6 Masker Wajah Alami Untuk Kulit Kering Kusam Berminyak Dan Jerawat

Masker wajah alami
Masker wajah alami - Selama bertahun-tahun, masker sudah menjadi salah satu alternatif kosmetik yang dianggap memberi banyak manfaat untuk kecantikan dan kekencangan kulit. Kulit wajah yang sehat dan kenyal akan membuat penampilan terlihat cantik, berseri dan bercahaya. Masker wajah alami adalah salah satu masker yang aman digunakan karena kandungan alami dari bahan-bahan yang berasal dari alam.

Masker wajah alami tidak memiliki efek samping yang tidak semua jenis kulit cocok menggunakan produk masker. Walaupun produk masker lebih instan dan praktis, namun tidak salahnya menggunakan masker wajah alami agar memberikan waktu pada kulit beristirahat dari penggunaan masker instan yang mengandung bahan kimia.

Masker wajah alami yang kita buat sendiri jauh akan memberikan manfaat yang baik bagi kesehatan kulit. Membuat masker alami sesungguhnya sangat mudah, selain itu tidak sulit menemukan bahan alami untuk meraciknya. Selain aman digunakan, masker wajah alami memiliki manfaat memutihkan kulit, membuat kulit kenyal, mulus, sehat dan pastinya aman digunakan.

Menggunakan masker alami juga tidak sulit, kita hanya mengoleskan ke wajah dan tunggu hingga 10-15 menit hingga kering, lalu bilas dengan air bersih. Terakhir, manfaat masker akan memberikan rasa nyamn pada kulit wajah.

Apa saja masker wajah alami yang bisa kita racik sendiri? Berikut ulasan lengkap tentang beberapa bahan alami yang dapat digunakan dan manfaat masker wajah alami tersebut untuk wajah.

Masker Wajah Alami


1. Masker Pepaya


Masker pepaya adalah masker wajah alami yang bermanfaat untuk mencerahkan kulit wajah sebab terdapat enzim khusus didalamnya. Enxim ini mampu memperbaiki kerusakan kulit wajah akibat paparan sinar matahhari sekaligus mengurangi noda atau bintik gelap wajah.

Cara membuat masker ini sangat mudah yaitu pilih buah pepaya matang lalu gosok daging buah pepaya ke seluruh wajah dan biarkan mengering 15-20 menit. Setelah itu, bilas dengan air hangat hingga semua kotoran dan minyak juga ikut terangkat. Untuk hasil maksimal, aplikasikan masker pepaya 2 kali seminggu.

2. Masker Pisang


Selain baik dikonsumsi untuk meningkatkan energi, pisang dipercaya sejak lama sebagai bahan untuk masker wajah alami. Secara alami, pisang adalah buah favorit yang mengandung bayak zat yang bermanfaat. Beberapa diantaranya adalah vitamin A, B dan E serta potasium. Beberapa kandungan alami buah pisang yang disebutkan ini memiliki manfaat berbeda untuk kulit wajah.

Manfaat masker pisang alami dapat membantu mengatasi masalah jerawat, berminyak dan wajah kering. Namun, untuk mengatasi beberapa masalah wajah yang berbeda, masker pisang juga harus dicampur dengan beberapa bahan alami lainnya agar hasilnya maksimal.

Untuk kulit normal, buah pisang dihaluskan dan campur dengan yogurt atau madu 1 sdm, aduk hingga menjadi adonan yang siap digunakan. Oles merata pada wajah dan diamkan 20 menit, lalu bilas dengan air hangat.

Untuk kulit kering dapat mencampurkan masker pisang dengan kuning telur dan 1 sdm yogurt. Oleskan masker ke seluruh wajah dan biarkan mengering, kurang lebih 15 menit. Selanjutnya cuci wajah dengan air hangat.

Cara membuat masker wajah alami dengan pisang untuk memutihkan tanpa jerawat dan komedo adalah dengan rutin memakai masker minimal 2 hari sekali selama 1 sebulan.

3. Masker Cuka


Apakah anda baru mengenal masker cuka? Yah, ternyata cuka dapat juga digunakan sebagai masker wajah alami. Sebenarnya, cuka lebih mudahnya digunakan sebagai pengganti toner. Cuka yang digunakan untuk kulit wajah adalah cuka dengan sari apel asli. Cuka apel mengandung bahan efektif untuk mengatasi masalah kulit wajah sekaligus membuatnya tampak lebih lembut dan mengencangkan kulit.

Sebelum digunakan, basuhlah wajah hingga bersih dengan air. Selanjutnya mulailah ke tahap pembuatan masker. Caranya yaitu mencampurkan 1 sdm sari cuka apel dengan 2 gelas air. Oleskan masker cuka ke wajah dan tunggu hingga kering lalu bilas dengan air bersih.

4. Masker Lemon


Masker lemon berguna memberikan nutrisi pada kulit kering bersisik sehingga kembali normal, lembab dan kenyal. Masker lemon juga dapat digunakan untuk kulit berjerawat sekaligus mencerahkan kulit.

Untuk mencerahkan kulit, menghilangkan bekas jerawat, menghilangkan minyak dan mengatasi kulit kusam yaitu campur perasan air lemon dengan madu. Aplikasikan masker lemon pada wajah sambil dipijat lembut. Diamkan 15-20 menit lalu bilas dengan air hangat dan akhiri dengan air dingin.

5. Masker Lidah Buaya


Lidah buaya bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Selain lidah buaya berguna untuk menyuburkan rambut, campuran lidah buaya dengan jeruk nipis dapat memutihkan kulit secara alami. Caranya yaitu haluskan selembar lidah buaya dan campur dengan sari jeruk nipis. Oleskan masker ke wajah dan diamkan 15 menit lalu basuh dengan air bersih.

6. Masker Tomat


Tomat sejak lama menjadi bahan yang digunakan untuk membasmi jerawat, menyegarkan kulit dan memutihkan. Haluskan tomat dan campur dengan jeruk nipis. Oleskan pada wajah selama 5-10 menit, lalu dipijat perlahan dan diamkan lagi selama 5 menit. Terakhir bilas dengan air.

Itulah 6 masker wajah alami. Bila anda ingin kulit sehat maka bahan-bahan alami diatas dapat anda jadikan sebagai referensi terbaik anda. Tentunya anda ingin bukan kulit anda cerah, sehat mulus dan putih? Kini saatnya anda lebih memperhatikan penampilan kulit sehat anda.