Cara Menurunkan Kolesterol Secara Alami Dan Cepat

Kolesterol tinggi merupakan pemicu terjadinya beberapa penyakit. Apabila tidak di atasi dengan tepat, maka hal itu tidak akan baik bagi kesehatan anda. Untuk cara menurunkan kolesterol sendiri terdapat beberapa variasi cara, antara lain menggunakan media obat alami berbahan tradisional dan yang sehat. Karena tidak memiliki efek samping yang dapat merusak fungsi organ tubuh bagian dalam.


Aneka Resep alami cara menurunkan kolesterol


Mengkonsumsi obat yang berbahan kimia akan memiliki efek jangka panjangnya. Sehingga jika anda menggunakan obat-obat alami, akan lebih aman dan minim efek negatif. Berikut ini obat dan resep sebagai cara menurunkan kolesterol:

cara menurunkan kolesterol

Untuk menurunkan kolesterol dengan bahan tradisional nan alami, anda dapat mencoba beberapa resep ampuh yang di paparkan di bawah ini:

1. Sambiloto


Tanaman herbal yang satu ini memang di percaya sejak zaman nenek moyang kita untuk dimanfaatkan guna peluruh kolesterol. Untuk mempergunakannya, anda harus mempersiapkan 20 gram sambiloto kering. Selanjutnya, anda dapat merebusnya menggunakan 3 gelas air bersih, tunggu dan biarkan tersisa menjadi 1 gelas. Kemudian tunggu sejenak sampai dingin, barulah dapat anda saring lalu di konsumsi. Minumlah secara rutin.

Lihat juga:
Obat Sakit Kepala Alami Ampuh Dan Cepat
7 Obat Sakit Maag Alami Tradisional Yang Bagus
Ini Obat Herbal Darah Tinggi yg Ampuh
8 Obat Sakit Gigi Paling Ampuh Cepat Dan Mujarab

2. Labu siam


Labu siam juga dapat menjadi alternatif cara menurunkan kolesterol secara alami. Untuk penggunaannya ialah dengan memotong labu siam berukuran sedang menjadi bagian yang kecil-kecil. Sebelumnya kupas terlebih dulu. Lalu haluskan dengan cara di blender atau di parut. Kemudian ambil sarinya dan minum.

3. Tempe


Makanan berbahan baku kedelai ini ternyata bisa anda manfaatkan sebagai media obat yang dapat meluluhkan koelsterol tinggi. Caranya cukup simpel, yakni anda dapat mengolahnya dengan berbagai cara seperti di kukus, rebus ataupun di buat olahan tempe bacem. Asal jangan di goreng.

4. Kunyit


Kunyit merupakan salah satu tanaman herbal ternama yang sudah dikenal masyarakat. Kunyit memang memiliki banyak sekali khasiat, salah satunya menurunkan kolesterol. Anda dapat merebus kunyit dan digunakan sebagai jamu tradisional penurun kolesterol.

5. Seledri


Anda dapat memanfaatkan seledri untuk menurunkan kadar trigliserida darah. Selain harganya murah, seledri juga dapat anda temukan dengan mudah. Caranya dengan memotong seledri menjadi bagian-bagian kecil kemudian merebus dan menyaringnya hingga bisa di konsumsi. Rebusan seledri juga baik bagi ginjal.
Media buah-buahan sebagai peluruh kolesterol

Selain menggunakan tanaman obat herbal dan sayuran, anda juga bisa menggunakan alternatif buah-buahan yang kaya akan vitamin untuk menurunkan kadar kolesterol.

Aneka buah tersbeut ialah:

1. Alpukat


Buah yang satu ini merupakan buah kaya akan vitamin dan HDL atau kolesterol baik. Kandungan HDL inilah yang nantinya akan memerangi LDL atau kolesterol jahat dalam tubuh kita.

2. Belimbing manis


Belimbing memiliki kandungan serat yang cukup banyak. Selain itu ia juga diperkaya akan vitamin C. Inilah yang menjadikannya obat penurun kolesterol yang efektif. Selain rasanya lezat ternyata buah ini juga kaya akan manfaat.

3. Apel


Buah berbentuk bulat ini memiliki kandungan nutrisi dan vitamin yang cukup bermanfaat bagi kesehatan organ tubuh anda. Dengan mengkonsumsi 2 buah apel sehari maka kadar LDL dalam tubuh anda akan menurun signifikan hingga 40%. Tidak ada salahnya buka jika anda mencobanya?

4. Jambu Merah


Pada jambu merah terdapat banyak kandungan senyawa seperti: flavonoid, selenium, karotenoid, vitamin C dan E. Zat antioksidan berupa falvonoid tersebut yang akan menurunkan kadar LDL dalam tubuh. Anda dapat mengkonsumsi jambu merah secara langsung atau membuatnya menjadi sebuah jus lezat kaya manfaat.

Bahaya kolesterol tinggi jika tidak segera di atasi


Kolesterol tinggi akan menimbulkan beberapa dampak yang tidak baik bagi kesehatan anda. Selain itu dengan mudahnya cara menurunkan kolesterol yang telah di paparkan di atas harusnya mendorong anda untuk segera mengatasi kolesterol tinggi anda tersebut. Kolesterol itu sendiri sebenarnya dapat diperoleh karena supan makanan. Terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak juga dapat menjadi pemicu kadar LDL tinggi. Jika anda belum mengetahui bahaya kolesterol, lebih baik anda simak ulasan di bawah ini:

Jika keadaan LDL tinggi secara terus-menerus di biarkan, maka dampaknya tidak akan baik bagi anda. Kolesterol akan dapat memicu terjadinya penyakit berat seperti jantung. Hal ini bisa terjadi karena kolesterol yang terlalu tinggi kemudian mengendap dalam pembuluh darah dan menjadi plak. Kemudian menyumbat aliran darah. Kejadian ini juga dapat menyebabkan terjadinya penyakit stroke.

Maka dari itu, mulai dari sekarang berupayalah untuk mengendalikan kolesterol. Caranya cukup mudah, yakni dengan membatasi asupan makanan yang berlemak, memiliki kandungan kolesterol tinggi dan rajin olahraga. Selain itu, rutinlah melakukan pemeriksaan kolesterol di laboratorium, agar anda dapat mengetahui berapa kolesterol anda, normal atau tidakkah. Dan jika tidak, anda dapat melakukan penanganan serta antisipasi.

Artikel lainnya:
Tips Mengecilkan Perut Buncit Secara Alami Dan Cepat
5 Cara Meninggikan Badan Secara Alami Dan Cepat
4 Cara Membentuk Otot Perut Secara Sederhana Dan Cepat
7 Cara Mengecilkan Lengan Tangan Alami Dan Cepat