8 Penyebab Bau Mulut Tak Sedap

Tipscaraalami.com - Penyebab bau mulut - Mulut merupakan rongga yang berbentuk oval yang berada di dalam tengkorak. Mulut juga di sebut sebagai rongga mulut. Mulut mempunyai dua fungsi utama yaitu untuk makan dan untuk berbicara. Fungsi mulut untuk makan yaitu untuk mengunyah makanan, untuk makan, menelan, asupan cairan, rasa, pencernaan kimia dan sensorik untuk makan. Perlu Anda ketahui bahwa bagian-bagian mulut yaitu seperti bibir, gusi, gigi, langit-langit keras atau halus, vestibulum, rongga mulut, kelenjar ludah serta lidah. Fungsi mulut untuk berbicara yaitu di gunakan untuk berbicara, berkomunikasi dengan teman atau relasinya.

Berbicara atau yang sering kita kenal dengan istilah ngobrol adalah kebiasaan kita terutama kaum hawa yang suka ngobrol atau berbicara dengan teman atau orang di sekitarnya. Sudah Anda yakinkah bahwa dengan Anda sering berbicara dengan teman Anda, Anda tidak mempunyai bau mulut ? Bau mulut dapat menyebabkan Anda malu ketika sedang berbicara dengan orang yang sedang Anda ajak bicara. Hal ini dapat menyebabkan Anda dijauhi oleh orang-orang sekitar. Karena banyak orang beranggapan bahwa penyebab bau mulut adalah gigi berlubang, plak, dan infeksi gigi. Padahal banyak sekali penyebab bau mulut lainnya yang belum anda ketahui.


penyebab bau mulut dan cara mengatasinya
Penyebab bau mulut (c) pixabay.com/khfalk
Bau mulut atau bahasa medisnya yaitu Halitosis adalah bau napas yang tidak enak. Halitosis ini bisa terjadi karena adanya pemecahan partikel makanan, darah atau sel-sel di dalam rongga mulut yang oleh bakteri.

Untuk mengetes apakah Anda mempunyai bau mulut atau tidak, pastikan dengan cara berikut:

1). Jilat sedikit di belakang tangan, tunggu sebentar dan cium baunya.
2). Tutup mulut dan hidung dengan kedua tangan, lalu hembuskan nafas dan cium baunya.
3). Tarik pipi keluar gigi dan dorong kembali kedalam gigi, ulangi dalam beberapa kali dengan cepat dan mengendus dalam waktu yang sama. Jika bau yang di keluarkan bau, berarti mulut Anda memang bau.
4). Tutupkan gelas dan mulut pada hidung, lalu hembuskan napas kedalam gelas dan posisikan gelas masih di mulut dan dihidung. Hembuskan napas dan rasakan bau mulut Anda, apakah bau atau tidak. 5). Tempelkan jari Anda ke dalam lidah Anda, tempelkan di bagian paling belakang. Lalu diamkan jari Anda beberapa detik, dan cium aromanya.

Dibawah ini adalah beberapa faktor penyebab bau mulut, yaitu:


Penyebab Bau Mulut

1. Makanan
Makanan adalah salah satu faktor penyebab bau mulut yang paling umum. Perlu Anda waspadai bahwa makanan seperti bawang merah, bawang putih, makanan rempah-rempah, makanan pedas, ikan, serta minuman seperti kopi dapat meninggalkan bau yang tahan lama di dalam mulut.

2. Tidak sarapan pagi
Bau mulut tidak sarapan pagi itu di karenakan adanya bakteri di dalam mulut. Jadi usahakanlah sarapan pagi terlebih dahulu, sebab dengan sarapan pagi akan memicu produksi air liur. Peran air liur disisni yaitu akan membunuh bakteri yang ada di mulut.

3. Tembakau
Mengunyah tembakau atau merokok dapat menyebabkan mulut menjadi bau. Jadi kurangi atau berhenti kebiasaan merokok Anda.

4. Tidak merawat gigi
Penyebab bau mulut lainnya adalah tidak merawat gigi. Merawat gigi itu penting. Rawatlah gigi Anda dengan menggosok gigi minimal sehari 2 kali. karena apabila tidak menggosok gigi secara teratur, sisa-sisa makanan yang menempel pada gigi dapat mengalami pembusukan dan akan mengakibatkan mulut menjadi bau. Oleh karena itu rajin-rajinlah untuk menggosok gigi.

5. Masalah kesehatan
Masalah kesehatan juga dapat menyebabkan bau mulut. Antara lain yaitu batuk bronchitis, sariawan, amandel dan gangguan tenggorokkan.

6. Mulut kering
Selain masalah kesehatan, penyebab bau mulut selanjutnya adalah mulut yang kering. Mulut kering dapat mengakibatkan bau mulut. Seperti yang sudah jelaskan diatas, air liur dapat membunuh bakteri. Jadi usahakan jangan sampai mulut Anda kering supaya tidak bau mulut. Ada beberapa faktor penyebab mulut kering, antara lain yaitu obat-obatan atau gangguan jaringan ikat.

7. Obat-obatan
Ada beberapa jenis obat-obatan yang dapat mengakibatkan mulut menjadi bau, antara lain yaitu deuretik dan suntikan insulin.

8. Apnea tidur
Orang yang menderita apnea tidur biasanya sukar bernafas melalui hidung, sehingga ia harus bernapas melalui mulut. Dengan bernapas melalui mulut akan menyebabkan mulut kering dan akan memicu bau mulut.

Itulah beberapa penyebab bau mulut tak sedap yang mesti Anda hindari. Nah, selain penyebab bau mulut, ketahui juga cara menghilangkan bau mulut secara alami. Semoga bermanfaat!