Cara Merawat Kuku Kaki Tangan Secara Alami

 Cara merawat kuku
Cara merawat kuku - Salah satu bagian tubuh yang dapat menunjang penampilan seorang wanita ialah kuku. Memiliki kuku yang terawat, dengan keadaan kuku yang baik serta tidak mudah patah akan memberikan keuntungan bagi diri anda sendiri. Karena kuku kaki atau tangan yang bagus dan sehat akan menunjang penampilan anda saat menggunakan sandal, cincin pada jari manis dan aksesoris lainnya.

Untuk mendapatkan hasil kuku yang demikian, maka anda harus tahu bagaimana cara merawat kuku yang baik dan benar. Karena salah dalam cara merawat kuku akan memberikan dampak tidak baik bagi penampilan kuku anda. Untuk informasi yang lebih jelas anda bisa menyimak informasi berikut.

Cara Merawat Kuku yang Baik dan Benar


Dengan menerapkan beberapa cara merawat kuku yang baik dan benar ini, kuku anda akan nampak lebih sehat dan cantik. Berikut beberapa caranya:

1. Menjaga kebersihan kuku


Kuku merupakan salah satu bagian dari tubuh kita yang dijadikan indikator pada diri seseorang mengenai kebersihan. Kuku yang bersih, akan membuat anda dinilai sebagai pecinta kebersihan dan pemerhati kebersihan. Kuku yang kotor, akan di hinggapi oleh beberapa bakteri dan kuman yang dapat menyebabkan beberapa masalah kesehatan seperti diare.

Untuk itu cara merawat kuku yang penting diperhatikan adalah senantiasa menjaga kebersihannya.

2. Mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh


Konsumsi makanan dan minuman yang banyak memiliki kandungan kalsium. Seperti yang telah anda ketahui, kalsium bermanfaat bagi kesehatan tulang, dengan kalsium juga kuku anda akan terjaga, sehingga akan kuat dan membuat kuku lebih indah.

Anda dapat mengkonsumsi minuman kaya kalsium seperti susu, baik susu sapi ataupun susu kedelai dapat anda coba. Untuk makanannya, anda dapat mengkonsumsi kacang-kacangan, alpukat hingga durian.

3. Upayakan mencukupi kebutuhan air


Air akan mencegah tubuh dari bahaya kekurangan cairan. Jika tubuh kekurangan cairan akan berdampak pula bagi kuku anda. Dalam air terdapat kandungan mineral yang menjadikan kuku tidak kering. Jika kuku nampak kering, maka ia tidak akan nampak mengkilap, sehingga keindahan pada kuku anda akan berkurang.

Cara Merawat Kuku dengan Bahan Alami


Anda dapat menggunakan bahan-bahan alami untuk merawat kuku, bahan tersebut dapat anda peroleh dengan mudah. Bahan-bahannya seperti: blimbing wuluh dan lidah buaya. Cara penggunannya juga mudah, anda hanya perlu mengoleskannya ke bagian kuku, kemudian tunggu beberapa saat dan bilas menggunakan air hingga bersih.

Cara merawat kuku yang berikut ini cukup mudah dan efektif. Selain itu, bahan yang digunakan juga alami sehingga aman bagi kuku anda. Dengan cara ini, kuku akan lebih cantik dan mengkilap.
Cara Merawat Kuku dengan Manicure di Rumah

Selain beberapa tratment perawatan kuku di atas, anda juga dapat menerapkan cara merawat kuku dari luar. Yakni dengan manicure, untuk melakukan manicure anda tidak harus pergi ke salon. Anda dapat melakukannya sendiri di rumah agar lebih hemat dan praktis. Sebelum melakukan perawatan, terlebih dulu anda harus mempersiapkan perlengkapan yang akan digunakan, seperti:
  • Gunting kuku
  • Gunting kutikula
  • Alat untuk kikir kuku
  • Handuk
  • Air panas dan dingin
  • Wadah berupa baskom berukuran sedang 2 buah
  • Sabun cair yang akan menimbulkan efek lembut pada kulit
  • Cat kuku sesuai selera
  • Nail polish
  • Batu apung atau batu bata yang bertekstur halus
  • Dan tak lupa sikat yang halus.

Untuk bahannya ialah: minyak zaitun yang di khususkan untuk perawatan bagi tubuh, garam secukupnya, dan 3 iris jeruk lemon.

Tahap-tahapan cara merawat kuku ialah dengan:
  • Sebelum melakukan perawatan ini, hilangkan terlebih dulu cat kuku anda jika sebelumnya anda telah mengenakan cat kuku. Gunakan nail polish untuk menghilangkan warnanya.
  • Hal selanjutnya harus anda lakukan ialah mengoleskan irisan lemon yang sebelumnya telah anda persiapkan. Oleskan secara merata pada area kuku, kurang lebih hingga 5-10 menit.
  • Sediakan baskom yang telah berisi air hangat, kemudian masukkan garam, sabun cair, irisan lemon dan minyak zaitun.
  • Masukkan tangan ke dalam baskom tersebut, rendam sekitar 15-20 menit, anda juga dapat merendam kaki anda.
  • Ambilah handuk, kemudian keringkan tangan dan kaki anda.
  • Selanjutnya, anda dapat menggunting kuku anda dan membentuknya sesuai selera anda sembari melakukan proses kikir. Setelah itu, bersihkan kutikula menggunakan gunting kutikula yang telah anda persiapkan tadi.
  • Ketika kaki direndam, anda dapat merendam tangan pada air yang dingin.
  • Kemudian, bersihkan sel kulit kaki yang mati menggunakan batu apung dengan cara menggosokkannya ke bagian kaki hingga sel yang telah mati lepas. Lalu gosok pula menggunakan tangan.
  • Terakhir, lakukan proses pengeringan pada kuku dan lakukan pula pijatan-pijatan kecil ke jari-jemari.

Cara merawat kuku tersebut dapat anda implementasikan beberapa minggu sekali. Selain menjaga agar suplai vitamin terpenuhi untuk kuku, juga menjadikan kuku lebih cantik. Penting bagi anda merawat kesehatan dan keindahan kuku selain karena factor estetik cara ini sangat bermanfaat untuk melindungi tubuh dari penyakit yang mungkin berasal dari kuku yang kotor.