5 Manfaat Daun Kemangi Bagi Kesehatan

Tipscaraalami.com -  Manfaat Daun Kemangi Bagi Kesehatan - Daun kemangi adalah daun yang di dapatkan dari tanaman kemangi. Ciri-ciri tumbuhan kemangi ini ukurannya tidak sampai satu meter dan bercabang banyak. Daun kemangi sangat enak bila dimakan sebagai bumbu bagi pepes. Selain itu, daun kemangi juga enak bila dimakan bersama daun kubis, irisan ketimun, dan sambal pedas serta di temani daging ayam atau ikan goreng.


manfaat daun kemangi
Manfaat daun kemangi (c) Pixabay.com/akvalsk
Pada masakan-masakan nusantara, daun kemangi banyak di gunakan sebagai hidangan lalapan. Bila Anda sering membuang dan tidak pernah mencicipi daun kemangi di suatu masakan, sebaiknya sekarang Anda patut mencobanya, karena daun kemangi mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan yang sayang bila di lewatkan.

Seperti dikutip dari Magforwomen.com, ini 5 manfaat daun kemangi bagi kesehatan.


Manfaat Daun Kemangi

1. Mencegah demam dan batuk
Manfaat daun kemangi yang pertama adalah dapat mencegah demam dan batuk. Kandungan vitamin C dan antioksidan yang kaya pada kemangi ternyata dapat menguatkan sistem imun dan mencegah serta dapat mengatasi demam. Cara menikmati daun kemangi adalah dengan cara mencampurkannya ke dalam teh atau jus buah.

2. Mencegah kelainan jantung
Kandungan protein yang ada pada daun kemangi dapat membuat badan jadi bugar dan membuat jantung jadi sehat. Selain itu, magnesium pada daun kemangi juga dapat menurunkan kolesterol dan membuat peredaran darah jadi lancar. Jadi, sangat disarankan bagi yang usia dewasa untuk mengkonsumsi daun kemangi agar mencegah kelainan pada jantung.

3. Menyehatkan mata dan mulut
Vitamin A adalah vitamin yang sangat di butuhkan oleh mata Anda, dan ternyata pada daun kemangi bisa dipenuhi kebutuhan vitamin A dalam tubuh Anda. Manfaat daun kemangi bagi mata adalah dapat mencegah mata dari infeksi, meredakan mata yang lelah dan stres, serta dapat mencegah segala gangguan pada mata lainnya.

Selain itu, bagi Anda yang mempunyai masalah bau mulut, mengunyah daun kemangi ternyata dapat menyegarkan mulut Anda dan mencegah bau mulut.

4. Anti inflamasi
Bila di bagian tubuh Anda bengkak yang disebabkan oleh benturan, kecelakaan, atau apa saja, ternyata dengan menempel daun kemangi pada bagian bengkak tersebut yang telah di tumbuk ternyata dapat menghilangkan bengkak tersebut dan juga meredakan radang sendi.

Selain itu, daun kemangi juga bermanfaat bagi tulang, yaitu dapat membuat tulang jadi kuat dan mencegah osteoporosis dengan kalsium yang terdapat pada kemangi.

5. Manfaat lain
Manfaat daun kemangi lainnya yang sangat luar biasa pada kemangi adalah dapat membersihkan sistem yang rusak akibat merokok, dan juga dapat membersihkan nikotin dalam tubuh dan paru-paru.

Selain itu, manfaat daun kemangi juga bermanfaat meredakan stres, mencegah diabetes, dan mengatasi batu ginjal.

Itulah manfaat daun kemangi yang luar biasa bagi kesehatan tubuh Anda, jadi jangan malas dan mengabaikan daun kemangi karena begitu bermanfaat bagi kesehatan. Semoga bermanfaat!