0
Tipscaraalami.com - Cara gampang dan mudah membersihkan telinga bayi yang aman - Telinga adalah salah satu bagian tubuh yang sangat sensitif, apalagi telinga bayi yang baru lahir atau yang masih 2, 3, 4, 5, atau 6 bulan, Anda harus hati-hati membersihkan telinga buah hati Anda.

Menjaga kebersihan bayi sangatlah penting bagi kesehatannya, apalagi bagian telinga. Anda harus membersihkannya supaya tidak kotor dan bau. Selain itu membersihkan telinga bayi bermanfaat untuk mencegah menumpuknya kotoran telinga, dan juga untuk menghilangkan sel-sel mati yang menumpuk pada lipatan telinga.

Perlu diketahui bahwa kotoran telinga bukanlah zat berbahaya yang bisa menyebabkan infeksi atau mempengaruhi pendengaran bayi. Kotoran telinga adalah zat yang diproduksi untuk melindungi telinga bagian dalam dari kuman dan zat asing.

cara membersihkan telinga bayi yang aman dan mudah
(c) Zwitsal.co.id
Namun jika bayi mengalami pembentukan kotoran telinga berlebih, sebaiknya Anda berkonsultasi pada dokter.

Untuk membersihkan telinga bayi, Anda harus hati-hati melakukannya, karena bisa saja terjadi komplikasi dan bisa berakibat fatal, seperti infeksi telinga, rusaknya gendang telinga dan akan mengganggu pendengaran bayi. Seperti dilansir dari Boldsky.com, berikut cara mudah membersihkan telinga bayi yang benar dan aman.

Cara Membersihkan Telinga Bayi


1. Bersihkan pada saat memandikan bayi
Pada saat kotoran telinga terkena air, maka kotoran di dalam telinga akan cair dan gampang di bersihkan. Maka sangat tepat sekali pada saat memandikan bayi untuk membersihkan telinganya.

Caranya ambil kain yang lembab untuk membersihkan bagian luar telinga bayi. Kemudian bersihkan juga bagian dalam lipatan telinga dan seka kotoran-kotoran yang telah kering.

2. Seka dengan kain hangat
Saat sedang memandikan bayi, sekalah telinga mungil mereka dengan kain hangat. Dan bila Anda rutin melakukannya, maka telinga bayi akan terjaga tetap bersih selalu. Cara ini juga dapat membersihkan telinga dari akumulasi sel kulit mati serta kotoran telinga.

3. Jangan masukkan cotton buds ke dalam telinga bayi
Ini dilarang sekali membersihkan telinga bayi dengan cotton buds yang banyak dijual itu. Membersihkan telinga bayi dengan cotton buds dan memasukkan ke dalam lubang telinga akan dapat merusak gendang telinga. Hal tersebut dapat membuat bayi kehilangan pendengaran.

4. Tetes telinga
Kadang beberapa tips yang tidak berjalan lancar pada bayi Anda. Bila kotoran pada telinga bayi Anda tidak hilang dan malah makin bertambah, Anda bisa mencoba cara alternatif lain yaitu dengan tetes telinga. Namun sebelum menggunakannya, pastikan telah mendapat saran yang tepat dari ahlinya.

5. Dilarang sekali mengobati dengan cara sendiri
Kebanyakan ibu sekarang malah lebih memilih mengobati sendiri bayinya pada saat telinga bayi bermasalah, seperti pengobatan rumahan. Padahal cara dan metode itu belum di akui oleh para ahli dan dokter. Jangan pernah mencoba-coba berbagai teknik secara asal karena bisa jadi justru menyebabkan infeksi. Jika menemukan masalah pada telinga bayi, sebaiknya Anda berkonsultasi ke dokter.

6. Jangan bersihkan saat telinga kering
Cara ini juga sangat dilarang oleh para dokter, karena membersihkan telinga bayi pada saat masih kering bisa menyebabkan iritasi maupun luka. Sebaiknya gunakan kain basah untuk membersihkan telinga bayi. Salah satu kiat yang paling efektif adalah melakukannya ketika mandi karena kondisi telinga akan basah.

7. Waspada dan berhati-hatilah
Bayi tidak selalu bisa bekerja sama ketika telinganya dibersihkan, bisa saja dia melawan. Ia mungkin jadi sering bergerak-gerak karena kegelian. Oleh karena itu Anda harus lebih berhati-hati. Dengan berhati-hati, kecelakaan saat membersihkan telinga buah hati bisa dihindari.

Itulah 7 cara paling aman membersihkan telinga bayi. Tetap teliti dan berhati-hati dalam membersihkan telinga bayi Anda. Bila terjadi hal yang tidak di inginkan segera hubungi dokter Anda. Baca juga artikel lainnya dari Tipscaraalami.com seperti gejala dan pencegahan dari penyakit usus buntu. Sekian dan semoga bermanfaat.
loading...
loading...
 
Top