0
Tipscaraalami.com - Matahari adalah pembawa kehidupan bagi makhluk hidup di bumi. Tanpa matahari mungkin bumi ini tidak akan berarti apa-apa. Sekarang ini banyak orang takut terkena sinar matahari, seperti takut kulitnya jadi hitam. Padahal berjemur di bawah sinar matahari sangat bagus untuk kulit.
Manfaat dan khasiat Berjemur Di Bawah Sinar Matahari Bagi Kesehatan
(c) Pixabay.com/OpenClips

Selain itu, sinar matahari tidak hanya bagus bagi tumbuh-tumbuhan, buat manusia juga sangat bermanfaat, terutama manfaat sinar matahari bagi kesehatan yang dapat mengobati berbagai macam penyakit. Seperti dilansir dari Magforwomen.com, inilah 8 manfaat dan khasiat berjemur di bawah sinar matahari bagi kesehatan.

Manfaat Berjemur Di Bawah Sinar Matahari

1. Sumber vitamin D terbaik dan murah
Untuk mendapatkan sumber vitamin D yang terbaik, Anda bisa mendapatkannya dengan murah, yaitu cuma berjemur di bawah sinar matahari. Ketika Anda berjemur, tubuh Anda akan menyerap sinar matahari dan langsung di ubah ke vitamin D.

Jangan takut kulit jadi hitam, karena sumber vitamin D alami adalah terdapat pada sinar matahari.

2. Membantu menguatkan tulang
Sumber vitamin D yang didapat dari berjemur di bawah sinar matahari juga bermanfaat menjadikan tulang Anda jadi lebih kuat, dan tambahan selain kalsium.

3. Membantu penurunan berat badan
Bila kebutuhan vitamin D sudah cukup, tubuh tidak akan banyak membutuhkan makanan lagi, dan Anda akan cenderung tidak makan banyak lagi. Hal ini juga bermanfaat menurunkan berat badan dan bagus bagi Anda yang sedang mengikuti program diet.

4. Membantu Anda tetap ceria
Selain sumber vitamin D alami, berjemur di bawah sinar matahari juga berkhasiat membuat Anda jadi ceria, senang, dan dapat mencegah stres.

5. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Bila Anda sering berjemur atau terkena sinar matahari, bila musim hujan tubuh Anda tidak mudah terkena penyakit. Hal tersebut karena vitamin D yang Anda dapat dari berjemur di bawah sinar matahari dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda.

6. Menurunkan Kadar Gula Darah
Sering berjemur di bawah sinar matahari akan bermanfaat bagi penyerapan glukosa masuk ke dalam sel-sel tubuh.Hal ini akan merangsang tubuh untuk mengubah gula darah menjadi gula yang tersimpan (glycogen) pada hati dan otot. Dengan demikian gula darah akan turun.
 
7. Penawar Infeksi dan Pembunuh Bakteri
Sinar matahari adalah senjata pembunuh bakteri dan kuman yang menempel di kulit dan tubuh Anda. Jadi sebelum bakteri dan kuman ini bersarang dan meninfeksi Anda, lebih baik berjemur dibawah sinar matahari 10 menit saja.

8. Meningkatkan Kebugaran Pernapasan
Sinar matahari dapat meningkatkan kapasitas darah untuk membawa oksigen dan menyalurkannya ke jaringan-jaringan. Faktor lain yang bisa membantu meningkatkan kebugaran pernapasan ialah bahwa glikogen bertambah di hati dan otot setelah berjemur matahari. 

Itulah 8 manfaat berjemur di bawah sinar matahari bagi kesehatan tubuh. Indonesia adalah negara beriklim tropis, jadi tidak ada alasan lagi bagi Anda tidak terkena sinar matahari. Jangan takut membuat kulit Anda jadi gelap, luangkan beberapa menit waktu Anda setiap hari untuk terkena sinar matahari walau hanya sedikit, dan lebih bagus lagi bila berjemur sinar matahari pagi. Semoga bermanfaa!
loading...
loading...
 
Top