0
Tipscaraalami.com - Cara Memperbanyak Asi - Untuk bayi yang baru lahir, makanan dan minuman yang paling sehat dan sangat di anjurkan adalah ASI. ASI (air susu ibu) adalah susu yang di produksi oleh manusia untuk sumber makanan bayi. Memberi ASI pada bayi yang baru lahir sangat bermanfaat sekali bagi bayi, karena ASI adalah sumber gizi utama bayi yang belum dapat mencerna makanan padat.


cara memperbanyak asi
(c) Pixabay.com/farkas
Bila ibu tidak bisa mencukupi dan memproduksi ASI bagi bayinya, jangan sampai memilih susu formula dulu. Karena air susu ibu lebih sehat, bernutrisi dan penting bagi perkembangan bayi. Ibu bisa mencoba mengkonsumsi makanan yang bisa memperbanyak asi dan meningkatkan susu secara alami.

Dilansir dari Boldsky.com, ini cara memperbanyak ASI dengan makanan alami, bisa juga dikonsumsi sebelum melahirkan dan sesudah melahirkan atau sejak hamil.


Cara Memperbanyak ASI

1. Cara memperbanyak ASI dengan pepaya
Buah yang dagingnya berwarna kuning ini ternyata dapat meningkatkan ASI. Pepaya dapat meningkatkan jaringan pada payu dara, dan tentunya dapat memperbanyak produksi ASI. Kualitas menenangkan yang ada dalam pepaya juga bisa membuat ibu yang menyusui tetap tenang dan rileks.

2. Cara memperbanyak ASI dengan oatmeal
Manfaat dan khasiat oatmeal adalah dapat menurunkan kolesterol dan menjaga kesehatan tekanan darah. Selain itu, oatmeal juga bisa membuat ibu tenang dan membantu produksi hormon oxytocin yang nantinya juga bisa mendukung produksi ASI.

3. Cara memperbanyak ASI dengan bayam
Bayam adalah sayuran hijau yang menyehatkan. Kandungan vitamin K, A, folat, dan nutrisi yang kaya pada bayam, ternyata dapat membantu dan meningkatkan produksi asi.

4. Cara memperbanyak ASI dengan wortel
Wortel adalah sayuran yang bisa dimakan berbagai cara, bisa mentah dan juga bisa dibuat jus atau dimasak. Wortel tidak hanya bermanfaat untuk mata saja, tetapi kandungan phytoesterogen pada wortel juga bermanfaat bagi ibu yang sedang menyusui. ortel juga kaya akan beta-karoten dan vitamin A yang sangat penting untuk meningkatkan energi dari ibu yang menyusui.

5. Cara memperbanyak ASI dengan asparagus
Asparagus adalah sayuran yang kaya akan serat, asam folat, vitamin A, C, dan K. Asparagus tidak hanya berkhasiat melancarkan urin dan mampu memperbaiki kinerja ginjal, tetapi bermanfaat juga bagi ibu untuk memproduksi asi dan menyusui. Selain itu, asparagus juga mengandung asam amino penting yang membantu meningkatkan suplai ASI.

6. Cara memperbanyak ASI dengan brown rice
Brown rice atau beras merah juga bermanfaat bagi ibu menyusui. Karbohidrat yang kaya pada brown rice ternyata dapat membantu meningkatkan energi ibu yang sedang menyusui. Selain itu, mengonsumsi brown rice juga bisa merangsang produksi prolactin yang merupakan hormon kunci dalam produksi ASI.

7. Cara memperbanyak ASI dengan aprikot
Aprikot kaya akan serat, vitamin, dan kalsium. Makanan yang kaya kalsium seperti aprikot diketahui sangat baik untuk produksi susu pada ibu yang menyusui. Aprikot juga mengandung tryptophan yang secara alami meningkatkan tingkat prolaktin.

8. Cara memperbanyak ASI dengan salmon
Tidak hanya aprikot, ikan salmon juga penting dan bermanfaat bagi ibu menyusui. Asam lemak omega-3 yang banyak terdapat pada ikan salmon ternyata dapat meningkatkan perkembangan bayi. Asam lemak ini juga bisa meningkatkan produksi ASI pada ibu. Selain itu, ikan salmon juga membuat ASI lebih berkualitas dan bernutrisi bagi bayi.

9. Cara memperbanyak ASI dengan air
Makanan yang terakhir yang bisa meningkatkan air susu ibu adalah air. Ketika menyusui, cairan dalam tubuh ibu seringkali lebih cepat berkurang. Untuk itu, mengonsumsi lebih banyak air tentu penting untuk menjaga kesehatan ibu, sekaligus meningkatkan produksi ASI.

Itulah cara memperbanyak asi dengan makanan sehat alami. Konsumsilah ke 9 jenis makanan di atas, supaya ibu dapat memberikan ASI yang cukup kepada bayinya. Semoga cara dan resep memperbanyak ASI di atas bermanfaat! Baca juga cara membersihkan telinga bayi yang benar dan aman.
loading...
loading...
 
Top