4 Cara Menghilangkan Kerutan Di Wajah Secara Alami

Punya kerutan atau garis-garis halus di wajah, trus gimana cara menghilangkan kerutan di wajah? Sebelumnya, Anda harus tahu seperti apa kategori yang bisa disebut sebagai kerutan atau garis halus di wajah. Kerutan atau garis halus di wajah adalah tanda-tanda penuaan. Biasanya tanda-tanda ini akan muncul ketika seseorang menginjak usia kepala 3 atau sekitar 30-an. Namun, tidak jarang seseorang mendapati kerutan atau garis-garis halus di wajah pada usia dibawah 30 tahun. Hal ini sering disebut dengan tanda-tanda penuaan dini. Kerutan atau garis halus sering muncu di area mata, kening atau bahkan pipi.

Kerutan yang muncul di area wajah biasanya muncul karena faktor usia. Semakin tua usia seseorang, pasti akan mengalami masalah keriput di wajah. Namun, keriput yang muncul tidak hanya disebabkan oleh faktor usia semata, tetapi gaya hidup juga berpengaruh menyebabkan munculnya keriput di wajah. Gaya hidup yang tidak sehat akan berdampak pada kesehatan kulit, yang ditandai dengan munculnya keriput atau garis halus di wajah. Seperti halnya stress atau depresi. Ketika seseorang mengalami stress atau depresi akan memicu timbulnya keriput.

cara menghilangkan kerutan di wajah
Pada dasarnya keriput tidak bisa dihilangkan, namun bisa dicegah. Semua orang akan merasakan keriput. Namun, kapan waktu seseorang tersebut mendapatkan keriput di wajah akan berbeda-beda. Sebisa mungkin keriput tersebut dicegah sejak dini, agar pada usia 30-an wajah tetap awet muda seperti usia 17 tahun. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah timbulnya keriput atau garis-garis halus di wajah.

Gaya Hidup Sehat


Cara yang pertama dan mendasar adalah gaya hidup sehat. Jika saat ini Anda hidup dengan gaya hidup yang tidak sehat, maka sebaiknya Anda memperbaiki gaya hidup Anda sebelum keriput-keriput itu muncul dan mengganggu penampilan Anda. Gaya hidup sehat ini merupakan kombinasi dari apa yang kita makan dan apa yang kita lakukan. Makanan yang sehat, terlebih yang mengandung vitamin E sangat baik untuk kesehatan kulit. Dengan mengkonsumsi buah dan sayur yang mengandung vitamin E, maka kulit akan tetap kencang dan elastis, sehingga kerutan tidak bisa dicegah. Selain makanan, Anda pun disarankan untuk sering-sering melakukan senam wajah. Hal ini akan menjaga kekencangan kulit wajah. Selain itu, kelola stress dengan baik, agar garis-garis halus tidak muncul.

Memakai Bahan-bahan Alami


Untuk menghilangkan keriput yang muncul di bagian wajah, Anda dapat menggunakan bahan-bahan alami yang ada di sekitar kita.

a. Minyak zaitun
Minyak zaitun telah lama dikenal baik menjaga kesehatan kulit. Terbukti minyak zaitun dapat dijadikan cara menghilangkan kerutan di wajah. Caranya adalah campurkan minyak zaitun dengan lemon, kemudian oleskan pada bagian wajah. Tunggu 10-20 menit, bilas menggunakan air bersih. Gunakan bahan ini secara teratur yaitu setiap hari, maka keutan di wajah Anda akan samar-samar dan hilang.

b. Minyak kelapa
Minyak kelapa yang digunakan adalah minyak kelapa murni, yang dihasilkan dari proses alami. Bukan dari pabrik. Caranya adalah oleskan minyak kelapa murni di area wajah. Selain keriput Anda menghilang, minyak kelapa ini juga dapat melembabkan wajah, sehingga wajah tidak kering.

c. Madu
Madu adalah cairan kental yang memiliki khasiat, termasuk di dunia kecantikan. Untuk menggunakan madu sebagai penghilang keriput sangat mudah. Caranya adalah bersihkan wajah terlebih dahulu dengan menggunakan air hangat. Setelah bersih, keringkan wajah. Oleskan madu secara merata pada wajah. Diamkan selama 20-30 menit. Bilas kembali wajah Anda menggunakan air hangat agar wajah lebih bersih, kemudian bilas kembali dengan air dingin untuk mengecilkan pori-pori.

d. Kentang dan Bengkoang
Kentang dan bengkoang juga dikenal sebagai umbi-umbian yang memiliki manfaat untuk kesehatan kulit. Umbi ini juga dapat digunakan untuk menghilangkan keriput di wajah. Caranya adalah ambil bengkoang atau kentang yang masih segar. Karena kentang atau bengkoang yang masih segar memiliki manfaat yang baik untuk kulit, sehingga keriput bisa hilang secara maksimal. Parut atau haluskan bahan tersebut. Gunakan sebagai masker di malam hari. Keesokan harinya, basuh wajah Anda hingga bersih.