4 Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami Dan Cepat

Cara menghilangkan komedo - Komedo merupakan salah satu permasalahan kulit yang cukup menyebalkan dan ini bisa saja terjadi pada pria maupun wanita.

Apa itu komedo? Apakah Anda salah satu orang yang memiliki masalah tersebut? Komedo adalah salah satu permasalahan kulit yang terjadi karena adanya penyumbatan pada pori-pori kulit sehingga memunculkan tonjolan kecil-kecil yang berwarna putih yang biasa dikenal dengan whitehead. Tonjolan tersebut juga bisa muncul berwarna hitam yang disebut blackhead. Atau kadang komedo ini juga bisa muncul berwarna kekuning-kuningan. Komedo tersebut biasa muncul pada wajah khususnya daerah hidung dan sekitar mata.

Cara menghilangkan komedo
Ada beberapa penyebab kenapa komedo gampang muncul pada kulit kita. Penyebab munculnya komedo tersebut diantaranya adalah produksi hormon yang meningkat dalam tubuh. Hormon tersebutlah yang memicu kelenjar minyak untuk aktif dan mengeluarkan minyak secara berlebihan. Minyak berlebih inilah yang menyebabkan tersumbatnya pori-pori dan ketika terinfeksi akan memudahkan bakteri masuk dan menyebabkan komedo. Kelebihan hormon tersebut biasa terjadi pada saat pubertas atau masa menstruasi.

Selain itu, komedo juga bisa disebabkan karena gaya hidup yang kurang sehat. Seperti halnya merokok, mengkonsumsi alkohol ataupun terlalu sering begadang. Stres yang berlebih juga akan memicu tumbuhnya komedo. Faktor makanan yang kurang sehat seperti sering mengkonsumsi junk food atau makanan yang berlemak juga salah satu pemicu tumbuhnya komedo. Pengunaan make up yang berlebih juga bisa menyebabkan komedo karena tumpukan makeup yang terlalu tebal mengganggu kebebasan kulit dalam bernafas. Oleh sebab itu, rajinlah mencuci muka setiap Anda pulang beraktifitas.

Lihat juga:
Penyebab Jerawat Di Wajah Dan Cara Mengatasinya
3 Jenis Makanan Penyebab Jerawat Yang Harus Dihindari
5 Cara Menghilangkan Bopeng Bekas Jerawat Alami Dan Cepat
5 Obat Jerawat Batu Alami Paling Ampuh Dan Cepat

Lalu bagaimana cara menghilangkan komedo? Karena komedo sangat mengganggu penampilan Anda, tentu Anda ingin cepat-cepat mengusir komedo dari kulit Anda bukan? Anda bisa menghilangkan komedo dengan cara-cara yang gampang untuk Anda lakukan. Berikut ini adalah tips cara menghilangkan komedo yang alami, cepat dan tepat untuk bisa Anda coba.

Putih Telur Mengatasi Komedo


Putih telur bisa menjadi salah satu cara menghilangkan komedo. Karena putih telur dapat mengangkat sel kulit mati secara cepat. Caranya adalah dengan menggunakannya sebagai masker. Oleskan masker putih telur pada wajah secara merata lalu diamkan selama 20 menit. Setelah itu bilaslah dengan air dan sabun sampai bersih dan bau amisnya hilang. Cara tesebut sudah terbukti ampuh sebagai salah satu cara menghilangkan komedo. Karena khasiat putih telur yang digunakan untuk perawatan kulit sudah dibuktikan oleh banyak orang sejak lama.

Jeruk Nipis Mengatasi Komedo


Jeruk nipis selain berfungsi sebagai pencerah kulit juga bisa menjadi salah satu cara menghilangkan komedo. Kandungan asam di dalam jeruk nipis bagus untuk mengangkat komedo dan sel kulit mati. Untuk menggunakan jeruk nipis sebagai cara menghilangkan komedo, caranya cukup mudah dengan memanfaatkan air dari peresan jeruk nipis tersebut. Gunakan air peresan tersebut pada daerah hidung atau daerah yang ditumbuhi komedo. Selang beberapa menit, kemudian bilaslah dengan menggunakan air hangat untuk mengangkat komedo. Setelah selesai, kembalilah bilas dengan air dingin untuk kembali menutup pori-pori pada kulit. Cukup mudah bukan cara menghilangkan komedonya?

Pepaya Menghilangkan Komedo


Pepaya, selain mengandung banyak serat dan bagus untuk kelancaran pencernaan juga bisa dimanfaatkan sebagai cara menghilangkan komedo. Pepaya sangat bagus untuk perawatan kulit terutama menghilangkan komedo karena alami dan tidak memiliki efek samping. Cara menghilangkan komedo dengan pepaya adalah dengan menggunakannya sebagai masker. Ambillah pepaya yang sudah matang, lalu ambillah dagingnya dan dihaluskan. Setelah halus, Anda bisa mencampurnya dengan dua sendok teh madu, lalu usapkanlah pada wajah secara merata sebagai masker. Biarkan 20 menit sampai 30 menit lalu bilaslah dengan air hangat yang kemudian di susul dengan air dingin untuk menutup pori-pori. Cara ini bisa Anda lakukan secara rutin menjelang tidur dan bangun tidur.

Lidah Buaya Menghilangkan Komedo


Selama ini lidah buaya sering dimanfaatkan sebagai perawatan rambut. Tahukah Anda jika lidah buaya juga bisa dimanfaatkan sebagai cara menghilangkan komedo? Caranya cukup mudah yakni dengan memanfaatkan 1 buah lidah buaya yang telah dicuci bersih lalu membelahnya menjadi dua bagian. Oleskan secara merata gel atau lendir dari lidah buaya tersebut pada hidung, wajah atau daerah yang terkena komedo. Biarkan beberapa menit dan bilaslah dengan air sampai bersih. Lakukanlah tiap pagi dan sore. Selamat mencoba, karena cara tersebut terbukti mujarab sebagai cara menghilangkan komedo.

Artikel lainnya:
5 Cara Menghilangkan Jerawat Batu Secara Alami Dan Cepat
Obat Penghilang Bekas Jerawat Alami Dan Ampuh