0
Tipscaraalami.com - Manfaat kacang kedelai - Kedelai, atau kacang kedelai, adalah salah satu tanaman polong-polongan yang menjadi bahan dasar banyak makanan dari Asia Timur. Berdasarkan riset yang dilakukan badan arkeologi, tanaman kacang kedelai ini dibudidayakan sejak 3500 tahun yang lalu di Asia Timur. Penghasil kedelai utama dunia adalah Amerika Serikat meskipun kedelai praktis baru dibudidayakan masyarakat di luar Asia setelah 1910. Kacang kedelai memiliki nama latin glycine max dan termasuk dalam keluarga Leguminosae atau kacang-kacangan. Selain dijadikan camilan, kedelai biasa diolah menjadi bahan makanan lain seperti tempe, susu kedelai, tahu, taoge, tauco, oncom, kecap, dan sebagainya.

Tidak banyak yang tahu, bahwa selain enak dan ekonomis, kedelai juga mengandung gizi yang cukup banyak bagi kesehatan. Selain protein yang menjadi kandungan utama, kedelai juga mengandung vitamin A, B kompleks, dan E, serta kalsium, fosfor, magnesium, dan zat besi, Kedelai juga mempunyai kandungan protein nabati dan minyak nabati yang sangat melimpah.
manfaat kacang kedelai
Manfaat kacang kedelai (c) pixabay.com/Ying
Kedelai di budidayakan di lahan sawah maupun lahan kering (ladang). Penanamannya di lakukan pada akhir musim penghujan, dan setelah panen padi. Pengerjaan tanah biasannya minimal Biji di masukkan langsung pada lubang - lubang yang di buat. Biasannya pada lubang – lubang tersebut di beri jarak 20 - 30cm. Pemupukan dasar nitrogen serta fosfat juga diperlukan, namun setelah tanamannya tumbuh penambahan nitrogen tidak memberikan keuntungan apapun. Lahan yang belum pernah di tanami kedelai dianjurkan diberi “starter” bakteri pengikat nitrogen Bradyrhizodium japonicum untuk membantu pertumbuhan tanaman. Pertumbuhan tanah di lakukan pada saat tanaman remaja (fase vegetative awal), sekaligus sebagai pembersih dari gulma dan pemupukan fosfat tahap kedua. Menjelang berbunga, pemupukan kalium juga dianjurkan walaupun banyak petani yang mengabaikannya untuk menghemat biaya.

Salah satu manfaat kacang kedelai adalah untuk meremajakan kulit. hal ini di karenakan kacang kedelai mengandung antioksidan yang membantu kulit mengangkat sel kulit mati serta mencegah radikal bebas. Selain itu, kacang kedelai dapat membuat Anda awet muda. Setelah mengulas tentang beberapa manfaat kacang kedelai, berikut ini akan dijelaskan beberapa manfaat kacang kedelai lainnya yang mungkin belum Anda ketahui.


Manfaat Kacang Kedelai

1. Diet sehat
Manfaat kacang kedelai untuk kecantikan yang pertama yaitu bagus bagi Anda yang menginginkan diet dengan cara sehat. Ada baiknya Anda mengkonsumsi olahan yang berbahan dasar kacang kedelai. karena kacang kedelai tidak mengandung lemak jahat melainkan jenis lemak nabati yaitu lemak yang tidak menyebabkan kenaikan berat badan tubuh Anda.

2. Untuk penderita diabetes
Kacang kedelai sangat direkomendasikan bagi para penderita diabetes, sebab kacang kedelai mampu mengurangi jumlah gula darah dalam tubuh. bagi Anda penderita penyakit diabetes, Anda dapat mengkonsumsi jenis kacang kedelai dan tentunya tanpa pemanis berlebihan yang dapat menyebabkan jumlah gula dalam darah meningkat.

3. Mencegah osteoporosis
Selain bagus untuk penderita diabetes, manfaat kacang kedelai selanjutnya adalah dapat mencegah penyakit tulang. Di dalam kacang kedelai terkandung vitamin A, vitamin B serta vitamin C yang sangat bagus bagi pertumbuhan Anda. Oleh karena itu, dengan mengkonsumsi kacang kedelai Anda mampu menyehatkan tulang anda bahkan mampu mencegah keroposnya tulang Anda sejak dini.

4. Meremajakan kulit
Manfaat kacang kedelai untuk kecantikan selain untuk diet adalah untuk kulit. Telah dijelaskan di atas bahwa salah satu fungsi dari kacang kedelai adalah untuk meremajakan kulit. Kacang kedelai bekerja dengan mengangkat sel - sel kulit mati dan akan tergantikan dengan kulit baru. Sehingga kulit Anda akan terlihat kencang dan sehat seperti yang telah diungkapkan oleh ahli - ahli gizi yang menjelaskan khasiat tentang kacang kedelai.

5. Mencegah kanker
Bagi penderita kanker, mengkonsumsi kacang kedelai sangat dianjurkan. Sebab, di dalam kacang kedelai terdapat kandungan antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas penyebab kanker dan memiliki zat isoflavon yang baik untuk pertahanan tubuh.

6. Menurunkan kadar kolesterol
untuk menurunkan kadar kolesterol, Anda bisa rutin menkonsumsi kacang kedelai dalam menu makan Anda. kandungan vitamin E, protein dan iso flavon memberikan pengaruh besar dalam menurunkan jumlah kolesterol. Meskipun kedelai hanya sejenis kacang - kacangan yang bentuknya pun sangat kecil, namun kacang ini memiliki kemampuan besar untuk menyehatkan tubuh. khususnya menurunkan kadar kolesterol tubuh.

7. Mencegah darah rendah
Untuk penderita tekanan darah rendah atau anemia, mengkonsumsi kacang kedelai dapat membantu menormalkan tekanan darah Anda. hal ini di karenakan dalam kedelai terdapat vitamin B16 yang mampu mencegah tekanan darah rendah.

Kandungan gizi yang terdapat dalam 100 gram kacang kedelai:

· energi 286 kal

· protein 30,2 g

· lemak 15,6 g

· karbohidrat 30,1 g

· serat 4,9 g

· kalsium 196 mg

· fosfor (506)mg

· zat besi 6,9 mg

· vitamin A 95 IU

· Vitambin B1 0,93 mg

· Air 20 g

Catatan : kedelai yang mengandung purin sedang, (50 - 100) mg hendaknya di konsumsi dalam porsi yang secukupnya saja karena dapat mengakibatkan asam urat.

Itulah beberapa manfaat kacang kedelai. Dengan mengetahui beberapa manfaat kacang kedelai untuk kesehatan dan juga kecantikan di atas, semoga Anda lebih rajin mengkonsumsinya lagi supaya Anda bisa mendapatkan kesemua khasiat kacang kedelai di atas. Nah, selain manfaat kacang kedelai baca juga artikel menarik lainnya, seperti manfaat jus wortel. Semoga bermanfaat!
loading...
loading...
 
Top