0
Tipscaraalami.com - Akibat dan bahaya perokok pasif - Merokok adalah suatu kebiasaan buruk yang sangat berbahaya bagi tubuh. Banyak resiko kesehatan yang menghampiri perokok, seperti penyakit kanker, serangan jantung, impotensi, gangguan kehamilan dan janin. Tapi tak hanya itu saja, seperti di iklan rokok sekarang ini yang memperingati bahwa "MEROKOK MEMBUNUHMU".

merokok membunuhmu
Bahaya asap rokok (c) Wikia.com
Kebiasaan buruk merokok tidak hanya berbahaya bagi perokok aktif, tapi juga berbahaya bagi perokok pasif. Pengertian perokok aktif dan perokok pasif = Perokok aktif adalah mereka yang sedang merokok atau menghirup asap rokok dan sudah menjadi kebiasaan sehari-hari bagi mereka. Sedangkan pengertian perokok pasif adalah seseorang yang menghirup asap rokok dari orang di dekatnya yang sedang merokok.

Walaupun perokok pasif tidak secara langsung menghisap rokok, tetapi asap yang bertebaran yang tidak sengaja masuk ke dalam hidung dan mulut juga sama-sama akan terserang penyakit yang disebabkan oleh rokok. Maka dari itu, jauhi dari asap rokok, karena perokok pasif lebih berbahaya akan resiko kesehatan. Seperti dilansir dari Meetdoctor.com, ini 4 penyakit yang akan menyerang perokok pasif dan harus Anda waspadai.

Bahaya Asap Rokok

1. Penyakit jantung
Jantung merupakan salah satu organ tubuh yang sangat vital dan sangat penting bagi tubuh. Bila sesuatu terjadi sama jantung Anda, kematian akan menanti Anda. Penyakit jantung tidak hanya beresiko bagi mereka perokok aktif, tetapi bagi perokok pasif pun juga memiliki resiko yang sama. Hal ini disebabkan oleh asap rokok yang dihirup perokok pasif juga akan mengganggu pembuluh darah dalam tubuh yang berujung pada penyakit jantung.

2. Penyakit paru
Kandungan senyawa kimia yang terkandung pada asap rokok juga menyebabkan penyakit paru, dan akan membuat paru-paru Anda bermasalah. Dan hal ini tidak hanya mengintai perokok aktif, tapi perokok pasif juga akan mengidapnya. Tidak hanya itu, bagi mereka yang memiliki asma atau PPOK (penyakit paru obstruktif kronik) juga akan di peparah dengan asap rokok. Baca cara membersihkan paru-paru dari asap rokok.

3. Penyakit kanker
Sama hanya penyakit jantung dan paru-paru, kanker juga merupakan salah satu penyakit yang paling ditakuti manusia seluruh dunia. Nah, asap rokok adalah penyebab utama penyakit ini, salah satunya kanker paru. Selain itu, benzena yang terkandung dalam asap rokok juga dapat meningkatkan risiko terjadinya leukemia.

4. Gangguan pernafasan
Dampak asap rokok bagi kesehatan lainnya bagi perokok pasif adalah gangguan pernafasan. Merokok atau terkena asap rokok selain membuat Anda batuk dan mengalami gangguan pernafasan, tetapi juga akan memiliki risiko gangguan kesehatan yang lain, seperti memperparah asma, sulit bernapas, batuk berkepanjangan, napas jadi pendek, sampai alergi.

Itulah beberapa penyakit yang ditimbulkan bagi perokok pasif atau bahaya asa rokok. Bagi Anda perokok aktif, merokok tidak hanya merugikan Anda sendiri, tetapi merugikan orang lain disekitar Anda. Bagi Anda perokok pasif, jauhi diri Anda dari perokok aktif, cari tempat yang terbuka dan bisa masuk dan keluar udara.

Bagi Anda perokok aktif, mulai sekarang berhentilah merokok. Bila Anda kesulitan berhenti merokok, Anda bisa melakukan kebiasaan sehat sehari-hari, yaitu dengan olahraga atau baca artikel sebelumnya yaitu cara ampuh berhenti merokok. Semoga bermanfaat!
loading...
loading...
 
Top