0
Tipscaraalami.com - Obat herbal darah tinggi - Tekanan darah tinggi pada umumnya banyak diderita oleh orang dewasa usia 30 tahun keatas. Tekanan darah tinggi atau yang biasanya disebut dengan hipertensi adalah penyakit tekanan darah yang tinggi pada pembuluh darah dalam waktu yang berangsur lama. Tekanan darah tinggi juga dapat disebabkan oleh penyempitan pembuluh darah sehingga menimbulkan timbunan lemak di dalam tubuh. Penyakit hipertensi dapat mengakibatkan penyakit jantung koroner ( pkj ) sampai gagal ginjal. Faktor-faktor penyebab hipertensi diantaranya faktor keturunan, usia, stress karena beban pikiran, banyak mengonsumsi garam, jarang berolahraga, dan kegemukan ( obesitas ).

Ciri-ciri tekanan darah normal yaitu berkisar antara 90 – 120 untuk sistolik serta 60 – 80 untuk diastolik. Apabila melebihi angka diatas, bisa dipastikan Anda menderita penyakit tekanan darah tinggi. Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk menurunkan tekanan darah tinggi dengan cara alami, Anda bisa mencoba obat herbal darah tinggi.
obat herbal darah tinggi
Ilustrasi (c) Pixabay.com/bykst

Langkah-langkah menurunkan tekanan darah tinggi dengan obat herbal darah tinggi antara lain :

Obat Herbal Darah Tinggi

1. Banyak mengkonsumsi buah dan sayur
Langkah pertama menurunkan tekanan darah tinggi atau obat herbal darah tinggi adalah dengan banyak konsumsi buah dan sayur yang kaya serat setiap hari, seperti jeruk, apel, pisang, bayam, brokoli, kacang panjang, dan buncis . Buah dan sayur tersebut akan membantu menurunkan tekanan darah tinggi Anda.Untuk memasak sayur itu sendiri Anda harus berhati-hati dalam memilih bumbu yang akan Anda gunakan. Hindari penggunaan garam berlebihan.

2. Hindari garam
Langkah kedua menurunkan tekanan darah tinggi dan obat herbal darah tinggi yaitu dengan cara diet mengonsumsi garam (sodium/natrium). Hindari kebiasaan menambahkan garam pada saat makan. Tentunya makanan yang Anda pilih mengandung rendah sodium agar tekanan darah Anda tetap stabil karena kandungan garam yang berlebih akan menaikan tekanan darah Anda.

3. Mengkonsumsi suplemen
Langkah ketiga menurunkan tekanan darah tinggi dengan perbanyak mengonsumsi suplemen potasium/kalium 2-4 gram setiap harinya atau juga bisa mengonsumsi buah atau sayur yang mengandung potasium misalnya alpukat, melon, pare, labu siam, bligo, labu parang, mentimun, dan lidah buaya. Buah-buahan diatas bisa Anda nikmati dengan cara di buat jus.

4. Konsumsi omega 3
Selain suplemen, obat herbal darah tinggi lainnya adalah mengomsumsi makanan yang mengandung unsur omega 3. Omega 3 sangat membantu menurunkan tekanan darah tinggi Anda. pada umumnya omega 3 diramu dengan obat diuretik yaitu tablet hydrochlorothiazide ( hct ) serta lasix ( furosemide ). Obat ini adalah golongan obat hipertensi yang bekerja merangsang pengeluaran cairan tubuh melewati urin. Bisa juga menggunakan beta-blockers seperti atenolol ( tenorim ) dan capoten ( captopril ). Manfaatobat ini adalah untuk pengontrolan tekanan darah dengan langkah memperlambat kerja jantung serta memperlebar pembuluh darah.

5. Jus seledri
Langkah kelima menurunkan tekanan darah tinggi dengan mengonsumsi jus seledri. Daun seledri banyak manfaatnya untuk menurunkan tekanan darah tinggi dan juga sebagai obat herbal darah tinggi. Tidak hanya harganya yang murah namun daun seledri memang sudah lama dipergunakan sebagai obat tradisional china. Minum jus seledri setiap hari dapat membantu menurunkan tekanan darah. Daun seledri kaya akan kalium, mineral serta antioksidan yang ada di dalamnya.

Seledri juga memiliki kandungan senyawa 3-n-butil-phthalide yang berguna untuk merenggangkan atau melebarkan otot-otot dinding arteri hingga memungkinkan darah mengalir lebih lancar. Pthalides akan membantu mengurangi hormon stres yang dapat mengakibatkan pembuluh darah mengerut. 

Manfaat dari sayuran penurun darah tinggi ini telah dibuktikan oleh banyak peneliti. Cara mengkonsumsi sayuran ini mudah sekali dengan memcuci bersih seledri lalu campurkan segelas air masak dan seledri kedalam blender. Setelah diblender kemudian saring jus seledri tersebut. Sebaiknya konsumsi satu gelas jus setiap harinya.

6. Bawang putih
Untuk yang terakhir obat herbal darah tinggi adalah dengan bayak mengonsumsi bawang putih. Bawang putih sendiri mengandung senyawa alisin yang berguna untuk menghindari pembekuan darah. Selain itu bawang putih bisa membantu menghancurkan lemak serta membantu menurunkan kandungan kolesterol jahat yang terkandung dalam tubuh Anda.

Itulah beberapa obat herbal darah tinggi dan juga langkah cara menurunkan tekanan darah tinggi secara alami. Ingat, sehat itu mahal harganya, jadi pastikan makanan yang Anda konsumsi tidak mengandung zat pemicu penyakit tekanan darah tinggi. Bagi siapa saja yang menderita tekanan darah tinggi sebaiknya rutin melakukan olahraga 2 sampai 3 kali setiap minggunya. Sayangi kesehatan Anda bila Anda tidak ingin menderita tekanan darah tinggi.

Nah, setelah mengetahui beberapa obat herbal darah tinggi, jangan lewatkan artikel kesehatan dari tipscaraalami.com lainnya, seperti gejala usus buntu, dan tanda-tanda penyakit diabetes. Semoga bermanfaat!
loading...
loading...
 
Top