5 Cara Membersihkan Komedo Secara Alami Di Hidung

Cara membersihkan komedo terbagi menjadi beberapa tips. Kamu bisa mencoba beberapa tips dengan bahan- bahan alami yang mudah ditemukan di rumah. Memiliki komedo di wajah merupakan hal yang sangat mengganggu. Selain menganggu penampilan, hal tersebut bisa membuat dirimu kurang percaya diri. Selain itu, perlu kamu ketahui, komedo dapat juga menimbulkan jerawat permanen di wajah.

Cara membersihkan komedo
Menghilangkan komedo harus melalui beberapa cara. Kamu tidak boleh sembarangan menggunakannya dengan tangan kosong. Hal tersebut bisa membuat wajahmu terkena bakteri yang dapat membuat kulit wajahmu iritasi. Baiklah, ada beberapa cara yang bisa kamu ikuti untuk menghilangkan komedo dengan praktis dan aman.

Bacalah artikel ini! Akan ada pembahasan mendalam tentang penyebab munculnya komedo dan cara membersihkan komedo dengan mudah. Jadi, kamu tak perlu menyiapkan budget khusus untuk masalah ini.

Apa itu Komedo?


Komedo merupakan pori- pori yang tersumbat. Pori- pori ini bisa bersifat tertutup maupun terbuka. Jika kamu menemukan pori- pori berwarna hitam yang membesar maka itu adalah komedo terbuka. Lalu bagaimana dengan komedo tertutup? Komedo ini terlihat seperti butiran putih halus dan kecil yang menempel di wajah kamu. Biasanya, komedo tipe ini banyak terdapat di area hidung maupun dekat mulut.

Penyebab Munculnya Komedo


Ada beberapa penyebab munculnya komedo. Perlu kamu ketahui, komedo dapat disebabkan oleh sel kulit mati dan juga minyak berlebih pada kulit wajah. Kondisi ini banyak terjadi pada remaja yang sedang mengalami pubertas atau saat menstruasi. Selain itu, komedo juga dapat disebabkan oleh make up berlebih yang menyebabkan kulitmu teriritasi.

Selain make up, pola hidup tidak sehat juga dapat mengakibatkan kondisi munculnya komedo pada wajah. Misalnya, banyak merokok dan mengkonsumi minuman beralkohol dan banyak mengandung kafein juga dapat menimbulkan komedo. Kondisi jiwa kamu serta pola makan seperti banyak mengkonsumsi cemilan juga dapat menjadi penyebab munculnya komedo. Tapi, kamu tak usah khawatir. Dengan mengikuti tips- tips mudah di bawah ini, kamu bisa menghilangkan komedo dengan mudah dan aman.

1. Banyak Mengkonsumsi Air Putih


Mengkonsumsi air putih minimal 8 gelas atau 2 liter per hari dapat membantu kamu menghilangkan komedo. Cara ini bisa memperlancar metabolisme tubuh serta mengeluarkan zat- zat beracun atau biasa disebut dengan proses detoksifikasi. Kotoran- kotoran dalam tubuh anda bisa di keluarkan dengan alami.

2. Perawatan Wajah dengan Rutin


Selain mengkonsumsi air putih, kamu juga dapat melakukan perawatan wajah dengan rutin. Dalam hal ini, kamu harus memperhatikan kebersihan wajahmu dengan baik. Kamu harus selalu mencuci wajah dengan pembersih khusus setelah beraktifitas di luar ruangan karena wajahmu sudah pasti terkena paparan sinar matahari dan debu.

Selain itu, sebelum tidur kamu harus mencuci wajahmu dari make up agar kulit wajah bisa bernapas dengan baik. Hal ini akan menjaga pori- pori pada wajah terhindar dari kotoran serta komedo. Jadi, jangan malas untuk selalu mencuci wajahmu dengan pembersih wajah.

3. Menggunakan Putih Telur


Langkah selanjutnya adalah dengan menggunakan bahan alami yang mudah ditemukan di dapur kamu. Putih telur dapat digunakan untuk membersihkan komedo pada wajah. Kamu bisa memisahkan putih telur dari kuningnya di dalam sebuah mangkuk. Setelah itu, kocoklah putih telur sampai berbusa. Kamu bisa menempelkannya pada wajah dengan menggunakan tisu. Tunggulah sampai kering. Setelah itu, kamu bisa melihat berapa banyak komedo yang terangkat pada tisu tersebut.

4. Uap Air Panas


Selain menggunakan putih telur, kamu juga bisa menggunakan air panas sebagai penguap wajah. Bagaimana caranya? Kamu bisa menuangkan air panas pada mangkuk besar dan menambahkan garam. Kamu bisa langsung menguapkan wajahmu terutama daerah hidung dengan uap tersebut selama 10 menit. Cara ini dapat membantu peredaran darah di sekitar wajah.

5. Menggunakan Lemon


Cara ampuh selanjutnya adalah dengan menggunakan lemon. Kamu bisa menyiapkan satu buah lemon dan potong menjadi 2 sampai 3 bagian. Kamu bisa memijat wajah dengan menggunakan irisan lemon tersebut. Lakukan cara ini dengan rutin selama 2 sampai 3 minggu. Jadi, itulah beberapa panduan mudah yang dapat digunakan sebagai cara membersihkan komedo.