5 Cara Menghilangkan Noda Hitam Bekas Jerawat Cepat Alami

Cara Menghilangkan Noda Hitam Bekas Jerawat - Bagi wanita jerawat adalah musuh terbesar mereka. Kehadiran jerawat yang menonjol pada permukaan kulit wajah entah itu jerawat yang berukuran kecil-kecil atau jerawat batu tentu sangat mengganggu. Pasalnya jerawat dapat mengurangi tingkat kecantikan seorang wanita. Jerawat sendiri disebabkan karena wajah yang kotor atau karena faktor hormon. Apapun yang menjadi penyebabnya, para wanita akan berjuang keras untuk dapat menghilangkan jerawat tersebut. Setelah masalah jerawat selesai, biasanya masalah belum selesai sampai di sana karena jerawat tersebut akan meninggalkan bekas yang berupa flek atau noda hitam. Lebih parahnya lagi, noda tersebut jauh lebih sulit dihilangkan dan dapat bertahan lama di wajah. Tentu hal ini sangat menyebalkan bukan?

Cara Menghilangkan Noda Hitam Bekas Jerawat
Cara menghilangkan noda hitam bekas jerawat memang dapat dikatakan gampang-gampang susah. Namun semua itu memerlukan kesabaran dan ketelatenan supaya noda tersebut segera menghilang. Ada berbagai cara yang dapat dilakukan untuk menghilangkan noda hitam bekas jerawat mulai dari penggunaan bahan – bahan yang bersifat alami maupun obat racikan dokter. Apapun cara yang digunakan semuanya tergantung dari pilihan pribadi masing-masing. Bagi Anda yang saat ini sedang berkutat mengatasi noda hitam bekas jerawat, cara di bawah ini mungkin dapat membantu mengatasi masalah tersebut.

Tomat


Buah dengan rasa asam manis ini dapat membantu mengatasi noda hitam akibat bekas jerawat. Tomat kaya akan antioksidan dan vitamin A yang dapat menstimulus kolagen alami dan membantu proses pembentukan sel kulit baru. Caranya haluskan satu buah tomat dengan cara ditumbuk atau diblender. Setelah itu oleskan pada wajah yang terdapat noda hitam. Diamkan selama 15 menit kemudian bilas.

Es Batu


Es batu yang biasa ditambahkan ke dalam minuman ternyata dapat menjadi bahan alami untuk cara menghilangkan noda hitam bekas jerawat. Cara penggunaan es batu ini juga sangat mudah dan praktis yaitu bungkus es batu dalam handuk bersih. Setelah itu gosokkan di area yang terdapat noda bekas jerawat selama kurang lebih 15 menit. Lakukan cara ini setiap hari untuk mendapatkan hasil yang efektif.

Baking Soda


Selain es batu, bahan lainnya yang dapat digunakan adalah baking soda. Bahan yang satu ini ternyata dapat membantu menyamarkan noda hitam bekas jerawat. Tetapi jika Anda memiliki kulit yang sensitif sebaiknya tidak menggunakan cara ini. Untuk penggunaannya, campur baking soda dengan air sampai teksturnya seperti pasta. Setelah itu oleskan pasta baking soda ini di wajah, khususnya bagian noda hitam. Baking soda diketahui dapat mengangkat sel – sel kulit mati dan menyamarkan bekas luka di wajah karena sifatnya yang merupakan eksfoliator alami. Selain dapat menghilangkan noda hitam bekas jerawat, baking soda dapat menjadikan kulit wajah lebih bersih.


Masker Aspirin


Aspirin merupakan obat yang memiliki sifat anti inflamasi. Selain itu obat ini juga memiliki kandungan asam salisilat yang telah banyak digunakan untuk perawatan jerawat. Masker aspirin bermanfaat untuk membantu melembutkan kulit wajah sekaligus mengurangi perubahan warna kulit. Untuk membuat masker aspirin, caranya hancurkan 4 atau 5 tablet aspirin sampai lembut. Setelah itu campur dengan yoghurt plain. Oleskan masker tersebut di bagian wajah dan diamkan selama sekitar 15 menit. Setelah itu cuci wajah sampai bersih dengan air hangat. Keringkan wajah dan oleskan pelembab sesuai dengan jenis kulit Anda. Namun perlu dicatat bahwa masker aspirin ini tidak disarankan untuk orang yang alergi aspirin.

Microdermabrasi


Jika Anda mencari cara yang lebih cepat untuk mengatasi noda hitam di wajah, Anda dapat melakukan microdermabrasi. Perawatan ini sudah banyak ditawarkan di salon dan klinik kecantikan. Pada dasarnya microdermabrasi merupakan teknik pengikisan kulit luar atau mengelupas sel – sel kulit mati dengan menggunakan kristal mikro maupun bahan bertekstur lainnya. Bahan ini digunakan dengan cara digosokkan pada permukaan kulit untuk merangsang pertumbuhan sel kulit baru setelah mengangkat sel kulit mati. Biasanya jika melakukan perawatan ini, Anda juga wajib mengikuti pantangan seperti tidak boleh berenang dan wajib menggunakan sunblock atau sunscreen saat berada di luar ruangan.

Anda dapat memilih salah satu atau beberapa cara menghilangkan noda hitam bekas jerawat yang menurut Anda sesuai dengan jenis kulit Anda. Namun bila mencari cara yang instan dan lebih cepat sebaiknya lakukan perawatan di salon kecantikan karena hasilnya sudah dapat dilihat hanya dalam beberapa hari.