3 Cara Merawat Rambut Secara Alami Agar Lembut Dan Sehat

Cara merawat rambut
Cara merawat rambut - Rambut adalah mahkota. Semua wanita menganggap bahwa rambut adalah mahkota terindah yang layak untuk dirawat dan dijaga kesehatannya. Selain itu, rambut bagi manusia berguna untuk melindungi kulit kepala dari terik sinar matahari. Untuk melindungi rambut dari kerusakan, maka cara merawat rambut adalah hal paling penting untuk membuatnya tetap sehat.

Dalam menerapkan cara merawat rambut harus mengetahui terlebih dahulu apakah rambut kamu sehat atau tidak. Beberapa ciri rambut kamu sehat yaitu memiliki kulit kepala yang sehat. Kulit kepala akan mempengaruhi kondisi rambut. Ciri rambut sehat lainnya yaitu memiliki tekstur yang lembut dan ringan digerakkan. Selain itu, rambut yang sehat memiliki kilau tersendiri, elastis, tidak kusut dan terakhir memiliki intensitas kerontokan yang ringan.

Cara merawat rambut sesuai dengan tingkat kerusakannya


Cara merawat rambut dapat dilakukan sesuai tingkat kerusakan yang terjadi pada rambut. Setelah mengetahui beberapa ciri rambut yang sehat, sebaiknya mengetahui pula beberapa ciri rambut yang kurang sehat yang bisa diakibatkan dari beberapa masalah baik dari penggunaan bahan kimia hingga kondisi lingkungan yang memicu timbulnya masalah rambut. Ciri-ciri rambut kurang sehat diantaranya:

1. Rambut rontok


Rambut rontok sudah sering dialami oleh siapapun. Apabila mengalami kerontokan rambut yang serius sebaiknya perlu diantisipasi dengan baik, sebab bila tidak segera diatasi akan menimbulkan kebotakan.

2. Rambut kaku, kasar dan kusut


Rambut kaku dan kasar dapat diakibatkan oleh penggunaan shampo yang tidak tepat. Selain itu, rambut kusut diakibatkan karena jarang menyisir rambut.

3. Rambut bercabang dan patah-patah


Rambut bercabang atau patah-patah dapat diakibatkan dari perawatan rambut yang salah. Alih-alih menginginkan rambut lurus dengan mencatok, atau sering mewarnai rambut justru menimbulkan cabang pada rambut.

4. Rambut berketombe


Ketombe diakibatkan oleh kotoran dan minyak yang banyak menumpuk pada kepala. Jarang mencuci rambut adalah alasan utama pemicu ketombe.


5. Rambut tidak berkilau dan kusam


Rambut tidak berkilau dan kusam merupakan ciri rambut mengalami kerusakan. Jika rambut anda sudah tidak sehat, maka harus mengetahui penyebabnya. Biasanya, penggunaan produk shampoo yang tak cocok dapat memicu rambut kusam.

Beberapa tips cara merawat rambut yang tepat


Untuk mengatasi berbagai masalah rambut, cara merawat rambut dapat dilakukan dengan beberapa tips. Terdapat juga beberapa bahan alami yang mampu membantu mengatasi masalah pada rambut. Apa saja cara merawat rambut yang dapat dilakukan dengan mudah? Berikut cara merawat rambut agar terhindar dari beberapa masalah hingga kerusakan.

1. Cara merawat rambut yang pertama yaitu hindari terlalu sering keramas yang dapat menghilangkan atau menghambat produksi kandungan alami minyak yang berfungsi mempertahankan kesehatan rambut.

2. Jangan lakukan kesalahan pada rambut anda dengan sering bergonta-ganti jenis shampo atau kondisioner. Sebaiknya gunakan shampo yang sesuai dengan jenis kulit kepala dan rambut agar nyaman digunakan.

3. Cara merawat rambut dengan menggunakan masker rambut atau kondisioner untuk menjaga rambut tetap sehat, lembut, dan tidak kusam atau kering.

4. Lakukan perawatan rambut dan kulit kepala dari dalam seperti perbanyak konsumsi makanan sehat yang kaya nutrisi, mineral, vitamin atau serat seperti sayur dan buah. Gunakan juga vitamin rambut untuk membantu merawat rambut.

5. Hindari mencatok, atau menggunakan hair dryer dengan suhu panas sebab akan merusak lapisan rambut sehingga menimbulkan masalah rambut bercabang, kasar dan patah-patah.

6. Jangan melakukan rebonding, mengkriting, atau mewarnai pada rambut. Kandungan kimia pada bahan tersebut akan dapat merusak rambut, dan membuat rambut rontok.

Cara merawat rambut dengan bahan alami


Cara merawat rambut dengan alami merupakan teknik yang tepat dan tanpa efek samping. Cara alami tersebut bisa dilakukan dengan:

1. Lidah buaya


Kandungan alami pada gel lidah buaya terbukti sebagai bahan alami menyuburkan rambut, melembutkan, menguatkan, dan membuat rambut tampak sehat berkilau. Cara menggunakan gel lidah buaya untuk merawat rambut yaitu menggosokkan gel atau daging buah lidah buaya ke bagian kulit kepala secara merata hingga meresap ke akar rambut.

Diamkan beberapa menit lalu bilas dengan air bersih. Lakukan secara rutin untuk menghasilkan rambut yang sehat.

2. Minyak zaitun


Minyak zaitun bagus untuk merawat rambut sekaligus membuatnya berkilau. Cara merawat rambut dengan minyak zaitun yaitu dengan mengoleskan dengan tangan merata ke seluruh bagian rambut. Biarkan minyak zaitun meresap ke tiap helai rambut kurang lebih 2 jam. Selanjutnya keramas dengan shampo.

3. Kemiri


Cara merawat rambut yang terakhir yaitu menggunakan kemiri. Kemiri dapat menyuburkan rambut, menguatkan akar rambut dan membuat rambut hitam berkilau. Cara membuat ramuan kemiri untuk rambut sangat mudah yaitu dengan membakar buah kemiri hingga mengeluarkan minyak. Selanjutnya tumbuh kemiri sampai halus dan oleskan merata pada kulit kepala. Tunggu selama 1-2 jam selanjutnya bilas.

Cara merawat rambut yang baik dan tepat memang sangat diperlukan untuk menjaga kesehatannya. Rambut yang sehat memiliki beberapa ciri-ciri yang sekilas dapat kita ketahui. Apabila kulit rambut memiliki banyak lemak, artinya akan mengganggu penampilan sebab rambut kita akan terasa lepek dan tidak terlihat indah. Selain itu, penumpukan minyak pada kulit kepala yang berlebih akan menimbulkan masalah baru yaitu ketombe. Ketombe akan sangat mudah muncul ketika kondisi rambut penuh dengan kotoran dan debu.