0
Tipscaraalami.com - Manfaat bengkoang - Buah bengkoang atau bengkuang (Pachyrhizus erosus) dengan dagingnya yang berwarna putih bisa di konsumsi sebagai campuran rujak, asinan, atau di jadikan sebagai masker untuk menyegarkan kulit wajah serta untuk memutihkan kulit. Buah yang berasal dari Amerika ini termasuk dalam suku polong-polongan atau Fabaceae. Tempat asal tumbuhan ini biasa dikenal sebagai xicama atau jicama. Kebanyakan orang jawa menyebutnya dengan nama besusu (basusu). Tinggi tumbuhan bengkoang dapat mencapai 4 sampai dengan 5 meter, akarnya dapat mencapai 2 meter, dan mempunyai batang yang menjalar dan membelit.


manfaat bengkoang
Manfaat bengkoang (c) tribunnews.com
Bengkoang membentuk umbi akar (cormus) biasannya berbentuk bulat, serta mempunyai berat mencapai 5 kg. Kulit umbinya tipis berwarna pucat dan bagian dalam umbi memiliki warna putih disertai cairan agak manis. Umbi ini memiliki kandungan gula, pati, fosfor dan kalsium. Umbi ini juga memiliki rasa dingin karena terdapat kandungan kadar air 86-90% air. Efek rasa manis yang di timbulkan yaitu dari oligosakarida yang terkenal dengan sebutan inulin ( bukan insulin ), yaitu tidak bisa di cerna oleh tubuh manusia oleh karena itu senyawa ini sangat berguna untuk penderita diabetes atau orang yang sedang melakukan diet rendah kalori.

Seperti dilansir dari berbagai sumber, berikut manfaat bengkoang dan khasiat bengkoang untuk kesehatan dan kecantikan tubuh.


Manfaat Bengkoang

1. Memilikin kandungan vitamin C yang dapat menekan pertumbuhan sariawan dan sebagai antioksidan yang sangat bermanfaat bagi tubuh kita. Buah bengkoang ini juga baik di konsumsi oleh penderita kolesterol, karena buah ini membantu menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh.

2. Bagi penderita maag, sebaikanya juga mengkonsumsi buah ini. Karena buah bengkoang mengandung senyawa alkali yang memiliki peran yaitu aktif dalam menstabilkan kadar asam lambung. Jika memanfaatkan buah ini untuk pengobatan, sebaiknya buah ini di racik tanpa campuran zat lainnya agar kandungan nutrisi dapat bermanfaat dengan maksimal.

3. Rasa manis yang ada dalam buah bengkoang ini dirasa tidak berbahaya bagi penderita diabetes, karena rasa manis ini berasal dari inulin, bukan insulin. Inulin tidak dapat di cerna oleh tubuh dan tidak menimbulkan potensi meningkatkan kadar gula dalam darah. Sehingga gula darah akan tetap stabil.

4. Bengkoang juga mengandung fosfor yang tinggi kalsium. Manfaat dari kalsium itu sendiri yaitu menjaga kesehatan gigi.

5. Dengan mengkonsumsi buah bengkoang dengan teratur dapat mencegah penuaan dini karena pada buah ini mengandung banyak fitoesterogen yang berguna untuk mengurangi dampak manopouse pada wanita.

6. Manfaat bengkoang untuk wajah. Bengkoang dapat di gunakan untuk menjaga kecantikan yaitu sebagai masker wajah, karena bengkoang membantu menghilangkan flek dan noda hitam yang terdapat pada wajah.

Nutrisi penting dalam buah bengkoang yaitu mengandung beberapa vitamin yang sangat penting bagi tubuh, antara lain : thiamin, piridoksin, folat, riboflavin dan asam pantonetat. Selain vitamin buah ini juga mengandung zat mineral berupa mangan, zat besi, tembaga dan magnesium. Manfaat bengkoang ini terkenal sebagai bahan alami untuk menghilangkan noda hitam bekas jerawat.

Nilai gizi buah bengkoang untuk per 100g - % RDA buah bengkoang memiliki beberapa kandungan nutria yaitu :

Energi 38 Kcal 2% elektrolit

Karbohidrat 8,82 g 7% sodium 4 mg

Protein 0,72 g 1% Kalium 150 mg 3%

Total lemah 0,19 g < 1 % Mineral

Kolesterol 0 mg 0 % Kalsium 12 mg 1%

Dian serat 4,9 g 13% Tembaga 0,048mg 5%

Vitamin Besi 0,60 mg 7%

Folat 12 mg 3% Magnesium 12 mg 3%

Niacin 0.200 mg 15%

Asam pantotenat 0,135 mg 3% Mangan 0,60 mg 3%

Pyridoxine 0,042 mg 3% Seng 0,16 mg 1%

Riboflavin 0,029 mg 2%

Vitamin A 21 IU 1%

Vitamin C 20.2 mg 34%

Vitamin E 0,46 mg 3%

Vitamin K 0,3 mg <1%

Cara memilih dan memnyimpan buah bengkoang
Dalam memilih bengkoang yang baik, pilihlah buah yang terlihat segar, dan tidak terdapat luka-luka ataupun bercak-bercak yang dapat menyebabkan kebusukan. Hindari memilih bangkoang yang keriput, retak. Sebaiknya dalam menyimpan buah ini di simpan di tempat yang sejuk, gelap, dan kering kira-kira selama 3-4 minggu. Suhunyapun juga harus di perhatikan, yaitu di bawah 10° C. Di Indonesia biasannya buah bengkoang ini di jadikan sebagai menu pelengkapa rujak, karena buah ini mengandung banyak air yang membuat efek segar di mulut ketika di makan.

Keamanan buah bengkoang
Perlu Anda ketahui bahwa tanaman bengkoang mengandung racun organik yang dapat larut di dalam lemak, racun tersebut bernama retenone. Racun ini paling banyak terdapat pada batang, buah dan pucuk buah bengkoang, namun kandungan racun yang rendah terdapat pada akarnya. Racun yang bernama retonone ini kerjanya menghambat beberapa enzim metabolism selular seperti dehydrogenase NADH di dalam mitokondria. Cara yang baik untuk menghindari racun ini yaitu mengkonsumsi bengkoang dengan cara di cuci dan di kupas lebih dahulu buah ini sebelum di konsumsi. Keguanaan racun ini biasannya digunakan untuk racun ikan dan untuk pestisida.

Itulah beberapa manfaat bengkoang, khasiat bengkoang, dan kandungan bengkoang yang bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan tubuh. Selain manfaat bengkoang, baca juga manfaat buah nangka bagi kesehatan. Semoga bermanfaat!
loading...
loading...
 
Top