10 Cara Menghilangkan Bau Mulut Secara Alami

Tipscaraalami.com - Cara menghilangkan bau mulut - Secantik atau setampan apapun sesorang pasti akan kehilangan daya tarik dirinya jika memiliki aroma bau mulut yang tidak sedap. Sebenarnya ada beberapa cara untuk mengetes aroma bau mulut. Yaitu dengan cara memasukkan salah satu jari Anda kemulut Anda, lalu tekan pada lidah dan diamkan air liur yang menempel pada jari Anda kering, dan lalu cium bau jari Anda.

Mulut merupakan salah satu alat indera yang digunakan untuk berbicara. Dalam melakukan komunikasi dengan teman pasti kita akan melakukan pembicaraan. Ketika berbicara, apakah Anda sudah pastikan bahwa Anda tidak sedang dalam bau mulut? jika mulut Anda bau tentu saja akan mengganggu lawan bicara Anda dan mungkin akan menjauhi Anda. Bau mulut disebabkan oleh beberapa jenis makanan dan bakteri pada mulut.


cara menghilangkan bau mulut secara alami
Cara menghilangkan bau mulut (c) dokita.co
Nah, seperti dilansir dari berbagai sumber, berikut cara menghilangkan bau mulut secara alami yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah.


Cara Menghilangkan Bau Mulut

1. Menjaga kebersihan mulut
Cara menghilangkan bau mulut secara alami yang pertama adalah menjaga kebersihan mulut. Menjaga kebersihan mulut yaitu dengan rutin menggosok gigi. Karena dengan menggosok gigi secara rutin akan meminimalisir berkembangnya bakteri penyebab bau mulut.

2. Kurangi dan hindari makanan yang berbau tidak sedap
Hindari makanan seperti jengkol, pete, kopi, alcohol, bawang dan terasi, karena makanan tersebut adalah penyebab bau mulut. Jadi waspadalah ketika Anda baru saja memakan makanan tersebut.

3. Berhenti merokok
Meroko menyebabkan aroma pada mulut Anda bau rokok, karena paru-paru anda sudah terkena oleh asap rokok.

4. Perbanyak mengkonsumsi buah-buahan
Selain berhenti merokok, cara menghilangkan bau mulut lainnya adalah perbanyak makan buah. Konsumsi buah yang banyak mengandung vitamin C, buah jeruk misalnya, karena buah jeruk mencegah penyakit sariawan yang dapat menyebabkan bau mulut.

5. Sarapan pagi
Sebelum melakukan aktivitas pada pagi hari atau keluar rumah pastikan Anda sarapan pagi terlebih dahulu, karena dengan sarapan maka produksi air liur akan meningkat. Fungsi air liur ini dapat membunuh kuman penyakit penyebab bau mulut.

6. Mengunyah permen karet
Dengan mengunyah permen karet akan merangsang produksi air liur. Seperti yang sudah di jelaskan, air liur dapat membunuh berbagai bakteri di dalam mulut secara alami.

7. Dengan cara alami
Cara menghilangkan bau mulut secara alami berikutnya. Berkumurlah dengan air rebusan daun sirih, karena daun sirih merupakan antibiotic yang dapat membunuh kuman dan bakteri pada mulut. Atau mengunyah cengkeh selesai makan agar mulut Anda lebih segar dan wangi.

8. Minum teh
The mnegandung antioksidan yang di sebut polifenol yang mampu membunuh kuman bakteri pada mulut. Tetapi hati-hati mengkonsumsi teh secara berlebihan akan menyebabkan gigi menguning.

9. Mengkonsumsi yoghurt
Yoghurt mempunyai manfaat mengurangi bau hydrogen sulfide di dalam mulut, selain itu yoghurt juga dapat menambah bakteri baik di dalam mulut dan juga dapat mengurangi jumlah karang dan plak pada gigi. Sebaiknya konsumsi yoghurt yang tidak mengandung gula.

10. Air putih
Air putih salah satu minuman yang menyehatkan yang membantu menghilangkan bau mulut, bakteri akan terbawa oleh air putih dan dapat memicu produksi air liur di dalam mulut yang bekerja sebagai salah satu zat pembersih di dalam mulut.

Nah itulah beberapa cara menghilangkan bau mulut secara alami. Lakukan dan hindari hal di atas supaya masalah bau mulut Anda cepat teratasi. Selain cara menghilangkan bau mulut secara alami, Anda harus tau juga penyebab bau mulut. Semoga bermanfaat!