Resep Brownies Kukus Sederhana Dan Murah

Resep brownies kukus - Brownies adalah salah satu kue yang banyak diminati oleh masyarakat di Indonesia. Kabarnya resep kue ini didapatkan secara tidak sengaja. Menurut cerita, ada seorang koki yang ingin membuat kue coklat tapi ia lupa menambahkan baking powder atau bubuk pengembang kue. Hal ini menyebabkan kue coklat itu tidak mengembang atau bantat.

Kue coklat yang seharusnya bertekstur lembut, tebal dan berpori menjadi lebih padat dan agak basah. Selain cerita tersebut, terdapat versi lain cerita yang mengisahkan asal mula terciptanya kue brownies ini. Walaupun ada beberapa versi cerita mengenai terciptanya resep kue ini, kelezatannya akan membuat Anda tidak akan menghiraukan asal-usulnya.

Nama brownies sendiri berasal dari bahasa Inggris “the deep brown color of cookie” yang berarti kue yang berwarna coklat kehitaman. Brownies sendiri diasumsikan berasal dari Amerika Serikat dan pertama kali dipublikasikan pada 1897. Kue ini dikenal sebagai kue panggang lembut yang kaya akan cita rasa coklat.

Resep Brownies Kukus

Resep brownies seiring berjalannya waktu berkembang dengan adanya tambahan telur dan coklat batangan. Tidak hanya pada bahan saja, inovasi juga terjadi pada segi pematangan kue yaitu dengan cara dikukus. Sehingga, kini marak resep brownies kukus yang beredar di berbagai tempat di nusantara. Bahkan, setiap toko kue sekarang menjajakan kue brownies kukus ini sebagai alternative dari brownies panggang yang kuenya cenderung lebih kering.

Resep masakan satu ini cukup terkenal dan selalu menjadi andalan untuk disajikan pada perayaan besar seperti Idul Fitri dan acara ulang tahun seseorang. Resep brownies kukus juga dapat menjadi pilihan tepat bagi Anda yang menyukai kue ini namun tidak memiliki oven untuk memanggangnya. Bahan-bahan bwonies kukus ini mudah didapat di toko kue biasanya.

Lihat juga resep:
Resep Kue Lumpur Kentang Lembut Dan Wangi
3 Resep Kue Cubit Enak Sederhana Dan Mudah
Resep Kue Nastar Enak Dan Lembut
Resep Putu Ayu Kukus Spesial Enak Dan Lembut

Selain itu, cara membuat kue coklat yang legit ini sangat mudah, sederhana dan hasilnya juga sangat memuaskan lidah Anda. Cita raasanya nikmat dan manis serta teksturnya empuk, lembut dan tidak terlalu kering. Telebih lagi lelehan coklat pada bagian tengahnya menambah kelezatan kue brownies cokelat ini. Bagi Anda yang gemar dengan kue ini dan memiliki waktu untuk memasaknya, Anda bisa mencoba membuat brownies kukus sendiri di rumah. Berikut resep brownies kukus dan cara membuat brownies kukus sederhana.

Resep Brownies Kukus


Bahan-bahan resep brownies kukus:
  • 6 butir telur ayam
  • 225 gram gula pasir
  • 1/2 sendok teh emulsifier
  • 125 gram terigu yang telah diayak dan dicampur rata dengan coklat bubuk
  • 50 gram coklat bubuk yang diayak dan diaduk rata dengan terigu
  • 175 ml minyak goreng
  • 100 gram dark cooking cokelat yang dilelehkan dan dicampur dengan minyak
  • 75 ml susu kental manis
  • Vanili bubuk secukupnya
  • Garam secukupnya

Cara membuat brownies kukus:
  • Kocoklah telur ayam dan gula hingga mengembang.
  • Masukkanlah campuran tepung terigu dan juga cokelat bubuk. Aduk adonan secara perlahan hingga rata.
  • Masukkan campurkan minyak goreng dan juga dark cooking cokelat dan aduk hingga rata.
  • Sisihkan 1/3 bagian adonan kue dan tambahkan susu kental manis lalu aduk hingga rata.
  • Bagi dua adonan kue tanpa susu, yang bagian I kukus 10 menit hingga matang.
  • Tuangkan adonan brownies dengan susu, kukus 10 menit hingga matang.
  • Masukkan adonan sisa yang tidak dicampur susu kental manis.
  • Lanjutkan proses mengukus selama 20 menit. Setelah matang sempurna, brownies bisa diangkat.

Begitu sederhananya resep brownies kukus dan cara membuat brownies kukus ini membuat Anda leluasa untuk berpikir kreatif untuk mengeksplorasi resep brownies kukus ini. Untuk variasi yang sederhana, Anda dapat menambahkan beberapa bahan yang ada di lemari es Anda seperti buah pisang, blueberry, strawberry dan kacang-kacangan.

Bahan-bahan tambahan tersebut dapat Anda campurkan ke dalam adonan kue ataupun sebagai taburan di atasnya saja. Selain itu, Anda juga dapat menambahkan keju, selai, gula halus dan bahan lain sesuai selera Anda untuk membuat lidah lebih bergoyang.

Demikian ulasan mengenai resep brownies kukus yang dalam artikel ini. Semoga Anda dapat menyerap pengetahuan tentang kue yang nikmat ini. Selamat membuat brownies Anda sendiri dan semoga sukses.

Resep lainnya:
Resep Lapis Legit Spesial Lembut Dan Enak
Resep Kue Putri Salju Keju Dan Pandan Spesial Enak
Aneka Resep Kue Coklat Enak Dan Empuk
Resep Lidah Kucing Renyah Dan Enak