0
Tipscaraalami.com - Apakah Anda penggemar minuman dingin atau air es? Sebaiknya Anda berhati-hati dalam meminum minuman yang dingin, lebih baik berhenti saja kebiasaan buruk tersebut. Sering minum air dingin tidak hanya membuat makanan yang dimakan sulit dicerna dan membuat perut jadi buncit, ternyata sering minum air dingin adalah pemicu penyakit diabetes.

Seperti dipaparkan peneliti dari University of Arkansas yang dikutip dari Dailymail.co.uk, baru-baru ini memaparkan bahwa air dingin kemungkinan dapat memicu penyakit diabetes dan obesitas. Pertanyaannya bagaimana proses terjadinya diabetes dengan meminum air dingin?

Efek akibat dampak Sering Minum Air Dingin Sebabkan Diabetes
Air Dingin (c) Pixabay.com/PDPics

Efek Sering Minum Air Es

Para peneliti tersebut mengatakan bahwa minum air dingin akan berkaitan dengan indra pengecap dan sensor yang berfungsi untuk merasakan rasa manis. Hal tersebut akan melemahkan sensor manis pada tubuh. Hasilnya seseorang akan sangat gampang dan mudah untuk mengkonsumsi makanan dan minuman yang manis-manis. Dan yang lebih parahnya, mereka bahkan tidak mengetahui berapa banyak gula yang telah masuk ke dalam tubuhnya.

Bila sensor manis pada seseorang telah berkurang, maka akan sangat gampang memilih jenis makanan yang manis-manis dari pada makanan yang sehat dan tidak manis.

Para meneliti juga telah melakukan pengamatan pada sejumlah orang yang ikut berpartisipasi. Para partisipan diminta untuk meminum air yang memiliki temperatur yang berbeda. Lalu mereka diminta berkumur dengan air tersebut beberapa saat, setelah itu mereka diminta mencicipi makanan manis, seperti cokelat manis, keju manis dan jenis makanan manis lainnya.

Hasilnya, ternyata mereka yang berkumur dengan air dingin memiliki penurunan sensitivitas pada rasa manis. Dari sinilah para peneliti mengetahui bahwa air dingin bisa mempengaruhi cara seseorang merasakan makanan dan menurunkan sensitivitas indera pengecap.

"Terlalu sering mengonsumsi minuman es dan soda bisa menurunkan sensitivitas seseorang terhadap makanan  dan minuman manis. Hal tersebut membuat mereka lebih banyak mengonsumsi makanan manis," ungkap para peneliti.


Bila Anda terus meminum air dingin, maka Anda tak kan tau kalau sudah berapa banyak gula yang masuk ketubuh Anda, dan akhirnya Anda akan terkena penyakit diabetes. Tak hanya diabetes, kebiasaan makan makanan manis yang berlebihan akibat kurang sensitifnya indra pengecap juga bisa memicu obesitas dan membuat tubuh jadi gemuk.

Sudah minum - minuman yang dingin, lalu ditambah lagi makan makanan yang manis-manis, pasti tidak akan lama penyakit diabetes akan menghampiri Anda. Maka mulai sekarang, Anda harus terbiasa untuk hidup sehat dengan cara alami, seperti tidak mengkonsumsi makanan olahan.

Itulah efek samping, pengaruh dan akibat sering minum air es atau air dingin. Minum air dingin hanya akan membuat Anda terasa puas, kenyang dan rasa haus hilang hanya sesaat dan itupun tidak akan membuat Anda minum lebih banyak. Sehabis minum air dingin, tubuh Anda akan teras dehidrasi, karena air dingin tidak akan diserap oleh tubuh dengan sempurna. Baca juga "10 tanda-tanda penyakit diabetes yang akan menyerang Anda. Sekian dan semoga bermanfaat.
loading...
loading...
 
Top