3 Jenis Makanan Penyebab Jerawat Yang Harus Dihindari

Tidak banyak yang menyadari bahwa ada beberapa Makanan penyebab jerawat. Kebanyakan orang akan mengira bahwa wajah mereka menjadi jerawatan karena pengaruh lingkungan dari luar. Namun mereka sama sekali tidak menyadari penyebab jerawat dari dalam tubuh mereka.

Faktor penyebab jerawatan


Makanan penyebab jerawat
Memiliki wajah jerawatan menjadi permasalahan ang kadang sulit untuk diatasi. Apalagi jika jerawat yang dimiliki terus menjadi banyak. bahkan ketika jerawat tersebut sudah diobati.

Lihat juga:
5 Cara Menghilangkan Bopeng Bekas Jerawat Alami Dan Cepat
5 Obat Jerawat Batu Alami Paling Ampuh Dan Cepat
5 Cara Menghilangkan Jerawat Batu Secara Alami Dan Cepat
Mengobati jerawat sebenarnya tidak cukup sulit. Hanya saja, sebelum mengobati jerawat yang tumbuh maka kita harus mengetahui faktor penyebab tumbuhnya jerawat pada wajah kita. Hal ini menjadi penting karena dengan mengenali penyebab jerawat, maka penanganan yang dilakukan akan menjadi lebih tepat.

Munculnya jerawat bisa dipengaruhi beberapa faktor, diantaranya:

1. Hormonal


Penyebab jerawat yang pertama adalah karena ketidakstabilan hormon pada tubuh manusia. coba Anda ingat kembali waktu Anda berusia belasan, saat itu Anda sedang dalam masa pubertas. Pada masa itu, tentu Anda akan mengalami keadaan wajah yang mudah berjerawat. Nah, pada saat itu Anda mengalami kondisi hormon yang tidak stabil sehingga Anda mengalami jerawatan.

Selain pada masa pubertas, jerawatan seringkali muncul saat menstruasi. sama halnya ketika pada masa pubertas, saat menstruasi hormon dalam tubuh juga sedang tidak stabil. Untuk mengatasi jerawat karena hormonal ini tidaklah sulit, Anda bisa mnunggu hingga hormon kembali normal.

2. Debu dan kotoran


Faktor lainnya yang membuat kulit wajah muah ditumbuhi jerawat adalah karena paparan debu dan juga kotoran. Debu dan juga kotoran yang tersebar luas diudara akan mudah menempel kepada wajah. Kemudian debu-debu yang tidak dibersihkan ini akan menutupi pori-pori kulit wajah dan pada akhirnya timbulah jerawat.

Untuk mengatasi jerawat yang disebabkan karena debu dan juga kotoran, maka Anda harus sering membersihkan wajah. Saat yang paling penting untuk membersihkan wajah dari debu, kotoran dan juga make up adalah saat sebelum tidur. Karena jika Anda membiarkan wajah Anda dalam keadaan kotor ketika tidur, maka jelas bakteri-bakteri di wajah akan mudah berkembang dan menyebabkan jerawatan.

3. Alergi kosmetik


Penyebab jerawat yang cukup sering disadari adalah karena pemakaian kosmetik yang salah. Pemakaian kosmetik yang salah ini adalah mengunakan kosmetik yang tidak cocok dengan kondisi kulit. Atau kosmetik tersebut menyebabkan timbulnya alergi pada kulit.

Kemunculan jerawat yang disebabkan karena pemakaian kosmetik yang salah ini menjadi penyebab jerawat yang sebenarnya mudah dikenali. Misalnya saja Anda mengunakan pelembab merk A, dan tak lama kemudian setelah beberapa kali pakai, Anda jerawatan. Dan untuk mengobati jerawat karena alergi kosmetik, jelas Anda harus menghentikan pemakaian kosmetik tersebut.

4. Rambut yang kotor dan jarang dibersihkan


Selain karena kondisi tubuh dan juga wajah, munculnya jerawat juga bisa disebabkan karena rambut yang kotor. Mengapa? karena rambut merupakan bagian tubuh yang cukup dekat dengan wajah Anda. Jika rambut kotor dan membawa banyak kuman, maka jelas wajah juga akan mudah terpapar oleh kuman-kuman yang bersarang pada rambut.

Makanan penyebab jerawat


Tidak banyak yang menyadari bahwa sebenarnya ada jenis-jenis makanan tertentu yang bisa menyebabkan timbulnya jerawat. Dan makanan-makanan penyebab jerawat ini menjadi salah satu faktor utama kegagalan seseorang dalam mengobati jerawat. Logikanya, bagaimana seseorang akan berhasil menghilangkan jerawatnya, sementara dia terus mengkonsumsi Makanan penyebab jerawat.

Untuk mengetahui Makanan penyebab jerawat, berikut informasinya:

1. Makanan mengandung gula tinggi


Jenis makanan yang mengandung kadar gula tinggi akan mudah menimbulkan jerawat. Alasannya karena jika dikonsumsi makanan berkadar gula tinggi akan mempengaruhi hormon dalam tubuh. jika konsumsi makanan bergula tinggi seperti coklat, es krim, cake, dan lainnya tidak dibatasi maka Anda harus siap-siap berjerawat.

2. Makanan mengandung susu


Makanan dengan bahan dasar susu atau mengunakan bahan campuran susu juga menjadi Makanan penyebab jerawat.

3. Makanan berlemak


Makanan berlemak menjadi jenis makanan lainnya yang perlu dikurangi ketika wajah berjerawat. Mengapa?, karena makanan berlemak akan membuat produksi minyak wajah menjadi tidak stabil. Dan makanan berlemak yang termasuk jenis Makanan penyebab jerawat ini harus benar-benar diminimalisir konsumsinya.

Artikel lainnya:
Obat Penghilang Bekas Jerawat Alami Dan Ampuh
Inilah Obat Jerawat Alami Paling Ampuh Dan Cepat
Cara Mencegah Jerawat Secara Alami Dan Cepat Hilang