Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Secara Alami Dan Cepat

Bekas jerawat memang sangat mengganggu ketika kita bercermin dan ingin keluar rumah untuk bepergian bersama teman, saudara, keluarga, dll. Kadang-kadang rasa minder muncul karena kurang percaya diri disebabkan bekas jerawat yang masih terlihat di wajah Anda. Mau tau cara menghilangkan bekas jerawat anda? Berikut beberapa tips yang sangat sederhana tetapi tidak membuat anda kesulitan melakukannya dan tidak banyak mengeluarkan biaya tentunya:

1. Secara Fisik


cara menghilangkan bekas jerawat
Jika Anda ingin mengatasi masalah bekas jerawat Anda secara fisik, cara menghilangkan bekas jerawat terbaik adalah mulai dari makanan yang bermutu, yaitu makanan organik. Makanan yang sehat, dan terhindar dari segala bahan-bahan kimia. Jika kita konsumsi makanan dari sayur -sayuran ataupun buah-buahan selalu selektif memilih yang organik.

Sayuran dan buah-buahan organik merupakan makanan yang memiliki kandungan gizi yang masih murni tidak terganggu oleh proses pertumbuhan dengan berbahan kimia (pestisida). Dengan makanan yang bernutrisi tinggi, proses regenerasi sel kulit pun bisa semakin lebih cepat.

Kemudian, lakukan olahraga rutin setiap hari, carilah olahraga yang bisa mengoptimalkan seluruh tubuh kita agar bisa mengeluarkan keringat yang banyak, contohnya adalah lari. Karena lari seluruh tubuh kita bergerak, dari ujung kaki hingga ujung kepala semua bergerak dan bisa mengeluarkan keringat. Dengan keluarnya keringat, keluar juga toksin-toksin yang ada di dalam tubuh kita.

Bukan hanya itu saja, dengan keringat keluar, sel-sel kulit mati pun akan ikut kebuang bersamaan dengan keringat yang dikeluarkan, zat asam yang tinggi, hormon yang tidak seimbang, metabolisme tubuh yang tidak stabil, dengan lari sangat membantu kita mengatasi permasalahan tersebut. Karena logikanya, sel tubuh kita ini terdiri dari kumpulan sel mitocondria yaitu sel penghasil energi.

Sel mitocondria yang ada di setiap sel, ketika melakukan aktifitas fisik seperti lari membuat sel mitocondria ini bergerak semakin kencang dan menghasilkan banyak energi yang diperlukan oleh tubuh. Secara gambaran mudahnya, dengan keluarnya energi dari tubuh hasil dari lari, sel mitocondria ini mengganti energi baru yang terbuang bersamaan dengan keringat yang keluar dari pori-pori kulit kita.

Jadi sangatlah wajar, jika dengan berolahraga kita bisa lebih fresh dari orang yang jarang berolahraga. Karena pergantian energi lama dengan energi yang baru, sehingga badan bisa menjadi lebih segar dan pastinya bisa menghasilkan pola pikir yang lebih baik pula.

Sering mencuci muka dengan air bersih, membantu untuk membuang sisa-sisa jerawat yang sudah mulai mengering. Air bersih pun harus kita lihat secara teliti apakah air tersebut mengandung zat besi yang tinggi, ataukah mengandung zat asam yang tinggi. Maka, amannya bisa kita lakukan dengan membasuh air yang biasa kita minum dan dilakukan sebelum kita tidur, tujuannya agar sebelum tidur kulit bekas jerawat tersebut keadaan fresh, segar, dan rileks.

Ketika sebelum tidur pun bisa dibantu dengan masker yang diracik dari buah-buahan dan metode tersebut sangat bagus untuk kulit muka, contoh buahnya, seperti mentimun, tomat, lidah buaya, dan madu. Tapi ingat, selalu cari buah-buahan yang organik agar kulit kita tidak terkontaminasi pestisida.

2. Secara Psikis


Cara menghilangkan bekas jerawat dengan cara psikis juga akan membantu Anda mempercepat proses penyembuhan bekas jerawat. Mengapa demikian? Karena faktor utama segala macam penyakit sebelum penyakit itu timbul adalah psikologi kita yang terganggu. Psikis yang terganggu, atau istilah umum dikenal dengan yang namanya stress secara mekanisme tubuh akan membuat metabolisme tubuh terganggu.

Karena jika kita pahami, ketika kita mengalami suatu tekanan dalam pikiran kita, tubuh ini akan mengeluarkan suatu hormon yang pada dasarnya tidak diinginkan oleh tubuh kita sendiri. Sehingga hormon tersebut mengalir ke seluruh tubuh yang mengakibatkan ketidakseimbangan metabolisme pada tubuh pun akan terjadi. Salah satu hal kecil adalah faktor penyebab jerawat.

Maka dari itu, salah satu cara menghilangkan bekas jerawat dibantu dengan cara menyeimbangkan psikis kita pada tingkat ketenangan yang stabil. Solusi mudahnya, jika Anda bisa meluangkan waktu untuk bernafas lega dan rileks, maka lakukanlah nafas perut. Tekniknya, tarik nafas secara maksimal tanpa ada pengejangan dan harus benar-benar rileks hingga seluruh badan, tarik melalui hidung dan ketika sudah maksimal menarik nafasnya lalu buang lewat hidung, lakukan berulang-ulang secara rileks dan nyaman.

Nafas perut merupakan salah satu solusi mudah untuk menghilangkan stress dan memperbaiki psikis. Hal tersebut dikarenakan tingkat oksigen yang ada di dalam tubuh kita akan semakin meningkat dan kandungan karbon dioksida yang ada di dalam tubuh semakin berkurang. Semakin sering kita nafas perut secara maksimal, maka oksigen yang dihasilkan dari setiap sel tubuh kita ini semakin meningkat.

Semakin meningkatnya oksigen yang ada di dalam tubuh kita ini, semakin lancar pula peredaran darah di dalam tubuh kita. Rileksnya pikiran dan psikis yang normal menyebabkan seluruh tubuh mengalami rileksasi yang luar biasa, maka cara menghilangkan bekas jerawat dengan metode ini otomatis akan sangat membantu untuk mempercepat regenerasi sel kulit pada wajah bekas jerawat tersebut.