Resep Beef Teriyaki Simple Enak Dan Lezat

Resep beef teriyaki - Beef teriyaki merupakan satu menu masakan yang berasal dari negeri para Samurai, Jepang. Resep beef teriyaki sering kali menjadi salah satu komposisi dalam bento atau menu untuk bekal asal Jepang. Bento sendiri merupakan istilah bahasa Jepang untuk menyebut makanan bekal yang biasanya berisi nasi, sayur dan lauk seperti salah satu contohnya adalah beef teriyaki.

Bento diletakkan secara teratur dalam suatu wadah makanan sehingga sangat praktis dibawa dan sesuai untuk bekal saat sekolah maupun bagi yang sudah bekerja. Selain itu bento juga dapat dibawa saat piknik. Di negara asalnya, bento memiliki unsur seni di dalamnya dimana warna makanan, lauk harus ditata sedemikian rupa sehingga dapat menggugah selera. Hal ini sangat penting karena bagi orang Jepang yang makan tidak hanya mulut tetapi mata juga turut menyantap, maka bentuk dan komposisi warna sangat diperhatikan keindahannya.

Resep Beef Teriyaki

Para penggemar masakan oriental dan masakan Jepang tentu sudah sangat familiar dengan menu kuliner beef teriyaki. Menu yang satu ini juga sangat cocok bagi Anda penikmat daging sapi karena kelezatannya yang tidak main-main.

Resep beef teriyaki yang berasal Jepang ini sudah banyak dipraktekkan di Indonesia. Hal ini terbukti dari menjamurnya restoran-restoran yang menawarkan beef teriyaki dalam daftar menunya. Fakta ini juga menunjukkan bahwa menu kuliner ini sudah sangat terkenal di seluruh nusantara karena memiliki cita rasa yang lezat dan bersahabat di lidah masyarakat berbagai kalangan mulai dari anak muda hingga orang tua.

Keistimewaan beef teriyaki tentu saja terletak pada cita rasa dari saus teriyaki dan dari kelembutan daging sapi yang dipakai. Cara mengolah menu yang satu ini tidak rumit dan memerlukan keahlian khusus karena proses membuat masakan yang satu ini sangat sederhana dan bahannya pun mudah didapat di pasar-pasar terdekat. Bahkan untuk saus teriyaki, jika Anda ingin lebih praktis Anda dapat membeli saus teriyaki instan yang banyak tersedia di toko swalayan. Sehingga, makanan ini dapat lebih sederhana dan cepat pengolahannya.

Sekedar informasi untuk Anda, teriyaki ialah teknik memasak dari Jepang dengan cara dipanaskan atau dipanggang. Saus teriyaki sendiri terbuat dari kecap asin, cuka Jepang dan gula yang dibuat dengan perbandingan satu banding satu. Saus teriyaki sendiri berasal dari hasil kreasi masyarakat Jepang yang pada waktu itu ingin membuat masakan teriyaki. Seiring berjalannya waktu, resep beef teriyaki menyebar ke seluruh dunia dan tentunya Indonesia.

Lihat juga resep:
Resep Kari Ayam Spesial Enak Dan Mudah
Resep Udang Asam Manis Dan Pedas Sederhana
Resep Gulai Kambing Enak Dan Sederhana
Resep Sapo Tahu Seafood Istimewa Enak Dan Mudah

Bagi Anda yang belum paham mengenai resep beef teriyaki dan cara membuat beef teriyaki, berikut ini adalah ulasanmya.

Resep Beef Teriyaki


Bahan-bahan yang diperlukan:
  • 100 gr paprika merah yang dipotong memanjang
  • 700 gram daging sapi has dalam yang dipotong
  • 100 gram paprika kuning yang dipotong memanjang
  • 6 sendok makan kecap asin
  • 3 sendok makan saus tiram
  • 6 sendok makan kecap manis
  • 2 cm jahe yang diparut halus
  • 4 siung bawang putih yang dihaluskan
  • ½ sendok teh lada hitam
  • 1 sendok makan minyak wijen
  • 100 gram bawang bombay yang dipotong memanjang
  • 2 sendok makan madu

Cara membuat beef teriyaki:
  • Campurkan jahe, bawang putih, bawang bombai, kecap asin, kecap manis, lada hitam, madu, saus tiram, minyak wijen, dan minyak goreng lalu aduk hingga r
  • Lumuri irisan daging dengan saus tadi dan diamkan selama 15 menit hingga bumbu meresap.
  • Panaskan wajan anti lengket dan masukkan daging sapi bersama saus yang digunakan untuk merendam.
  • Masak daging sapi bersama saus tadi menggunakan api sedang hingga daging matang dan empuk lalu masukkan paprika merah dan kuning kemudian aduk hingga merata.
  • Masak sebentar hingga paprika dan semua bahan matang sempurna lalu angkat dan sajikan beef teriyaki selagi hangat.

Demikian ulasan mengenai resep beef teriyaki dan cara membuat beef teriyaki asal negeri matahari terbit yang nikmat dan lezat. Beef teriyaki dapat disajikan dalam bento bersama komposisi sayuran yang lain sebagai bekal sekolah atau bekerja. Selamat mencoba resep ini dan semoga Anda berhasil menyajikan hidangan yang sedap bagi anggota keluarga tercinta.

Resep lainnya:
Resep Garang Asem Ayam Enak Dan Lezat
Resep Soto Bandung Paling Enak Dan Mudah
Resep Soto Lamongan Ayam Asli Enak Dan Sedap
Resep Sate Padang Asli Enak Dan Lezat