8 Manfaat Buah Nanas Bagi Kesehatan

Manfaat buah nanas bagi kesehatan - Nanas adalah tumbuhan tropis yang berasal dari Brasil. Walaupun dari Amerika sana, ternyata nanas juga dapat tumbuh di Indonesia dengan mudah dan sangat banyak yang membudidayakan. Selain nanas di gunakan sebagai bahan pembuat selain, mengkonsumsi nanas secara langsung ternyata sangat enak, apalagi membuat jus nanas.


manfaat buah nanas
Manfaat Buah Nanas (c) Pixabay.com/Hans
Bagi Anda yang gemar mengkonsumsi nanas, ternyata tidak hanya enak, tetapi nanas mempunyai khasiat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh. Seperti dikutip dari Fitnea.com, ini manfaat buah nanas bagi kesehatan.


Manfaat Buah Nanas

1. Membuat kenyang
Mengkonsumsi nanas dapat membuat Anda kenyang lebih lama. Kandungan mikronutrien dan serat pada nanas dapat menunda lapar, dan sangat cocok bagi Anda yang sedang menurunkan berat badan.

2. Mengatasi perut kembung
Selain itu, manfaat buah nanas lainnya yaitu dapat mengatasi perut kembung. Nanas juga dapat mencegah perut Anda kembung dengan kandungan bromelain di dalamnya. Bromelain adalah zat yang dapat memecah makanan dalam perut dan mengurangi perut kembung. Selain itu bromelain juga efetif untuk mengurangi peradangan setelah operasi, mengobati pembengkakan hidung saat mengalami infeksi sinusitis, dan mengurangi rasa sakit dari oesteoarthritis.

3. Dapat menghilangkan lemak
Panas alami yang dihasilkan setelah mengkonsumsi nanas ternyata dapat membakar lemak, sehingga dapat menyehatkan tubuh dan membuat Anda bebas dari lemak.

4. Mencegah kanker
Manfaat buah nanas lainnya dapat mencegah kanker. Zat karsinogenik yang terdapat pada nanas ternyata mampu melawan resiko kanker. Zat ini melindungi sel sehat dari kerusakan dan dapat menyembuhkan sel-sel yang mudah rusak. Sel-sel rusak yang berlimpah dapat menyebabkan penuaan dini dan menimbulkan berbagai macam penyakit.

5. Membuat tulang jadi sehat
Untuk membuat tulang kuat tidak hanya meminum susu saja, dengan mengkonsumsi nanas saja tulang Anda akan kuat. Kandungan mineral pada nanas akan membantu mengembangkan tulang Anda jadi lebih sehat.

6. Mencegah penggumpalan darah
Buah yang seperti sisik dan daunnya sangat tajam ini mencegah penggumpulan darah dan membantu produksi hemoglobin dalam tubuh. Selain itu nanas mengandung zat tembaga. Apabila tubuh kekurangan zat tembaga, maka menyebabkan osteoporosis, anemia, masalah tiroid, dan penurunan jumlah sel darah putih.

7. Memperkuat gusi
Selain mencegah pengumpulan darah, manfaat buah nanas lainnya dapat memperkuat gigi. Supaya gigi dan gusi tetap sehat dan kuat, tak salahnya untuk mengkonsumsi nanas. Kandungan mineral pada nanas dapat memperkuat gigi dan gusi jadi sehat.

8. Nanas memperbaiki penglihatan
Untuk menjaga kesehatan mata, tidak hanya dengan mengkonsumsi wortel, ternyata nanas dapat membuat mata jadi sehat dan meningkatkan kualitas penglihatan dengan kandungan betakaroten yang terdapat pada nanas.

Itulah 8 manfaat buah nanas bagi kesehatan. Dengan manfaat sebanyak itu, jangan hanya mengkonsumsi dalam bentuk selai saja, konsumsilah nanas yang masih segar untuk mendapatkan khasiat dan manfaat di atas. Semoga bermanfaat!