5 Obat Mencret Alami Untuk Anak Dan Dewasa

Obat mencret alami - Beberapa orang mengenal istilah diare dengan sebutan “mencret” yang mana disebabkan karena bakteri ataupun virus yang menyerang saluran pencernaan. Seseorang yang terkena penyakit diare akan mengalami buang air besar dengan frekuensi yang tidak normal yaitu sekitar 3 kali dalam sehari atau bahkan lebih dengan keadaan feses yang didominasi oleh cairan. Hal seperti ini disebabkan oleh kegagalan dalam penyerapan air dalam usus sehingga menimbulkan perubahan kondisi pada feses tersebut.

Hal buruk yang bisa terjadi jika seseorang menderita dehidrasi karena kurangnya cairan dalam tubuh adalah terancamnya jiwa penderita diare tersebut. Oleh sebab itu, saat anda ataupun keluarga anda terserang diare atau mencret, alangkah baiknya jika anda segera melakukan pengobatan sehingga anda bisa menghidarkan diri dari dampak buruk yang bisa mengancam keselamatan jiwa anda.
Ramuan Obat mencret yang Manjur

Obat mencret alami
Berbagai jenis obat bisa anda gunakan mulai dari yang instan sampai jenis obat mencret yang terbuat dari ramuan herbal yang memanfaatkan tanaman obat-obatan di sekeliling anda. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa anda coba untuk obat mencret:

1. Mengkonsumsi yogurt


Yougurt dikenal sebagai hasil fermentasi dari susu sapi dengan bantuan bakteri Lactobacillus acidophilus dan Bifidobacterium. Kandungan yougurt yang berupa prebiotik sangat baik untuk menjaga kesehatan usus. Jika dikaitkan dengan permasalahan penyakit diare, maka bakteri baik yang terdapat pada yougurt akan melawan bakteri jahat penyebab diare.

Sebuah penelitian di Amerika menyebutkan bahwa kandungan prebiotik pada yougurt sangat baik untuk mengurangi diare yang disebabkan karena penggunaan antibiotik. Hasil penelitian yang kemudian diterbitkan di Journal of American Medical Association ini juga menyebutkan bahwa yoghurt dapat mengobati diare yang disebabkan karena infeksi bakteri pada usus.

Dengan mengkonsumsi dua kemasan kecil yougurt maka anda sudah melakukan pencegahan terhadap penyakit diare.

Lihat juga:
8 Obat Sakit Gigi Paling Ampuh Cepat Dan Mujarab
Ini Obat Herbal Darah Tinggi yg Ampuh
7 Obat Sakit Maag Alami Tradisional Yang Bagus
7 Obat Gatal Alergi Kulit Alami Tradisional

2. Memanfaatkan tanaman kunir


Tanaman jahe sangat efektif untuk mengobati segala jenis penyakit termasuk diare. Untuk memanfaatkan kunir sebagai obat mencret, maka anda harus mempersiapkan kunyit dengan ukuran setengan jari, kapur sirih satu sendok teh serta satu gelas air putih.

Bersihkan kunyit dan rebus kunyit dengan segelas air sampai tersisa sepertiga panci kemudian anda bisa menambahkan air kapur sirih dan mengaduknya sampai rata. Setelah rebusan kunyit tersebut dingin, maka anda bisa mengkonsumsinya sebanyak tiga kali sehari sampai sakit diare yang anda alami mulai reda.

3. Mengkonsumsi pisang


Buah pisang merupakan salah satu jenis buah yang bisa digunakan untuk mengobati diare. Hal ini disebabkan karena kandungan buah pisang yang berupa pektin sangat membantu dalam pemadatan feses sehingga feses yang dikeluarkan tidak berbentuk cair.

Selain mengandung pektin, pisang juga mengandung kalium yang merupakan sejenis elektrolit yang mendukung sistem pencernaan dalam tubuh. Oleh sebab itu, jika anda mengalami diare, anda bisa mengkonsumsi pisang dengan jumlah yang cukup untuk membantu pemadatan feses anda.

4. Membuat ramuan oralit


Cara seperti ini merupakan pengobatan diare yang kerap kali dilakukan oleh para ibu rumah tangga dengan tujuan untuk menghindarkan anaknya dari resiko kehilangan cairan dari dalam tubuh.

Obat mencret seperti ini dibuat dengan mencampurkan gula serta garam dalam satu gelas air matang yang kemudian dikonsumsi secara rutin sampai sakit diare yang dirasa benar-benar sembuh. Dengan mengkonsumsi cairan oralit semacam ini, maka tindakan ini juga membantu anda untuk mengurangi frekuensi buang air besar yang terkadang jumlahnya melebihi normal.

Di samping mengkonsumsi cairan oralit, anda juga disarankan untuk tetap mengkonsumsi air putih, sebab ketika anda terserang diare, maka anda akan kehilangan cairan dalam tubuh dalam jumlah yang banyak dan untuk menggantikannya, anda perlu mengkonsumsi air putih.

5. Mengkonsumsi cuka apel


Cuka apel atau yang biasa disebut dengan apple cider vinegar mampu meredakan sakit diare yang anda derita. Penggunaan cuka apel ini sangat baik bagi penderita diare karena kandungan zat yang terdapat pada cuka apel mampu untuk melawan bakteri penyebab diare.

Untuk mengkonsumsi cuka apel sebagai obat pereda diare, maka anda dapat mencampurkan satu sendok teh cuka apel ke dalam segelas air yang kemudian anda konsumsi sebanyak satu atau dua kali dalam sehari. Dengan melakukan hal semacam ini, maka sakit diare yang anda derita akan berkurang.
Yang perlu diperhatikan ketika mengonsumsi obat mencret

Ketika anda terserang diare, kemungkinan anda akan mengalami kondisi muntah bahkan lemas yang dikarenakan hilangnya cairan elektrolit dalam tubuh sehingga menimbulkan dehidrasi pada penderitanya. Maka hal yang perlu anda perhatikan adalah memperhatikan asupan makanan yang anda konsumsi. Dalam hal ini anda dilarang untuk mengkonsumsi makanan yang pedas karena dapat memperparah kondisi sakit anda.

Dengan mengkonsumsi obat mencret yang sesuai, maka anda telah berusaha untuk menghindarkan dari resiko yang lebih parah. Selain itu, anda juga harus berusaha untuk mengubah pola hidup anda demi menjaga kesehatan anda serta supaya terbebas dari sakit diare.

Artikel lainnya:
7 Obat Sakit Maag Alami Tradisional Yang Bagus
Ini Obat Herbal Darah Tinggi yg Ampuh
8 Obat Sakit Gigi Paling Ampuh Cepat Dan Mujarab
4 Obat Pelangsing Herbal Yang Aman