8 Cara Mengatasi Wajah Berminyak Secara Alami Cepat

Cara mengatasi wajah berminyak sebenarnya cukup mudah dan akan efektif asalkan dilakukan secara rutin dan sabar. Wajah berminyak memang membuat kurang percaya diri dan juga apabila tidak segera diatasi akan menyebabkan masalah jerawat pada wajah. Berikut akan dijelaskan beberapa cara mengatasi wajah berminyak dan apa saja penyebab wajah berminyak.

Cara mengatasi wajah berminyak

Penyebab wajah berminyak


Sebelum mengetahui cara mengatasi wajah yang berminyak, sebaiknya terlebih dahulu mengetahui apa yang menyebabkan wajah anda berminyak agar dapat mengatasinya dengan tepat. Penyebab wajah berminyak ialah:

· Genetik atau faktor keturunan. Salah satu penyebab kulit berminyak yang pertama ialah faktor keturunan, anda mungkin mendapatkan wajah berminyak anda karena orang tua anda juga memiliki wajah berminyak.

· Perubahan hormon. Wajah berminyak biasanya banyak dialami oleh para remaja yang sedang ada pada masa pubertas. Pada masa ini terjadi perubahan hormon sehingga menyebabkan hormon tidak seimbang. Selain itu, siklus haid juga dapat menyebabkan wajah berminyak karena perubahan hormon di dalam tubuh.

· Makanan yang berminyak. Jelas sekali makanan yang berminyak merupakan salah satu penyebab wajah berminyak karena makanan yang berminyak biasanya mengandung lemak jahat yang akan mengendap dan menyebabkan masalah minyak pada wajah.

Cara mengatasi wajah berminyak


Setelah mengetahui apa saja penyebab wajah berminyak, anda tentunya tahu hal apa saja yang harus dihindari dan kapan saja biasanya wajah berminyak terjadi. Namun itu saja tidak cukup untuk mengatasi wajah berminyak, berikut ialah beberapa hal yang dapat anda lakukan untuk mengatasi wajah berminyak.

· Membersihkan wajah


Salah satu cara untuk mengatasi wajah berminyak ialah dengan membersihkan wajah secara teratur. Hal itu dapat membantu untuk mengontrol kulit berminyak. Bersihkanlah wajah anda dengan menggunakan sabun wajah yang tepat untuk kulit berminyak secara rutin setidaknya 2 sampai 3 kali sehari. Jika anda keluar rumah, sebaiknya bersihkan wajah dan bagian leher setelah anda pulang untuk membersihkan debu dan kotoran yang melengket pada wajah berminyak.

· Konsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan


Sayur-sayuran dan buah-buahan memang memiliki banyak manfaat untuk tubuh manusia, salah satunya ialah untuk mengatasi wajah berminyak. Sayuran dan buahan memiliki banyak zat yang bagus untuk kulit wajah. Mengkonsumsi sayur dan buah terutama yang mengandung banyak vitamin C akan membantu mengurangi kadar minyak di dalam wajah. Sedangkan untuk sayuran sebaiknya anda memilih sayuran yang berwarna hijau karena akan membantu mengurangi minyak dalam wajah. Konsumsilah sayur dan buah secara rutin untuk membuat kulit anda menjadi lebih baik.


· Konsumsi air putih


Dengan mengkonsumsi air putih minimal delapan gelas per hari akan membuat tubuh anda menjadi sehat dan juga melancarkan metabolisme di dalam tubuh serta mengurangi kadar lemak di dalam tubuh, termasuk minyak pada wajah.

· Menghindari kafein dan soda


Minuman dan makanan yang mengandung kafein, soda serta gula dapat memicu wajah berminyak. Jadi sebaiknya anda menghindari makanan dan minuman yang megnadung zat-zat tersebut, seperti kopi. Lebih baik mengganti konsumsi kafein, soda dan gula dengan air putih.


· Gunakan putih telur


Gunakan putih telur sebagai masker untuk mengatasi wajah berminyak. Caranya dengan memisahkan terlebih dahulu putih telur degan kuning telur,lalu kocok putih telur sampai berbusa dan oleskan ke wajah, biarkan kering lalu basuh dengan air hangat. Lakukan secara rutin.


· Lemon


Lemon juga bisa digunakan untuk mengatasi wajah berminyak dengan cara mengambil air lemon lalu mengoleskannya ke wajah.

· Daun seledri


Anda dapat mengatasi wajah berminyak dengan menggunakan daun seledri, caranya ialah dengan memotong daun seledri lalu rebus dengan air, ambil air rebusan dan diamkan sampai dingin, lalu basuh wajah dengan air rebusan seledri yang telah dingin tersebut.

· Timun


Untuk menggunakan timun pada wajah berminyak anda cukup mudah dilakukan, anda hanya perlu memotong timun lalu menggosokkan bagian yang ada bijinya ke wajah, lalu diamkan beberapa menit lalu bersihkan dengan air hangat.

Itulah beberapa hal yang dapat anda lakukan sebagai cara mengatasi wajah berminyak.