5 Cara Berhenti Merokok Yang Ampuh

Tipscaraalami.com - Cara berhenti merokok - Semua pecandu rokok pasti membaca tulisan di bungkus yang bertuliskan "Merokok dapat menyebabkan kanker, serangan jantung, impotensi, dan gangguan kehamilan dan janin", dan di iklan-iklan atau di bungkus baru rokok malah peringatannya lebih berbahaya lagi, yaitu "MEROKOK MEMBUNUHMU'. Lantas apakah mereka takut dengan membaca dan mengetahui dampak merokok seperti tertulis pada bungkus rokok tersebut? Namun, nampaknya para pecandu rokok malah tidak menggubrisnya.


cara berhenti merokok
Cara berhenti merokok (c) Pixabay.com/OpenClips
Memang semua perokok pasti ingin yang namanya berhenti merokok, dan di dalam hati mereka sudah berkali-kali mengatakan ingin berhenti merokok dan mulai untuk hidup sehat. Tapi untuk berhenti merokok sangat sulit dicapai meski sudah mengetahui bahaya merokok bagi kesehatan.

Bagi Anda perokok dan ingin benar-benar berhenti merokok dan selalu gagal dan mencobanya lagi. Ikuti beberapa cara berhenti merokok paling ampuh ini, dan jika benar-benar dan tulus mengikutinya, niscaya sedikit demi sedikit Anda sudah bebas dari asap rokok. Seperti dilansir dair Healthmeup.com, ini cara berhenti merokok.


Cara Berhenti Merokok

1. Berkeinginan untuk hidup sehat
Langkah pertama yang harus Anda lakukan untuk berhenti merokok adalah niat. Maksudnya Anda harus sadar bahwa merokok itu sangat bahaya bagi tubuh, dan dapat membunuh Anda. Maka dari itu, berhentilah dari sekarang kebiasaan merokok dan mulai hidup sehat dengan cara alami.

2. Beritahu orang terdekat Anda
Cara yang kedua adalah dengan cara memberitahukan orang, teman, orang dekat, keluarga, atau pasangan Anda untuk mengingatkan Anda supaya tidak merokok lagi dan menghentikan kebiasaan merokok. Serta untuk tidak dekat-dekat sama perokok atau asap rokok, karena nikotin yang terdapat pada asap rokok dapat membuat Anda kecanduan lagi.

3. Berhentilah secara perlahan
Cara berhenti merokok lainnya, Anda harus berhenti untuk tidak menghisap rokok secara drastis dan mendadak merupakan ide buruk dan tidak lama lagi Anda pasti akan melanjutkan kebisaan merokok tersebut, karena Anda akan gelisah, dan akan tergoda lagi. Cara paling ampuh untuk menghentikan kebiasaan merokok adalah dengan berhenti secara perlahan, dan lama-lama Anda sudah berhenti dengan total kebiasaan buruk itu.

4. Mencari pengganti nikotin
Dengan berhenti dan tidak merokok pasti akan terasa aneh di mulut karena sudah terbiasa menghirup rokok. Coba makan permen karet atau menghirup rokok elektronik, karena dapat menghilangkan kejanggala pada mulut Anda.

5. Berkomitmen pada diri sendiri
Selain itu, cara berhenti merokok lainnya, bila tidak berkomitmen pada diri sendiri untuk berhenti merokok, Anda akan gagal dan akan kembali mencoba menghisap rokok kembali. Komitmen pada diri sendiri adalah hal yang paling penting untuk menghentikan kecanduan akan rokok. Tidak peduli seberapa kuat godaan untuk kembali merokok, apabila Anda telah berkomitmen untuk berhenti merokok maka hal itu dapat Anda wujudkan.

Itulah cara berhenti merokok, semoga dengan tips cara berhenti merokok di atas kebiasaan merokok Anda dapat berkurang. Ingat, tanpa komitmen pada diri sendiri, Anda akan gagal mencoba tips di atas. Mulai sekarang, berhentilah merokok dan mulailah dengan hidup sehat dan berolahraga, karena merokok itu tidak hanya mengganggu kesehatan Anda, tetapi merokok dapat membunuh Anda. Nah, selain itu, bahaya rokok tidak hanya bagi diri Anda sendiri, tapi bagi lingkungan dan perokok pasif juga akan terkena dampak yang lebih parah dari perokok aktif. Semoga bermanfaat!