5 Gejala Awal Kanker Tenggorokan Yang Mesti Anda Waspadai

TIPSCARAALAMI.COM - Penyakit kanker adalah penyakit yang sangat sulit dikenali, sering kali penderita kanker mengetahui setelah mereka sudah mengidap penyakit tersebut. Bila tidak cepat ditangani, tak jarang para penderita kanker banyak yang tidak bisa tertolong nyawanya.

5 Gejala Awal Kanker Tenggorokan Yang Mesti Anda Waspadai
Ilustrasi Kanker Tenggorokan (c) Imagebam.com

Penyebab kanker tenggorokan lebih mungkin terjadi bagi mereka yang perokok berat, peminum minuman alkohol, dan sering mengunyah tembakau. Sebelum kanker tenggorokan menyerang Anda, Anda patut mengetahui gejala dini kanker tenggorokan.

Seperti dilansir dari Boldsky.com, ini gejala awal kanker tenggorokan yang patut Anda waspadai.

Gejala Kanker Tenggorokan

1. Susah dan sulit menelan makanan dan minuman
Bila Anda mengalami kesulitan menelan makanan, minuman, atau air liur Anda mesti waspada, karena hal tersebut merupakan tanda awal dari kanker tenggorokan. Kanker tenggorokan tumbuh seperti tumor di tenggorokan Anda. Jadi, Anda harus sering memperhatikan tenggorokan Anda, bila terdapat sesuatu yang mencurigakan atau sesuatu pertumbuhan di tenggorokan, Anda patut memeriksa ke dokter.

2. Permukaan laring terasa kasar
Bila Anda merasakan ada yang kasar di permukaan tenggorokan Anda, jangan di abaikan. Segera pergi ke dokter untuk mengetahuinya, karena itu tanda awal kanker tenggorokan. Bila Anda terus mendiamkan diri, Anda akan terus merasakan rasa yang tidak nyaman ini di tenggorokan.

3. Perubahan suara
Kanker tenggorokan bisa tumbuh dimana saja dalam mulut Anda, bila tumbuhnya di dekat pita suara, pasti akan merubah suara Anda. Jadi, bila suara Anda tiba-tiba berubah, segera pergi ke dokter untuk mengetahui kemungkinan akan terjadi kanker tenggorokan.

4. Batuk yang lama sembuhnya
Tanda awal kanker tenggorokan bisa di ketahui juga dengan batuk. Bila Anda menderita batuk yang lama, dan terus-menerus tidak kunjung hilang, serta membuat suara Anda jadi serak, bila didiamkan bisa mengakibatkan kanker tenggorokan.

5. Bunyi napas jadi aneh
Ketika Anda bernapas, udara melewati Anda dan kemudian dilanjutkan ke trakea. Salah satu gejala kanker tenggorokan adalah muncul suara aneh ketika bernapas.

Itulah gejala dini kanker tenggorokan dan jangan di sepelekan. Bila Anda atau keluarga, teman, atau siapa saja, bila mengalami tanda-tanda di atas, segera berkonsultasi ke dokter. Karena bila dibiarkan, kemungkinan akan mengembangkan kanker di dalam mulut dan tenggorokan. Semoga bermanfaat!

Baca juga : Hal-hal yang tak terduga dapat menyebabkan kanker dan 13 jenis sayuran yang dapat mencegah kanker.