8 Manfaat Kulit Manggis Untuk Kesehatan

Tipscaraalami.com - Manfaat Kulit Manggis - Dalam beberapa bulan terakhir ini banyak orang yang membicarakan mengenai kulit manggis. Karena setelah beberapa penelitian dilakukan, banyak manfaat kulit manggis yang berguna untuk kesehatan dan penyembuhan. Namun sayang dalam kasus ini buah manggis adalah buah musiman yang hanya ada pada saat musim buah manggis tiba.

Namun hal ini tidak akan menjadi masalah untuk Anda yang ingin mengetahui lebih lanjut mengenai manfaat kulit manggis. Karena masih ada beberapa orang yang belum mengetahui pasti apa saja kandungan yang terdapat dalam kulit manggis, apakah aman untuk dikonsumsi, bagaimana cara membuatnya sampai pada penyakit apa saja yang bisa diobati oleh kulit manggis. Untuk menjawab rasa penasaran Anda, silahkan lanjutkan membaca pada artikel tipscaraalami.com berikut ini yang membahas tuntas mengenai manfaat kulit manggis.


Berikut manfaat dan khasiat kulit manggis bagi kesehatan dan kecantikan yang jarang diketahui.

Manfaat Kulit Manggis

manfaat kulit manggis
Manfaat kulit manggis (c) Wikipedia.org
1. Kulit manggis untuk menjaga kesehatan tubuh
Kesehatan adalah hal vital dalam kehidupan seseorang, banyak cara dilakukan oleh banyak orang untuk mendapatkan kesehatan, mulai dari membeli berbagai vitamin hingga melakukan olahraga. Dalam hal ini, manfaat kulit manggis bisa Anda gunakan sebagai nutrisi yang menjaga kesehatan tubuh. Karena dalam kulit manggis terdapat zat bernama xamthone yang berguna untuk menjaga keseimbangan tubuh dan menyuplai nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, sehingga kesehatan Anda pun tetap terjaga.

2. Kulit manggis untuk menurunkan berat badan
Tahukah Anda bahwa buah manggis memiliki kalori rendah sehingga amat baik dikonsumsi bagi Anda yang sedang menjalankan diet sehat. Dalam kulit manggis tidak terdapat lemak dan juga rendah kolesterol sehingga sangat baik dikonsumsi oleh berbagai kalangan usia, dan dapat menurunkan berat badan dengan cepat.

3. Manfaat kulit manggis untuk menjaga kekebalan tubuh
Kulit manggis memang kaya akan vitamin C dan hal inilah yang menjadikan kulit manggis bisa menjaga kekebalan tubuh dan menghindarkan Anda dari beberapa penyakit. Dengan ketahanan tubuh yang baik otomatis tubuh Anda memiliki sistem yang mampu menolak bakteri atau virus yang akan menyerang dan merusak tubuh. Vitamin C juga sangat baik untuk kesehatan kulit Anda, terutama untuk perempuan.

4. Kulit manggis untuk mengobati sariawan
Sehubungan dengan kandungan vitamin C yang terdapat pada kulit manggis menjadikan kulit manggis mampu menjadi obat sariawan yang manjur. Terlebih obat herbal ini tidak memiliki efek samping bila dikonsumsi. Cara membuat obat herbal dari kulit manggis untuk mengobati sariawan adalah dengan merebus kulit manggis yang sudah dicuci bersih kemudian sari yang telah direbus hingga matang tadi digunakan untuk berkumur. Itulah manfaat kulit manggis untuk mengobati sariawan.

5. Kulit manggis untuk mengatasi diare
Bila Anda mengalami diare, kulit manggis bisa menjadi salah satu obat andalan. Kulit manggis mampu mengobati penyakit diare dengan cara membuat rebusan kulit manggis dan kemudian meminumnya. Setidaknya satu gelas satu hari untuk mengatasi diare yang sedang Anda alami.

6. Manfaat kulit manggis untuk mencegah kanker
Kulit manggis masih memiliki zat penting untuk tubuh yaitu zat xanthone yang berfungsi untuk membunuh sel kanker yang bisa merusak sel-sel tubuh. Sehingga tidak ada kerugian yang diakibatkan dari mengkonsumsi kulit manggis, terutama untuk Anda yang sedang dalam masa penyembuhan. Kulit manggis bersifat aktif untuk membasmi beberapa sel yang bertujuan untuk merusak keseimbangan tubuh. Baca juga cara mencegah kanker dengan sayuran alami.

7. Kulit manggis untuk menajaga kesehatan jantung
Kenapa kulit manggis baik untuk menjaga kesehatan jantung ? Hal ini dikarenakan dalam kulit manggis terdapat nutrisi seperti kalium, magnesium dan mineral yang baik untuk menjaga kesehatan jantung dan menjaga kenormalan darah saat dipompa keseluruh tubuh. Zat-zat inilah yang menjaga keberlangsungan kesehatan jantung Anda.

8. Manfaat kulit manggis untuk kecantikan
Sehubungan dengan adanya zat antioksidan dalam kulit manggis membuat kulit manggis memiliki kemampuan untuk meremajakan kulit dan sel dalam tubuh, sehingga akan sangat baik bila kulit manggis dikonsumsi oleh perempuan. Zat antioksidan dalam kulit manggis mampu membuat kulit Anda lebih kencang, bila Anda tidak suka mengkonsumsi kulit manggis, Anda bisa mengkonsumsi buahnya saja.

Demikian beberapa manfaat kulit manggis beserta kandungan penting yang mampu bekerja dan menutrisi tubuh agar tetap normal dan sehat. Cara pembuatan obat herbal dari kulit manggis tergolong mudah karena Anda hanya diharuskan merebus dan kemudian meminum sari kulit manggis tersebut tanpa harus melakukan usaha lebih. Jangan lupa baca artikel menarik dari tipscaraalami lainnya, seperti manfaat daun sirsak untuk kesehatan. Semoga bermanfaat!