Penyebab Jerawat Di Wajah Dan Cara Mengatasinya

Mengatasi jerawat yang berjibun seringkali membuat seseorang tidak memperhatikan penyebab jerawat. Alhasi, penanganan terhadap jerawat hanya berlangsung sebentar. Dan pada akhirnya jerawat berhasil muncul kembali karena orang tersebut masih tidak memperhatikan penyebab dari jerawat.

Pentingnya mengatasi jerawat

penyebab jerawat

Jika ditanya apakah penting menghilangkan jerawat?, maka sebagian orang akan menjawab sangat penting. Terlebih bagi para wanita, tentu kemunculan jerawat bahkan bisa menjadi sebuah mimpi buruk.

Lihat juga:
3 Jenis Makanan Penyebab Jerawat Yang Harus Dihindari
5 Cara Menghilangkan Bopeng Bekas Jerawat Alami Dan Cepat
5 Obat Jerawat Batu Alami Paling Ampuh Dan Cepat
5 Cara Menghilangkan Jerawat Batu Secara Alami Dan Cepat

Jerawat pada umunya akan tubuh diwajah, meski terkadang ada jerawat yang muncul ipunggung ataupun bagian lainnya. namun pada intinya, jerawat tetaplah akan menimbulkan ganggguan, diantaranya :

1. Merusak penampilan


Timbulnya jerawat yang dapat merusak penampilan tentu adalah jerawat yang muncul pada wajah. Jika seseorang mengatakan bahwa wajah tanpa jerawat bagaikan langit tanpa bintang, maka itu sangatlah salah. Wajah tanpa jerawat akan nampak lebih indah, berbeda dengan langit tanpa bintang yang akan nampak tidak indah.

2. Menimbulkan rasa nyeri


Jerawat yang terlalu banyak bisa menimbulkan rasa nyeri. Hal ini dikarenakan adanya peradangan pada kulit sehingga menimbulkan rasa sakit atau rasa nyeri pada bagian yang berjerawat.

3. Membuat wajah berlubang atau bopeng


Timbulnya jerawat yang terlalu banyak pada wajah juga dapat meninggalkan bekas yang menyebalkan. Bekas jerawat ini bia seperti lubang-lubang kecil atau yang sering disebut dengan bopeng. Terjadinya bekas jerawat bopeng ini disebabkan karena akar jerawat terlalu dalam sehingga meninggalkan bekas.

Beberapa gangguan-gangguan serta keidak nyaman karena adanya jerawat sebenarnya patut untuk disadari. karena selain akan menurunkan nilai penampilan juga akan dapat menimbulkan rasa sakit serta kerusakan wajah. Dengan begitu, mencegah terjadinya jerawat menjadi pilihan yang sepantasnya dilakukan.

Penyebab jerawat dan cara pencegahannya


Mencegah timbulnya jerawat sejatinya menjadi perkara yang mudah dibanding dengan mengatasi jerawat itu sendiri. dengan tercegahnya jerawat, maka tentunya Anda tidak perlu report-repot untuk mencari cara bagaimana mengatasi jerawat. Namun sebelum mencegah jerawat, Anda perlu mengetahui beberapa penyebab jerawat berikut ini :

1. Dampak adanya stress


Jika berbicara mengenai stress, tentu siapapun pernah mengalaminya. Dan jangan heran ketika Anda stress, jerawat akan banyak tumbuh diwajah. hal ini disebabkan karena stress dapat mengacaukan sistem hormonal dalam tubuh sehingga menyebabkan timbulnya jerawat.

2. Ketidakstabilan hormon progesteron


Khusus bagi wanita, penurunan hormon progesteron akan mempengaruhi timbulnya jerawat. Keadaan ini akan biasa dialami para wanita ketika mereka sedang menstruasi.

3. Ketidakstabilan hormon testosteron

Hormon testosteron merupakan hormon yang ada pada laki-laki. Sama halnya pada wanita, ketiakstabilan hormon testosteron juga akan menyebabkan timbulnya jerawat pada laki-laki.

4. Produksi minyak berlebih


penyebab jerawat yang sering dialami baik laki-laki maupun perempuan adalah karena kondisi kulit mereka yang berminyak. Wajah yang berminyak akan mudah menangkap kotoran, debu, dan pertikel lainnya yang ada di udara. Akibatnya, pertikel tersebut akan dapat menutupi kulit dan akhirnya menimbulkan jerawat.

5. Sering menyentuh wajah dengan tangan


Disadari atau tidak, timbulnya jerawat seringkali disebabkan karena seringnya kita menyentuh wajah. Padahal jelas kita tahu bahwa tangan merupakan bagian tubuh yang rentan dengan kuman dan juga bakteri. Jika tangan yang penuh kuman menyentuh wajah, maka wajahpun bisa tercemar dan pada akhirnya menyebabkan jerawat.

6. Banyaknya darah kotor yang tidak keluar


Timbunan jerawat pada wajah juga bisa disebabkan karena banyaknya darah kotor. Karena alasan inilah kemudian seseorang bisa disarankan untuk donor darah agar tidak jerawatan.

7. Konsumsi alkohol dan merokok


Konsumsi alkohol akan mudah mengacaukan sistem hormonal ataupun sistem lainnya yang ada di dalam tubuh. kemudian jika ditambah dengan merokok, maka jelas orang tersebut akan mengalami ketidakstabilan hormon, ketiddakstabilan sekresi kulit dan lain sebagainya. dengan begitu, tidak heran jika wajah pemabuk dan perokok akan mudah ditumbuhi jerawat.

Setelah mengetahi beberapa penyebab jerawat diatas, tentu Anda sudah dapat menyimpulkan sendiri tentang bagaimana mencegah timbulnya jerawat. Selain itu, setelah mengetahui penyebab jerawat, maka Anda haruslah lebih bisa dalam memelihara kesehatan tubuh an juga penampilan.

Artikel lainnya:Obat Penghilang Bekas Jerawat Alami Dan Ampuh
Inilah Obat Jerawat Alami Paling Ampuh Dan Cepat