20 Cara Mencegah Kanker Dengan Cara Alami

Cara Mencegah Kanker - Sejak dini rajinlah untuk menjaga kesehatan Anda, jagalah tubuh Anda agar tak menginap penyakit yang sulit disembuhkan bahkan biaya untuk perawatannya cukup mahal. Apalagi bila Anda mengidap penyakit kanker. Jangan sampai deh penyakit ini mengintai Anda.

Kanker adalah salah satu penyakit yang paling ganas dan paling ditakuti. Penyakit kanker tidak hanya saja menyerang fisik dan mental saja, tetapi kanker dapat menyebabkan kematian. Ada kanker yang tidak bisa di sembuhkan dan ada juga kanker yang dapat disembuhkan dengan melakukan perawatan dari awal. Kanker ada berbagai macam jenis, dan yang paling ditakuti adalah:

  • Kanker lambung 
  • Kanker paru-paru 
  • Kanker ovarium 
  • Kanker hati 
  • Kanker serviks 
  • Kanker prostat 
  • Kanker payudara 
  • Kanker usus 
Tidak mau kan salah satu jenis kanker di atas menyerang Anda? Nah, mulai dari sekarang, sebelum penyakit kanker menyerang Anda, lebih baik mencegahnya. Pencegahan kanker cukup dilakukan dengan cara alami dan sederhana saja, yaitu membiasakan diri hidup sehat dan mengkonsumsi makanan yang sehat pula.


Cara Mencegah Kanker Dengan Cara Alami

Untuk mencegah penyakit kanker, banyak yang merekomendasikan sayuran. Lantas, apa saja sayuran yang disarankan oleh pakar tersebut? Inilah 13 sayuran yang dapat mencegah penyakit kanker.

Cara Mencegah Kanker


1. Kubis


Sayuran yang pertama yang dapat mencegah kanker adalah kubis. Dengan kandungan vitamin A, C, B, dan K serta memiliki sifat anti oksidan dan anti inflamasi, kubis ternyata dapat mencegah dan melindungi Anda dari berbagai penyakit kanker, seperti kanker usus besar, dan kanker prostat.

Lihat juga:
Manfaat daun singkong untuk kesehatan
Manfaat buah kurma untuk kesehatan tubuh
Manfaat buah manggis untuk kesehatan
Manfaat buah sawo untuk kesehatan

2. Baby kailan


Mungkin namanya agak asing terdengar. Sayuran berwarna hijau ini serupa dengan kubis namun memiliki ukuran yang lebih kecil. Sayuran ini bermanfaat untuk memerangi kanker kandung kemih.

3. Lobak


Lobak adalah sayuran yang berbentuk seperti wortel, namun isi dan kulitnya berwarna putih. Kerusakan metilasi di dalam tubuh akan meningkatkan resiko kanker. Sedangkan lobak adalah sumber makanan terbaik folat dan vitamin B yang dapat memperbaiki metilasi dalam tubuh.

4. Kembang kol


Sayuran yang mirip dengan brokoli ini memiliki kandungan sulforaphane yang dapat digunakan untuk mencegah serangan berbagai jenis kanker.

5. Selada air


Sayuran yang kaya akan akan sulfur, nitrogen, dan yodium. Serta tinggi akan kandungan zat anti oksidan. Zat ini mampu mencegah pertumbuhan tumor termasuk juga kanker.

6. Brokoli


Tanaman sayuran yang termasuk dalam kubis-kubisan ini juga bisa mencegah penyakit kanker. Brokoli mempunyai sifat melawan kanker karena mengandung fitonutrien. Fitonutrien menghasilkan enzim yang dapat melawan kanker.

7. Bit


Pigmen betanin yang ada di dalam bit telah dikenal dapat melawan sel-sel tumor.

8. Bayam


Bayam adalah sayuran yang dikenal dapat melawan penyakit dan juga meningkatkan kualitas kesehatan Anda. Selain itu bayam juga mampu melawan berbagai jenis kanker terutama kanker ovarium.

9. Buncis


Tidak hanya dapat melawan pertumbuhan kanker, tapi buncis juga dapat menghentikan penumpukan enzim yang merupakan awal dari tumor.

10. Bawang putih


Bawang putih memiliki kandungan arginin, oligosakarida, flavonoid, dan selenium. Kandungan nutrisi ini bermanfaat untuk kesehatan perut, usus besar, eskofagus, pankreas, dan pencegahan kanker yang sering terjadi sama wanita. Jadi tak salahnya di dalam masakan Anda memasukkan bawang putih yang banyak.

Lihat juga:
Cara mengatasi anak susah makan
Tanda tanda keguguran yang harus diwaspadai
Gejala stroke ringan
Efek samping sering minum air dingin

11. Asparagus


Asparagus dikenal karena kandungan anti oksidan glutathione yang ada di dalamnya. Zat ini selain mampu mencegah arthritis dan diabetes, juga dapat mencegah kanker.

12. Tomat


Bumbu dapur yang memiliki rasa adam ini ternyata dapat mencegah kanker juga. Tomat dikenal efektif untuk memerangi sel-sel kanker prostat.

13. Wortel


Falcarinol yang terkandung di dalam wortel mampu menurunkan resiko Anda terkena penyakit kanker. Selain itu wortel juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Segera masukkan wortel ke dalam daftar belajaan Anda.

Selain 13 makanan yang dapat mencegah penyakit kanker di atas, ada juga beberapa tips cara aktivitas lainnya yang dapat Anda lakukan untuk mencegah kanker dengan cara alami yaitu:

14. Jalan kaki


Rutinlah berjalan kaki, karena dengan rutin berjalan kaki Anda akan terbebas dari berbagai penyakit salah satunya adalah kanker. Tiap hari usahakan rutin berjalan kaki minimal 30 menit. Rajin berjalan kaki dapat mencegah kanker payudara.

15. Banyak minum air putih


Air putih atau mineral sangat dibutuhkan oleh tubuh Anda. Bila Anda banyak melakukan aktivitas berkeringat makan perbanyak pula konsumsi air putih. Bila Anda bayak minum air putih maka resiko terkena kanker kandung kemih akan kecil.

16. Jangan makan gorengan


Orang Indonesia memang tak bisa lepas dari yang namanya gorengan. Makanan yang digoreng ini memang rasanya sangat nikmat dan pasti menggoda Anda untuk memakannya. Nah ternyata sering makan gorengan juga dapat memicu kanker loh. Karena makanan yang dimasak dengan digoreng itu bisa memicu senyawa kimia yang berbahaya bagi tubuh dan dapat menyebabkan kanker.

17. Alkohol


Jauhi dengan alkohol. Karena alkohol selain tidak bagus untuk kesehatan juga bisa menyebabkan kanker.

18. Makanan zat pewarna


Hindari makanan yang memakai pewarna. Kandungan yang terdapat pada zat pewarna makanan ternyata sangat berbahaya bagi tubuh dan bisa memicu kanker.

19. Olahraga


Selain jalan kaki, rutin melakukan aktivitas olah raga lainnya ternyata dapat mencegah kanker. Saat Anda melakukan olahraga, lemak di dalam tubuh Anda akan terbakar serta mempercepat metabolisme tubuh.

20. Konsumsi vitamin A, C, dan E


Vitamin A, C, dan vitamin E memiliki kandungan antioksidan tinggi yang ternyata sangat berguna untuk mencegah penyakit kanker.

Lihat juga:
Gejala awal kanker tenggorokkan
Penyebab kanker yang tak terduga
Gejala kanker serviks yang tersembunyi
Obat herbal diabetes ampuh

Itulah 20 cara mencegah kanker dengan alami. Ternyata makanan tersebut sangat mudah Anda dapatkan. Mencegah lebih baik dari pada mengobati, jadi mulai dari sekarang Anda harus terbiasa hidup sehat agar terhindar dari berbagai penyakit, terutama kanker. Baca juga hal yang tak terduga dapat membuat tubuh jadi gemuk. Semoga bermanfaat!