0
Tipscaraalami.com - Obat herbal diabetes - Diabetes yakni penyakit yang diakibatkan oleh tingginya kadar gula dalam darah. Diabetes atau yang biasanya kita sebut kencing manis atau penyakit gula darah ini adalah salah satu jenis penyakit kronis yang mempunyai tanda awal berupa meningkatnya kadar gula di dalam darah. Kondisi ini karena adanya gangguan sistem metabolisme di dalam tubuh.

Untuk menjaga kesehatan dan terhindar dari diabetes, sebaiknya kontrol konsumsi gula. Diabetes disebabkan karena kurangnya insulin pada tubuh. Zat insulin merupakan zat yang dihasilkan pankreas untuk mengolah zat gula darah atau glukosa, sehingga dapat membentuk energi. Sedangkan Hiperglikemia adalah penumpukan glukosa yang terjadi di dalam darah. Kenali penyakit diabetes Anda sejak dini dengan memeriksakan gula darah Anda. Apabila hasilnya menunjukan lebih dari 200, dipastikan Anda mengidap diabetes.

Beberapa gejala umum penderita diabetes yaitu sering buang air kecil, merasa sering haus dan lapar, serta badan lemas dan sering ngantuk. Pada anak yang menderita diabetes biasanya gejala awalnya mengalami flu yang berkepanjangan. Hal ini terkadang disalah artikan. Mereka mengira anak mereka mengalami flu biasa. Gejala pada anak dengan diabetes tipe 1 sebagai berikut:
Ilustrasi (c) Pixabay.com/jaytaix

Gejala Diabetes Pada Anak

  1. Sering buang air kecil. Hal ini terjadi karena ginjal bekerja membersihkan glukosa yang berlebihan dalam sirkulasi darah. Karena Anak lebih sering buang air kecil dan dalam jumlah yang besar, mereka sering mengompol.
  2. Merasa haus atau minum yang terlalu banyak . Karena cairan yang dikeluarkan terlalu banyak oleh si anak menyebabkan anak mudah haus.
  3. Menurunnya berat badan. Diabetes menyebabkan tubuh tidak dapat memproses glukosa dengan baik, jadi meskipun nafsu makan anak normal tetapi berat badannya sulit naik.
  4. Mudah merasa lelah. Anak tampak kelelahan karena tubuhnya tidak mampu memproses glukosa untuk energi dengan baik. 
Gejala Diabetes tipe 2 umumnya dapat terjadi pada usia remaja dan orang dewasa. Berikut gejalanya:

Gejala Diabetes Pada Orang Dewasa

1. Berat badan turun secara dratis
Bagi penderita diabetes, jangan merasa senang apabila berat badan Anda turun dengan cepat, hal ini bukan diakibatkan karena diet Anda yang sukses, namun lebih disebabkan karena pankreas mulai rusak. Pankreas berfungsi memproduksi insulin yang digunakan mengolah glukosa menjadi energi.

Apabila pankreas pada penderita diabetes tidak mampu mengolah gula menjadi energi, maka terjadi resistensi insulin. Pada kondisi ini membuat tubuh mencari sumber energi alternatif dengan membakar cadangan lemak dalam tubuh. Apabila cadangan lemak sudah habis, maka sasaran selanjutnya adalah otot. Akibatnya bobot tubuh akan terus menerus menyusut.

2. Kesemutan
Gejala ini terjadi dikarenakan pembuluh darah yang rusak. Maka darah yang mengalir di ujung–ujung saraf akan berkurang.

3. Luka akan sulit sembuh
Karena diabetes maka penderita diabetes tidak dapat merasakan sakit jika mengalami luka. Mereka bahkan tidak sadar ketika terluka. Kadar gula darah yang tinggi dan tidak adanya rasa nyeri, maka luka yang pada awalnya kecil dapat membesar menjadi borok atau bahkan sampai membusuk. Apabila sudah seperti ini, amputasi merupakan satu-satunya jalan keluar atau solusi untuk menyembuhkannya.

Selain gejala diabetes, ketahui juga tanda-tanda penyakit diabetes.

Ada beberapa cara untuk mengobati diabetes, yaitu dengan obat herbal diabetes. Diantaranya adalah:

Obat Herbal Diabetes

1. Mengonsumsi brotowali
Tanaman brotowali mengandung senyawa aktif tinokrisposid yang sangat berkhasiat mempercepat keluarnya glukosa melalui peningkatan metabolisme. Manfaat akar dan batang pada tanaman ini adalah bagian yang digunakan untuk mengobati diabetes. Brotowali dijadikan jamu tradisional untuk dikonsumsi. Cara membuatnya mudah dengan cara merebusnya. Walaupun rasanya sangat pahit namun brotowali mampu menurunkan gula darah.

2. Mengonsumsi pare
Pare adalah sayuran tropis yang banyak terdapat di Asia, Afrika dan Amerika Selatan. Pare merupakan obat herbal diabetes untuk menyembuhkan penyakit diabetes Anda. Pare kaya akan steroid saponin yang dikenal dengan charantin, peptida yang menyerupai insulin. Manfaat pare adalah meningkatkan regenerasi sel-sel, merangsang sekresi insulin pada pankreas, dan merangsang penyimpanan glikogen di dalam liver yang secara keseluruhan berdampak untuk menurunkan gula darah.

3. Mengonsumsi tanaman gymnema
Obat herbal diabetes lainnya adalah gymnema. Gymnema adalah tanaman yang seperti sirih yang tumbuh di hutan tropis. Daunnya bulat telur berbentuk elips dan bunganya berwarna kuning kecil berbentuk seperti lonceng. Asam gymnemic yang terkandung didalamnya dari daun dan akarnya. Bagian daun dan akarnya membantu menurunkan dan menyeimbangkan tingkat gula darah. Ekstrak dari tanaman gymnema dapat menjadi pengganti untuk obat penurun gula darah karena membantu pankreas untuk memproduksi insulin.

Itulah beberapa pengertian diabetes, gejala diabetes pada orang dewasa dan anak kecil, obat herbal diabetes, obat tradisional diabetes, dan obat diabetes alami. Semoga bisa Anda gunakan dalam mengobati penyakit diabetes. Pencegahan terhadap diabetes akan lebih baik daripada mengobatinya, jaga kesehatan dan pola makan Anda.

Selain obat herbal diabetes, baca juga obat herbal darah tinggi, dan obat pelangsing herbal. Pesan dari kami tipscaraalami.com, mencegah akan lebih baik dari pada mengobati. Jaga kesehatan dan pola makan Anda. Semoga bermanfaat!

Jangan lupa share dan bagikan artikel ini ke teman dan saudara Anda, supaya mereka ikut juga merasakan manfaatnya :)
loading...
loading...
 
Top