7 Cara Membersihkan Wajah Yang Benar Dan Cepat

Cara membersihkan wajah yang benar akan membuat wajah anda bersih dan indah. Untuk merawat wajah anda agar tetap bersih, sehat, dan indah sebenarnya cukup mudah, anda hanya perlu membersihkannya secara rutin. Namun kesibukan aktivitas terkadang membuat urusan membersihkan wajah menjadi terlupakan. Anda dapat menggunakan produk-produk perawatan wajah untuk membersihkan wajah dengan mudah dan praktis. Ada beberapa cara membersihkan wajah yang perlu anda tahu dan hal-hal yang harus diperhatikan saat membersihkan wajah seperti berikut ini.

Cara membersihkan wajah

Mencuci wajah


Mencuci wajah adalah suatu keharusan. Mencuci wajah secara rutin setidaknya dua kali sehari dapat membersihkan wajah dari noda dan debu. Sebaiknya anda rutin mencuci wajah setelah beraktivitas diluar maupun didalam ruangan agar kulit wajah anda tetap bersih dan sehat. Namun harus diperhatikan saat membersihkan wajah ialah selalu mencuci tangan dengan sabun terlebih dahulu sebelum mencuci wajah anda agar wajah terhindar dari kuman dan bakteri yang ada pada tangan. Pada saat mencuci wajah sebaiknya dilakukan di air yang mengalir karena akan membantu melancarkan peredaran darah dan pijat halus wajah saat menggunakan pembersih. Setelah mencuci wajah selesai, sebaiknya keringkan dengan menggunakan handuk lembut, lakukan dengan perlahan dan jangan menggosoknya dengan keras.

Memakai pembersih wajah


Gunakanlah pembersih saat membersihkan wajah agar dapat mengangkat semua kotoran dan debu yang melengket pada wajah. Namun anda harus berhati-hati saat memilih pembersih untuk wajah anda karena tipe wajah setiap orang berbeda-beda jadi kebutuhan pembersihnya pun sudah pasti berbeda. Sebelum memilih pembersih wajah, sebaiknya anda kenali terlebih dahulu tipe kulit wajah anda. Ada beberapa tipe kulit wajah secara umum yaitu wajah kering,berminyak,sensitif dan normal. Kenali dulu tipe kulit wajah anda agar tidak salah dalam memilih pembersih. Pilihlah permbersih yang sesuai dengan tipe kulit wajah anda untuk mendapat hasil yang maksimal.

Memakai pelembab wajah


Untuk membersihkan wajah bukan hanya mencuci dengan menggunakan pembersih wajah, tetapi juga harus memakai pelembab wajah saat anda akan melakukan aktivitas di luar ruangan, hal ini penting untuk melindungi wajah anda dari debu dan kotoran yang menyebabkan wajah tidak bersih. Pilihlah pelembab wajah yang sesuai dengan kulit wajah dan mengandung anti UV untuk melindungi wajah dari paparan sinar matahari.

Memakai masker wajah


Mencuci muka serta memakai pembersih dan pelembab saja belum cukup untuk membersihkan wajah anda, sebaiknya anda juga menggunakan masker untuk membersihkan wajah anda. Gunakanlah masker pada wajah untuk mengangkat kotoran yang menempel pada wajah dan juga untuk membuat kulit wajah tetap segar dan bersih. Anda tidak perlu memakai masker wajah setiap hari, cukup dua atau tiga kali dalam seminggu. Untuk masker sendiri, anda dapat membelinya atau membuat sendiri dari bahan-bahan yang alami. Jika kulit wajah anda sensitive terhadap produk kecantikan, maka sebaiknya anda membuat sendiri masker wajah dari bahan yang alami seperti bengkuang.

Meminum air putih yang cukup


Minumlah air putih minimal delapan gelas per hari. Memberikan tubuh cukup air akan membantu tubuh untuk berfungsi dengan baik. Dengan meminum air putih dalam jumlah yang tepat dan secara teratur juga akan membuat kulit menjadi sehat, segar dan juga bersih.

Mengkonsumsi makanan yang sehat


Perbanyaklah mengkonsumsi makanan yang sehat seperti sayur dan buah serta mengurangi konsumsi gula dan makanan siap saji. Karena makanan yang tidak sehat akan berpengaruh terhadap kesehatan kulit termasuk kulit wajah. Tentunya kulit wajah yang tidak sehat akan mengakibatkan wajah terlihat tidak bersih dan tidak segar. Banyaklah konsumsi vitamin E untuk merawat kulit wajah tetpa bersih, sehat dan segar.

Memakai pemersih alami


Selain menggunakan produk pembersih, anda juga dapat menggunakan bahan-bahan alami untuk membersihkan wajah anda. Ini sangat baik terlebih bagi anda yang memiliki kulit sensitif. Anda dapat menggunakannya sebagai masker ataupun untuk dipakai sebagai pengganti pembersih wajah. Bahan alami yang dapat anda gunakan untuk membersihkan wajah diantaranya adalah bengkoang, apel, jeruk nipis, tomat dan alpukat.

Merawat wajah dengan membersihkannya secara rutin merupakan sesuatu keharusan agar dapat menunjang penampilan sehingga membuat anda lebih percaya diri. Demikianlah cara membersihkan wajah.