0
Tipscaraalami.com - Manfaat kulit jeruk - Kebanyakan orang pasti memakan jeruk pasti akan membuang kulitnya. Karena pada umumnya kulit jeruk dirasa tidak mempunyai manfaat dan rasanya yang pahit sehingga kulit jeruk sering dibuang begitu saja. Perlu Anda ketahui ternyata kulit jeruk mempunyai nutrisi tertentu yang mempunyai manfaat untuk kesehatan tubuh Anda. Terutama pada jeruk mandarin dan jeruk keprok yang pada kulit bagian dalamnya mengandung serat paling tinggi yang bermanfaat melancarkan sistem pencernaan dan membuat rasa kenyang lebih lama.


manfaat kulit jeruk
Manfaat kulit jeruk (c) tipscaraalami.com/mustajib
Selain kulit dari dalam jeruk, kulit luarnya juga memiliki kandungan nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh, yaitu mempunyai 60 jenis senyawa flavonoid dan 170 fitonutrisi yang berbeda dalam buah jeruk yang berukuran sedang. Sebagian senyawa yang baik ini terdapat pada bagian albedo (warna putih, tebal seperti spon yang melingkupi buah jeruk). Albedo terdiri atas sel parenkim yanag mengandung banyak pectin dan hemiselulosa.

Mengingat bahwa jeruk adalah salah satu buah-buahan tropis andalan yang di hasilkan di Indonesia dan banyak industri-industri minuman yang menggunakan jeruk sebagai bahan baku maka limbah jerukpun yang di hasilkan cukup banyak. Didalam kulit jeruk terdapat kandungan minyak atsiri yang senyawanya tidak mudah menguap dan tidak larut dalam air.

Seperti dilansir dari berbagai sumber, berikut manfaat kulit jeruk untuk kesehatan yang jarang diketahui.

Manfaat Kulit Jeruk

1. Sebagai pencegah kanker kulit
Di dalam kulit jeruk terdapat senyawa flavonoid yang berguna untuk membantu vitamin C yang kaya anti oksidan ini supaya bisa bekerja lebih efesien. Disini flavonoid juga mempunyai fungsi lain, yaitu menghambat pertumbuhan sel kanker yaitu dengan cara menghambat pasokan makanan yang di butuhkan oleh sel-sel kanker.

Pada tahun 2004 penelitian besar di Arizona Cancer Center (Nutrition an Cancer, Citrus Peel Use is Associated with Reduce Risk of Squamous Cell Carcinoms of The Skin ) menemukan bahwa adanya senyawa de-limonene yaitu merupakan senyawa yang utama di dalam jeruk dapat mengurangi jenis kanker yang berbahaya yaitu bernama karsinoma sel skuamosa. Secara signifikan telah di buktikan bahwa dengan mengkonsumsi kulit jeruk mengurangi tingkat kanker kulit yang tadinya hanya mengkonsumsi daging saja.

2. Sebagai penghambat berkembangnya sel kanker paru
Selain itu manfaat kulit jeruk lainnya adalah menghambat tumbuhnya sel kanker paru. Dalam studi yang dilakukan pada tahun 2009 oleh Departement of Food Science di University of Massachusetts, menemukan senyawa yang bernama polymethoxyflavones dan senyawa liminoid. Peran dari senyawa polymethoxyflavones yang ada di dalam kulit jeruk manis adalah menghambat pertumbuhan sel kanker paru-paru. Begitu pula dengan senyawa liminoid mempunyai peran yaitu mencegah terjadinya bebrapa kanker, yaitu kanker payudara, kanker paru-paru, dan kanker usus besar.

3. Menurunkan kolesterol
Dalam perannya menurunkan kolesterol, di dalam kulit jeruk mengandung dua senyawa flavon yang penting yaitu senyawa hesperidin dan senyawa polymethoxylate. Department Pertanian AS dan sebuah perusahaan nutraceutical, KGK Synergize mengemukakan bahwa senyawa kedua tadi dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

4. Membantu menghentikan kebiasaan merokok
Sering kita jumpai di sekitar kita bahwa berbagai macam produk mulai dari produk kesehatan, kecantikan dan lain sebagainya menggunakan ekstrak dari kulit jeruk. Misalnya seperti sabun mandi, obat-obatan, dan produk untuk tubuh lainnya. Salah satu produk yang terkenal di pasaran yaitu permen nikotin. Permen nikotin ini merupakan permen yang mampu memecah dan menghilangkan nikotin dari dalam tubuh. Dan pastinya produk ini akan membantu pecandu rokok atau bagi mereka yang belum siap untuk berhenti merokok untuk dapat berhenti merokok.

Baca juga cara membersihkan paru-paru dari nikotin asap rokok.

Lalu bagaimana cara mengkonsumsi kulit jeruk yang baik?
Berikut akan kami jelaskan bagaimana cara mengkonsumsi kulit yang baik. Ada dua cara, yaitu cara yang pertama mengekstraknya, atau bahkan mungkin Anda dapat menemukannya dalam bentuk suplemen di pasaran. Yang kedua yaitu menyajikannya dalam bentuk jus, yaitu dengan mencampurkan kulit jeruk pada jus agar mengurangi rasa pahit yang di timbulkan. Mungkin Anda bisa mengkombinasikan dengan berbagai cara untuk mengkonsumsi kulit jeruk ini sesuai keinginan Anda.

Catatan:
Perlu jadi perhatian bagi Anda karena kulit jeruk adalah bagian terluar dari buah jeruk yang sering terkena insektisida, pupuk kimia ataupun zat lain yang sebaiknya sebelum mengkonsumsinya di cucilah sampai bersih. Cuci menggunakan air hangat supaya zat-zat tadi tidak menempel di kulit jeruk.

Itulah beberapa khasiat kulit jeruk dan manfaat kulit jeruk untuk kesehatan tubuh yang tak terduga. Ternyata kulit yang sering Anda buang ini begitu berkhasiatnya untuk kesehatan tubuh. Jadi masih ingin membuang kulit jeruk? Nah, selain manfaat kulit jeruk ketahui juga manfaat kulit buah lainnya, seperti manfaat kulit manggis bagi kesehatan. Semoga bermanfaat!
loading...
loading...
 
Top