5 Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Tipscaraalami.com - Manfaat jeruk nipis - Buah yang rata-rata berwarna kuning bila sudah tua ini telah menjadi buah yang sangat digemari. Rasanya manis dan asam mampu memikat orang-orang untuk mengkonsumsi buah tersebut. Sekarang, telah ditemukan lebih dari 1000 jenis jeruk. Dari sekian banyak jenis tersebut, ada satu jeruk yang sangat memiliki banyak manfaat bagi manusia. Jeruk nipis, jeruk jenis ini mempunyai banyak manfaat terutama bagi kesehatan dan kecantikan.


manfaat jeruk nipis
Manfaat jeruk nipis (c) pixabay.com/Johanna84
Manfaat jeruk nipis untuk kesehatan manusia, jeruk nipis merupakan buah yang sering digunakan dalam beberapa resep ramuan tradisional untuk berbagai penyakit. Ramuan yang berasal dari jeruk nipis ini dipercaya mampu mengobati radang tenggorokan, masalah dalam buang air kecil, amandel, batuk, sembelit dan masih banyak lagi kegunaannya. Dewasa ini, jeruk nipis juga sering digunakan bahan utama produk-produk kecantikan.

Dunia kesehatan telah membuktikan bahwa buah jeruk kaya akan vitamin dan mineral yang sangat baik bagi kesehatan tubuh manusia. Kandungan yang terdapat dari 100 g jeruk nipis memiliki kalori sebesar 51 kal, 0,9g kandungan protein nabati, 0,2g lemak, 11,4 g karbohidrat, 0,5 g mineral, 33 mg kalsium, 23 mg fosfor 0,4 mg besi dan 49 mg asam askorbat.

Berikut ini adalah beberapa manfaat jeruk nipis  dan khasiat jeruk nipis bagi kesehatan dan kecantikan tubuh.


Manfaat Jeruk Nipis

1. Menghilangkan jerawat
Manfaat jeruk nipis untuk wajah adalah dapat menghilangkan jerawat. Jeruk nipis sangat berguna untuk mengatasi masalah jerawat. Caranya sederhana yaitu dengan mencampurkan perasan jeruk nipis dengan air dingin lalu minumlah satu hari satu kali. Anda juga bisa menggunakan jeruk nipis untuk menghilangan jerawat di wajah. Caranya adalah dengan meneteskan perasan jeruk nipis di atas kapas, setelah itu oleskan secara merata ke wajah Anda. Diamkan dahulu selama 10 hingga 15 menit, kemudian bilas wajah Anda dengan air dingin.

2. Manfaat jeruk nipis merawat kulit wajah
Sama dengan menghilangkan jerawat, cara merawat wajah dengan jeruk nipis adalah mengoleskan air perasan jeruk nipis tadi di wajah Anda, dan diamkan dahulu selama kurang lebih 15 menit. Setelah 15 menit, bilas wajah Anda dengan air sampai benar-benar bersih. Metode ini membuat kulit wajah Anda menjadi lebih bersih, halus, putih, serta mampu mengecilkan pori-pori sehingga mencegah kotoran yang masuk untuk mengurangi resiko timbulnya jerawat.

Selain itu, Anda dapat membuat kulit Anda menjadi kenyal dan bersih. Caranya adalah dengan mencampurkan jeruk nipis dengan putih telur lalu oleskan secara merata di wajah Anda. Setelah olesan campuran jeruk nipis dan putih telur tadi mengering, segera bilas dengan air hangat sampai benar-benar bersih.

3. Memutihkan kulit wajah
Manfaat jeruk nipis untuk kecantikan lainnya adalah dapat memutihkan kulit wajah. Jika mencampurkan jeruk nipis dan kunyit, Anda dapat memutihkan kulit wajah Anda. Ramuan ini memang sudah biasa digunakan untuk memutihkan kulit wajah. Sebelumnya, Anda harus menyiapkan 1 sdm bubuk kunyit, 1sdm susu bubuk dan 100 ml qir perasaan jeruk nipis sebagai bahan ramuan. Caranya adalah dengan mencampurkan semua bahan tersebut lalu oleskan pada wajah secara merata sampai ke leher. Biarkan kering dahulu, kurang lebih selama 20 menit. Setelah kering, basuh muka Anda dengan air hangat dan di akhiri dengan membilasnya menggunakan air dingin hingga bersih.

4. Merawat kesehatan rambut
Manfaat jeruk nipis untuk rambut akan membuat rambut Anda sehat. Selain untuk merawat wajah, jeruk nipis dapat Anda gunakan untuk merawat kesehatan rambut sekaligus berguna untuk mengatasi beberapa masalah rambut seperti ketombe, kepala berminyak, rambut rontok, dan rambut yang sulit diatur. Caranya pun cukup mudah, dengan hanya membasuh rambut Anda dengan campuran air hangat yang telah diberi air perasan jeruk nipis. diamkan dahulu, lalu kemudian bilas dengan air dingin sampai bersih. Setelah itu, dianjurkan untuk memakai shampo.

5. Menghilangkan bau badan
Bau badan menjadi momok bagi orang-orang pada umumnya terutama wanita dan anak muda. Tetapi jangan khawatir, si jeruk nipis ini pun mampu mengatasi masalah bau badan yang tidak sedap. Pertama-tama, potong satu buah jeruk nipis menjadi dua bagian yang sama besar. Lalu, pada bagian dalam jeruk nipis tersebut olesi dengan kapur sirih. Terakhir oleskan jeruk nipis yang telah diberi kapur sirih tersebut pada ketiak Anda setelah selesai mandi dan jangan lupa untuk membilasnya dengan air sampai bersih setelah didiamkan selama 5 menit.

Itulah beberapa manfaat jeruk nipis untuk kesehatan dan kecantikan. Nah, selain manfaat jeruk nipis untuk kesehatan dan kecantikan, Anda patut juga mengetahui manfaat jeruk perut untuk kesehatan tubuh. Semoga bermanfaat!