi identik dengan penjahat atau preman. Tato sekarang sudah menyebar pada semua lapisan masyarakat, baik selebritis, pemain bola, kaum wanita, bahkan para remaja dan anak-anak pun sudah membuat tato di tubuh mereka.

Tapi berbeda di kawasan Asia, khususnya umat Islam. Tato selain menahan rasa sakit saat jarum tato menyentuh kulit, tato banyak mengundang kontroversi, seperti agama Islam yang sangat melarang tato. Hukum bertato di agama islam adalah sangat dilarang dan diharamkan.

Bagi Anda yang berminat membuat tato, lebih baik pertimbangkan kembali. Karena tato selain dicap tidak bagus oleh masyarakat di Indonesia dan agama, ternyata membuat tato di kulit sangat beresiko bagi kesehatan tubuh dan kulit manusia. Seperti dilansir dari Boldsky.com, ini bahaya tato bagi kesehatan.


Bahaya Tato Bagi Kesehatan

1. Alergi
Bagi Anda yang memiliki kulit sensitif atau alergi kulit, lebih baik jangan mentato kulit, efek tato dan bahaya tato bagi Anda adalah karena kulit yang sensitif rentan untuk mendapatkan ruam karena tinta yang digunakan untuk membuat tato.

2. Infeksi
Hal buruk yang kedua yang akan Anda peroleh pada saat membuat tato adalah infeksi. Infeksi dapat saja terjadi bila tempat pembuatan tato tidak memperhatikan kebersihannya.

3. Penyakit hepatitis
Selain infeksi, bahaya tato lainnya adalah Anda akan dihantui penyakit hepatitis. Hepatitis merupakan salah satu penyakit yang bisa Anda dapatkan ketika tato yang dibuat menggunakan jarum bekas. Nah, selain penyakit hepatitis, Anda juga dapat tertular HIV AIDS.

4. Perawatan kulit setelah tato
Banyak dari mereka yang setelah membuat tato malas merawatnya. Bila Anda malas merawat tato setelah membuatnya, kulit Anda gampang mengembangkan berbagai macam infeksi, dan akan berpengaruh juga bagi kesehatan tubuh Anda.

5. Donor darah
Selain itu, jika Anda adalah yang suka mendonorkan darah, lebih baik pertimbangkan kembali untuk membuat tato di kulit, karena orang yang bertato tidak bisa mendonorkan darahnya.

Itulah beberapa sebab dan hal yang sebaiknya Anda pertimbangkan sebelum membuat tato di tubuh. Nah, setelah mengetahui bahaya tato di atas, apakah Anda akan tetap membuat tato? Semua keputusan ada di tangan Anda, semoga bermanfaat!
loading...
loading...
 
Top